Membuat text dengan efek blur | Action Script 3.0 | Adobe Flash

Pilih Halaman Awal
Pilih Halaman Awal

Pertama, pilih jenis action script yang ingin digunakan. Sesuaikan dengan kebutuhan dan mana yang lebih Anda kuasai. Dalam tutorial ini, saya menggunakan action script 3.0 untuk memudahkan kita dalam membuat animasi teks.

Menu Text
Menu Text

Pada menu yang ada di sebelah kanan, pilih lambang T. atau tekan tombol “T” pada keyboard untuk mengaktifkan fungsi teks.

Menu Properties
Pengaturan Menu Properties

Kemudian pilih jenis huruf, warna pada properties yang ada dalam Text Properties. Karena hari ini adalah hari valentine, maka saya menggunakan huruf  Times new romance yang bisa didownload di dafont.

Break apart
Break apart

Kemudian setelah selesai membuat teks, maka silakan Anda memilih selection tool untuk kemudian menyeleksi semua tulisan Anda dan klik kanan pada mouse Anda dan pilih “Break Apart“, atau ringkasnya tekan Ctrl + B pada keyboard.

Distribute to Layers
Distribute to Layers

Kemudian seleksi kembali semua tulisan yang kini telah terpecah menjadi masing-masing huruf, kemudian klik kanan pada mouse dan pilih “Distribute to Layers“.

Timeline
Timeline

Maka pada timeline akan berubah menjadi seperti pada gambar diatas. Layer satu menjadi kosong karena tulisan yang dipecah tersebut telah menjadi layer tersendiri.

Edit Nama
Edit Nama

Untuk memudahkan dalam mengedit, silakan ubah nama layer sesuai dengan keinginan dan mudah kita ingat.

Pilih Objek
Pilih Objek

Kemudian pilih satu objek dari layer yang ingin kita edit dan pilih menu Modify > Convert to Symbol, atau mudahnya tekan F8 untuk mengkonversi objek menjadi simbol.

Langsung Tween
Tween tanpa Convert

Jika tidak dijadikan simbol, maka pada saat kita memilih motion tween,

Peringatan
Peringatan

Maka akan muncul peringatan seperti gambar di atas.

Convert to Symbol
Convert to Symbol

Karena itu lebih baik melakukan convert pada objek dengan menekan F8, agar objek dapat menggunakan tween. Pada saat menekan F8, akan muncul pop up yang meminta Anda untuk memasukkan nama dari objek yang akan dapat Anda akses di library. Untuk tipenya, pilih saja movie clip.

Motion Presets
Motion Presets

Jika sudah, pada saat objek masih diseleksi, maka pilih motion preset yang ada di sebelah kanan layar.

Fly in Blur Bottom
Fly in Blur Bottom

Kemudian pilih efek yang Anda inginkan. Anda bisa melihat demonya saat Anda memilih. Dalam tutorial ini, saya menggunakan fly-in-blur-bottom sebagai efek yang saya tampilkan dalam teks.

Hasil Pemilihan Efek
Hasil Pemilihan Efek

Di sini Anda bisa melihat garis dengan titik-titik setelah mengaplikasikan efek dengan meng-klik tombol aplly yang muncul.

Keyframe timeline
Keyframe timeline

Pilih keyframe terakhir dan turunkan garis tersebut ke bawah sampai garis tersebut hilang. Mungkin Anda bertanya-tanya ke mana huruf-huruf lainnya? Perhatikan pada timeline, kita berada pada timeline dimana hanya huruf P saja yang ada disana, karena huruf-huruf lainnya belum diberi keyframe.

Hasil akhir Editing
Hasil akhir Editing

Berikutnya, lakukan langkah yang sama pada semua huruf. sampai semua huruf memiliki efek. Kemudian tekan Ctrl + Alt + Enter.

Mengatur FPS
Mengatur FPS

Mungkin Jadinya akan sangat cepat, mari kita atur kecepatannya, caranya dengan mengatur FPS, semakin tinggi, semakin cepat. Cara untuk memunculkan menu ini dengan menggunakan selection tool dan klik sembarang pada layar, bukan objek. Coba tes lagi dengan FPS yang sudah diperbarui apakah sudah sesuai keinginan Anda?

Save as
Save as

Kalau sudah, jadikan Gif agar menjadi gambar bergerak, caranya pilih file > Export Movie atau mudahnya tekan Ctrl + Alt + Shift + S secara bersamaan.

Animated GIF
Animated GIF

Kemudian pilih folder tempat gambar akan disimpan dan pilih formatnya, Animated GIF. Mengapa GIF? Karena file ini memungkinkan gambar bergerak namun tidak memberatkan page / halaman web seperti Flash atau video.

Pop Up
Pop Up

Setelah menentukan tempat dan format, maka akan muncul menu berikut. Kita bisa memilih tinggi dan lebarnya.

Hasil akhirnya akan jadi seperti ini:

FPS :30.0

Pemmz 30 FPS
Pemmz 30 FPS

FPS: 12.0

Pemmz 12.0 FPS
Pemmz 12.0 FPS

Jika Anda merasa ini kurang menarik, mungkin Anda bisa mencoba alternatif  lain, hanya bedanya pada alternatif ini, Anda harus memindahkan timeline agar jadi berurutan kemunculannya. Kemudian pada timeline terakhir pastikan semua keyframe dimasukkan.

Insert Keyframe
Insert Keyframe

Atur setiap timeline layer agar muncul satu persatu dengan cara memindahkan timeline menjadi seperti sebuah tangga seperti pada gambar berikut:

Edit Timeline
Edit Timeline

Maka hasilnya adalah sebagai berikut:

Pemmz (Drop) 12.0 FPS
Pemmz (Drop) 12.0 FPS

Bagaimana? Tidak ada masalah kan dalam membuat animasi teks dengan action script 3.0 yang ada pada Adobe Flash terbaru? Semoga tutorial ini bermanfaat bagi para pembaca. 🙂

Ryu Kiseki

loading...

1 KOMENTAR

  1. Terimakasih tutorialnya bermanfaat banget,

    Ingin bisa desain grafis? Tapi bingung minta bantuan siapa? Belajar sendiri aja yuk.. kita lihat tutorialnya di
    tutorial-tutorial gratis

Tinggalkan Balasan