Cara Melakukan Installasi Driver GPU yang Baik dan Benar | Instalasi driver VGA/GPU

“Bagaimana cara malakukan instalasi driver GPU pada Laptop gamers dengan baik dan benar?” Banyak sekali pertanyaan seperti ini pada user yang menggunakan Laptop/Desktop Gaming. Sebelum dibahas lebih lanjut, Permasalahan yang mendasar adalah apakah ‘driver‘ itu?

Driver adalah suatu program komputer yang dibuat agar Hardware dapat berkomunikasi secara high level dengan Operating system yang digunakan. Dengan kata lain, seperti Penerjemah agar antara Hardware dan software dapat berkomunikasi dengan baik. Jadi dalam hal ini Programmer dapat membuat program dengan bahasa High level sehingga hasilnya lebih dinamis dan mudah, itulah gambaran besar dari driver. Karena itu GPU gamers dapat berkomunikasi dengan operating system yang digunakan agar pemmZHolics dapat melakukan aktivitas berbasis GUI dan juga bermain games.

device driver

Jika pemmZHolics bertanya “saya sudah melakukan update driver, mengapa saya harus melakukan update baru ?”  Pertanyaan ini selalu ada pada setiap user awam, jawabannya memang tidak semua driver diperlukan untuk di-update setiap saat , namun pemmZHolics dianjurkan untuk mengupdate ke versi terbaru saat driver terbaru rilis karena biasanya driver terbaru berisi suatu Fix ataupun perbaikan dari setiap Bug/permasalahan pada saat hardware itu digunakan. Terkadang driver baru diperlukan ketika menggunakan Operating system terbaru, karena operating system baru menggunakan arsitektur baru.

LG Gaming Monitor Campaign

Juga jika ada pertanyaan seperti, ” mengapa banyak sekali Gamers yang melakukan update driver GPU/VGA setiap driver terbaru rilis, apa guna dan keuntungannya ?” Ini adalah pertanyaan yang paling sesuai dengan artikel ini, Pada GPU (Graphic processing Unit ) peran driver sedikit berbeda dengan hardware lain pada umumnya. GPU yang digunakan sekarang bukan hanya untuk menampilkan gambar ke layar, namun untuk bermain Games 3D yang berat, karena GPU harus berinteraksi dengan berbagai Aplikasi (Games) yang sangat beragam. Game menggunakan API, engine game, dan fitur efek yang berbeda-beda setiap jenisnya, maka driver yang terus dupdate biasanya digunakan untuk meningkatkan peforma dan memperbaiki fix pada setiap Games yang dimaksud, sehingga jika gamers ingin memainkan Games terbaru dengan nyaman atau tanpa masalah, diusahakan selalu untuk melakukan update driver ke versi terbaru karena gamers akan mendapatkan optimal performance dalam bermain games.

Dan masalah lainnya yang terjadi adalah banyak sekali user yang mengalami masalah ketika melakukan update driver. Setelah  mengupdate driver ke versi terbaru banyak sekali gamers yang mengeluh bahwa laptop/Desktopnya mengalami masalah seperti, hang, stuttering , Glitch, dan peforma yang ditawarkan tidak sesuai dengan janji dari release note driver tersebut . Mengapa hal ini bisa terjadi ? bukannya kita hanya cukup melakukan update driver dengan cara mendownloadnya dan melakukan installasi seperti biasa ? Jawabannya iya dan tidak, Karena dalam setiap driver terdapat file-file yang diperlukan untuk optimalisasi games sehingga jika gamers melakukan update driver dengan cara menimpa driver yang lama, maka terdapat sisa-sisa file yang tidak terhapus atau tidak ter-overwrite dengan benar, sehingga terkadang bukan Performa dan stabilitas yang didapat namun sebaliknya, malah mengalami masalah yang tidak seharusnya terjadi.

Jadi Permasalahan yang terjadi dan Pertanyaannya adalah “Bagaimana cara melakukan installasi driver GPU yang baik dan benar ?

DRIVER GPU

GPU yang sedang menduduki posisi puncak saat ini adalah GPU dari AMD (ATI) dan Nvidia. baik AMD dan Nvidia saling berkompetisi untuk menjadi yang terbaik dengan pendekatannya yang berbeda satu sama lain. baik AMD dan Nvidia melakukan konsentrasi yang berbeda satu sama lain, jika Nvidia lebih konsentrasi pada CUDA GPGPU, Physx, 3D vission nya kalo dari AMD dia lebih kepada AMD PPU acceleration, AMD Eyefinity dan AMD vission. Masing-masing memiliki keunggulannya sendiri. untuk pemilihan antara AMD dan Nvidia banyak yang membuat gamers bingung, karena gamers menginginkan yang terbaik dari dua sisi tersebut. Namun perlu ditegaskan bahwa Setiap produk memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, karena antara dua GPU ini masing-masing punya konsentrasi yang berbeda meski memiliki tujuan mereka sama yaitu agar Customernya dapat bermain game dan menjalankan aplikasi yang berhubungan dengan Grafis secara stabilitas dengan kualitas yang baik. Jadi karena tujuan mereka sama, berarti gamers juga sebagai Customer tidak perlu takut dalam memilih kedua produk ini yang merupakan produk yang hebat, gamers tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Salah satu dari bentuk AMD dan Nvidia dalam memenuhi kebutuhan Customer akan produknya adalah dari “DRIVER”. Semenjak beberapa waktu yang lalu, driver dari masing-masing produk memiliki keunikannya sendiri. Namun dengan seiring perkembangan seri dan kelas produk yang semakin banyak, baik AMD dan Nvidia mendesign Driver yang bersifat “Unified driver”. Unified driver berarti satu driver dibuat untuk beberapa produk dari berbagai kelas. Unified driver ini didasari oleh arsitektur GPU terkini. Baik kelas high end sampai low end memiiki fitur yang sama karena berdasarkan dari satu arsitektur chipset yang sama, hanya saja dengan spesifikasi yang dikurangkan dari masing-masing kelasnya. Dengan adanya Unified driver ini developer tidak perlu lagi mendesign driver untuk masing-masing produknya, melainkan hanya perlu melakukan tweaking dan optimalisasi driver dari setiap rilisnya.

Untuk Pernyataan diatas unified driver tidak berlaku untuk semua GPU kelas mobile vendor seperti Alienware, Dell, Sony Vaio, Acer, dan beberapa produk dari asus. Baca untuk setiap Release note yang tersedia pada saat driver terdapat rilis baru. untuk beberapa vendor yang disebutkan sebaiknya lakukan update driver dari website vendor masing-masing, atau tunggu sampai Generic driver telah merilis driver baru yang memang disesuaikan untuk produk dengan vendor khusus, maka biasakan baca release note pada setiap driver rilis yang baru.

INSTALASI DRIVER GPU 

Pada dasarnya langkah-langkah instalasi GPU adalah sebagai berikut :

  1. Download driver baik AMD/Nvidia pada websitenya masing-masing
  2. Lakukan proses uninstall driver lama melalui add/remove program pada control panel
  3. restart PC gamers
  4. Lakukan instalasi driver terbaru gamers yang sebelumnya telah di download.
  5. Restart PC gamers
  6. Selesai

Kok Perfomancenya malah Drop !!!

Proses instalasi driver seperti yang disebutkan diatas masih berlaku sampai sekarang, namun cara ini meski pada dasarnya benar, namun tidak optimal. Karena beberapa User banyak yang malah mengeluhkan driver baru yang seharusnya baik namun malah membawa penurunan peforma sehingga pengalaman bermain game dan menggunakan aplikasi berbasis grafis terganggu. Mengapa hal itu dapat terjadi ? sebenarnya bukan salah daripada driver nya namun lebih kepada Operating systemnya yang secara tidak tuntas dalam menghapus bersih program dan driver yang telah diuninstall. Untuk itu Kami dari R&D Pemmz akan membantu gamers dalam Bagaimana melakukan installasi driver yang baik dan benar.

ini baru MANTAB Performancenya

Langkah-langkah melakukan Instalasi dan Update driver GPU yang Optimal adalah sebagai berikut :

  1. Download driver GPU baik AMD dan Nvidia terbaru pada link berikut : (NVIDIA, AMD )  (Jangan lupa sesuaikan dengan type dan kelas GPU-nya dan pilihan operating systemnya apakah 64 bit atau 32 bit)
  2. Download dan install Driver sweeper pada link berikut : driver sweeper  (aplikasi ini berguna untuk membersihkan secara total untuk segala sisa file driver yang tidak berhasil dibersihkan oleh operating system pada saat proses uninstalasi.
  3. Download install ccleaner freeware pada link berkut : ccleaner (aplikasi yang membantu untuk membersihkan registry dan sisa-sisa file pada driver yang telah diuninstall).
  4. Uninstall driver lama : (detail langkah Uninstall  ada pada bagian bawah ).
  5. Restart PC gamers.
  6. Masuk ke Safe mode dengan cara setelah restart dan sebelum masuk ke dalam Windows gamers harus memencet tombol F8 dan setelah muncul beberapa pilihan, pilih bagian safe mode. (detail pada bagian 6b.).
  7. pada mode Windows safe mode,  jalankan aplikasi driver sweeper, lalu pilih GPU gamers apakah AMD atau nvidia. setelah dipilih klik analyse dan setelah itu lakukan clean.
  8. Restart PC gamers.
  9. Jalankan aplikasi ccleaner, dari sebelah kiri pilih bagian registry, klik scan for issue, lalu pilih fix selective issue.
  10. Install driver GPU baru gamers.
  11. Restart PC gamers.
  12. Selesai.
Dari langkah diatas kita dapat membandingkan perbedaan antara clean install dan instalasi biasa, step ini berguna jika gamers ingin menginstall driver baru pada GPU karena langkah clean install ini untuk memastikan bahwa tidak ada file-file dari driver lama yang tersisa pada saat instalasi driver yang baru. hal ini baik berlaku untuk yang mau update maupun yang ingin downgrade ke driver sebelumnya (hal ini sering terjadi jika driver terbaru terdapat issue).

Detail langkah mulai dari step 4 dalam clean install driver GPU :

4.b. Detail dari step 4 pada uninstall driver GPU dibedakan antara AMD dan Nvidia :
AMD Catalyst :
  • Buka control panel –> pilih program and features –> pilih AMD/ATI Catalyst Install Manager –> pilih change

  • klik next seperti pada gambar dibawah ini

  • select express uninstall all ATI software
  • ikuti prosesnya sampai selesai

  • User account control akan meminta gamers untuk allow dari perintah eksekusi dari uninstall driver, maka proses uninstall akan dilakukan .

  • Setelah proses selesai maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini, gamers akan diminta restart, silahkan lakukan restart dan lanjutkan ke step 5.

Nvidia Forceware :

  • Buka control panel –> pilih program and features –> Nvidia Force (version) –> pilih Uninstall akan muncul gambar seperti dibawah ini

  • Setelah pemmZHolics pilih uninstall maka proses nya akan berjalan lalu akan diminta Restart

Proses Uninstall Nvidia driver lebih simple setelah ini silahkan pemmZHolics lanjut ke Step 5.

6b. Setelah proses Uninstall driver (baik AMD maupun Nvidia) selanjutnya masuk ke dalam safe mode.

  • Sebelum logo windows keluar tekan f8 terus-menerus sampai muncul seperti gambar dibawah ini:

safe mode windows 7

  • Setelah muncul seperti gambar diatas, pilih menu safe mode untuk memasuki mode safe mode.

7b. Pada saat anda sudah berhasil memasuki safe mode :

  • pada mode Windows safe mode, gamers jalankan aplikasi driver sweeper, lalu pilih GPU gamers, apakah AMD atau nvidia. setelah dipilih klik analyse dan setelah itu lakukan clean. seperti gambar dibawah ini :

Driver sweeper

  • Setelah gamers melakukan cleaning maka akan diminta restart, dan masuk ke dalam Windows normal mode.

9b. Setelah gamers berhasil masuk windows dengan normal anda akan mengalami gambarnya tidak proper dan tulisannya besar-besar ini wajar karena driver GPU berarti berhasil di uninstall sehingga anda tidak ada pada mode native Resolution.

  • Jalankan aplikasi ccleaner, dari sebelah kiri pilih bagian registry, klik scan for issue, lalu pilih fix selective issue (lakukan setidaknya 2 kali untuk memastikan kalo sudah benar-benar bersih, seperti pada gambar dibawah ini :
ccleaner
  • setelah anda sudah lakukan fix lanjut ke Step 10 yaitu installasi driver

10b. berikut step dalam instalasi driver AMD dan nvidia

AMD catalyst instalasi :

  • Jalankan Driver baru yang anda telah download, akan muncul seperti gambar dibawah ini:

  • klik pada tombol next
  • Anda akan ditampilan pilihan Express atau Custom ( untuk memastikan semua terinstal sebaiknya anda pilih express)

  • akan muncul tampilan end user license aggrement, anda cukup klik pada tombol accept .
  • Proses instalasi akan dilakukan seperti pada gambar dibawah ini :

  • Setelah proses instalasi selesai akan muncul gambar dibawah ini

  • Silahkan lakukan Restart system seperti yang diminta dan setelah restart gamers sudah berhasil dalam menjalankan update driver yang optimal.

Nvidia Forceware instalasi :

  • Jalankan driver Nvidia terbaru yang telah gamers install, maka akan muncul gambar seperti dibawah ini :

  • Pilih agree and continue maka akan muncul gambar seperti dibawah ini

  • Silahkan gamers pilih express ataupun Custom, dalam hal ini kita akan pilih express.
  • Setelah pilih express gamers tinggal klik next maka proses instalasi akan muncul seperti gambar dibawah ini.

  • Dalam tengah-tengah proses instalasi akan muncul UAC sebagai berikut

  • lalu gamers boleh centangkan “always trust software from Nvidia corporation” lalu tekan tombol install.
  • Setelah Proses instalasi selesai maka gamers akan jumpai gambar dibawah ini :

  • Pilih restart now, dan gamers telah berhasil melakukan instalasi driver Nvidia terbaru pada PC gamers.

KESIMPULAN

Langkah clean instalasi ini memang cara yang panjang namun sangat optimal dan dianjurkan jika gamers mau menghindari adanya masalah stabilitas dan performance issue pada suatu driver terbaru. terlebih lagi clean install ini sangat dianjurkan bagi gamers yang telah melakukan upgrade GPU, misalkan pindah dari Nvidia ke AMD ataupun sebaliknya maka Clean install ini sangat DIHARUSKAN. jika tidak maka akan menimbulkan masalah baru pada PC anda. Cara ini tercipta karena sampai sekarang Windows belum berhasil dalam melakukan pembersihan file ketika update driver, jadi kita sebagai Gamers harus bertahan dengan cara seperti ini. bagi gamers yang belum pernah melakukan clean install ini, gamers akan langsung merasakan perbedaan daripada gamers melakukan instalasi driver seperti biasa.

Sekian Guide dalam Cara melakukan instalasi driver dengan baik dan benar serta hasil yang optimal, semoga dapat bermanfaat bagi setiap Gamers yang menginginkan Optimal Performance setiap driver baru Rilis. Terima Kasih.

Rolly Edward

Follow us @pemmzchannel