Menyingkirkan Cahaya Biru dengan Windows 10 Night Light

Ilustrasi mode Night Light di Windows 10 (kredit: Quora)

Ada banyak studi yang menunjukkan fakta bahwa cahaya biru lebih banyak dihasilkan oleh layar yang cerah (seperti yang dipancarkan lewat layar laptop atau perangkat smartphone). Dan pada gilirannya cahaya biru macam itu mencegahmu untuk lebih cepat tertidur. Jenis cahaya macam itu memberi sugesti kepada otak kita, membuatnya seolah-olah jadi siang hari. Jadi kalau kamu tidak ingin waktu tidur terganggu, sebaiknya manfaatkan fitur Windows 10 Night Light.

Fitur tersebut ada di Windows 10 Creators Update, dan pada dasarnya bekerja sebagai filter yang menyaring cahaya biru, kemudian menggantikannya dengan warna yang lebih hangat di malam hari. Pada gilirannya warna yang lebih hangat membantumu tidur dengan cara yang lebih baik. Cara kerjanya mirip dengan Night Mode di sejumlah ponsel Android, jadi kamu tidak akan kesulitan untuk terbiasa dengannya.

Opsi untuk menghidupan fitur Night Light tersedia dan bisa diakses lewat Settings >> System >> Display. Tentu dengan catatan: Windows 10 yang kamu gunakan mesti sudah diperbarui ke versi Creators Update. Di menu ‘Display’, pilih opsi “On” untuk menghidupkan Night Light.

LG Gaming Monitor Campaign

Bila kamu menghidupkan fitur tersebut di siang hari, Night Light tidak akan memberi efek besar. Nah, secara otomatis opsi Night Light akan tetap mati/tidak aktif sampai matahari tenggelam di lokasi tempat tinggalmu. Opsi macam itu membantu Windows 10 menghidupkan Night Light secara otomatis ketika matahari mulai terbenam, dan pada gilirannya fitur itu akan mati setelah matahari terbit dari Timur.

Klik di bagian ‘Turn off Now’ atau ‘Turn on Now’ untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Night Light dengan segera, tidak peduli apakah sekarang malam atau siang hari. Opsi ini membantumu untuk mengenali seperti apa sebetulnya mode Windows 10 Night Light ketika aktif.

Kamu juga bisa mengatur temperatur warna di malam hari ketika kamu memilih untuk mengaktifkan Windows 10 Night Light. Dengan begitu kamu bisa memilih seperti apa warna di layarmu akan terlihat, apakah lebih hangat atau lebih dingin. Pilihlah temperatur warna yang lebih nyaman untuk matamu, dengan cara menggeser slider ke kanan atau ke kiri.

Namun jangan geser slider terlalu ke kanan, karena Windows 10 Night Light tidak akan bekerja dengan baik menyaring warna biru yang dipancarkan oleh layar laptopmu.