Graphics Card AMD Navi: Perfoma Setara GTX 1080 Cuma $250!?

AMD-Radeon-NAVI-Feature-image-pemmzchannel

AMD Navi dirumorkan untuk menjadi GPU Radeon terakhir yang berbasis arsitektur GCN dan diharapkan menjadi GPU High Performance pertama di dunia yang menggunakan proses manufaktur 7nm.

Untuk sementara ini, belum banyak yang mengetahui tentang Navi di lingkungan tech. AMD Radeon merencanakan untuk membuat dua GPU Navi, yakni bernama Navi 10 dan Navi 11 untuk saat ini. Salah satu akan dirancang untuk market desktop PC sedangkan satu lagi akan dirancang untuk market mobile.

Baca juga : Pre-Order AMD Ryzen 2000 series Resmi Dibuka – Perseteruan Makin Panas Genks

LG Gaming Monitor Campaign

Menurut Fudzilla, Navi tidak akan menjadi GPU High-End melainkan GPU mainstream. Anggap saja seperti pengganti untuk RX 580/480. Ukurannya akan cukup kecil dan performa akan mirip dengan Vega 14nm. Apabila dibandingkan dengan GPU Nvidia, performa Navi akan mencapai performa GTX 1080 dalam aspek mainstream. Kemungkinan besar hanya di bagian mainstream, bukan high-end. Namun, berita tentang pengganti RX 580 dengan harga di kisaran $250 terdengar sangat menarik.

Radeon RX 580/570 sepertinya memang membutuhkan pembaruan karena arsitektur berbasis Polaris ini hanya merupakan perbaikan kecil atas generasi Radeon RX 480 berdasarkan GCN 4 dan Polaris Core. Chip mainstream Navi 7nm yang baru ini akan memberi AMD Radeon sebuah kemajuan yang sangat signifikan untuk tetap menjadi kompetitif dalam market GPU mainstream dan mungkin, jika bisa, menambahkan beberapa elemen percepatan Ray Tracing dalam chip juga sebagai pemanis.