HP Chromebook X2 Dirilis

Tampilan HP Chromebook X2 (kredit: situs resmi HP USA)

Jenis perangkat seperti Chromebook agaknya memang didesain untuk mengejar pasar spesifik, yakni pelajar maupun mahasiswa dan juga orang-orang yang demen berburu laptop budget terjangkau. HP Chromebook X2, yang baru saja diumumkan kehadirannya, menegaskan kedua hal tersebut.

Chromebook X2 merupakan sebuah perangkat hybrid dengan keyboard detachable yang tampak didesain menyerupai iPad Pro. Bentang layar 12.3-inch, keyboard dock, serta dukungan stylus menjadi beberapa tambahan asyik yang ditawarkan oleh HP lewat produk Chromebooknya itu.

 

LG Gaming Monitor Campaign

 

 

Menurut HP, Chromebook X2 hadir dengan keyboard yang didesain sedemikian rupa supaya menempel erat dengan layar tablet. Jadinya ketika keduanya direkatkan, perangkatnya bakal menawarkan sensasi laptop clamshell.

Melihat tawaran yang diajukan oleh HP, Chromebook X2 jadi tampak seperti sebuah perangkat hybrid yang memiliki banyak potensi. Meski begitu, kita masih perlu menunggu seperti apa kinerja perangkat sesungguhnya, terutama ketika Chrome OS bekerja di mode tablet.

Secara umum, bekerja dengan Chromebook berarti bekerja di lingkungan yang asing, dalam arti laptop Chromebook bukan tipe laptop seperti laptop pada umumnya yang berbasis Windows 10 atau MacOS. Salah satu kendala yang umum ditemui di perangkat Chromebook adalah integrasi aplikasi di mana tidak banyak aplikasi berbasis Windows yang mampu berjalan di lingkungan Chrome OS.

Akan tetapi bagaimana pun HP Chromebook X2 adalah sebuah perangkat yang menjanjikan. Setidaknya ia bagus bagi pemburu perangkat laptop dengan budget terjangkau.