Apa yang Bisa Kamu dapatkan dari Kaby Lake G?

Kredit: Thurott

Kalau kebetulan kamu sudah memperoleh laptop New Dell XPS 15 2-in-1, yang menanamkan prosesor Intel Kaby Lake G, maka kamu pasti paham bahwa “ukuran” tipis jadi kelebihan yang kamu dapatkan darinya. Dan itu memang jadi salah satu kelebihan yang umumnya bakal kamu dapatkan dari laptop dengan prosesor Kaby Lake G.

Kaby Lake G sebetulnya adalah sebuah penanda kerjasama antara Intel dan AMD, di mana sebuah produk laptop mungkin bakal membenamkan sebuah pilihan, antara Intel Core i7 generasi ke-8 atau Core i5 generasi ke-8; apapun pilihannya, keduanya hadir menemani GPU terintegrasi: Radeon RX Vega M.

Kalau kamu adalah seorang yang rewel dan menuntut kualitas desain premium laptop, dan juga menuntut perangkat yang tidak gemuk, maka Dell XPS 15 jelas jadi pilihan terbaik. Ketebalannya cuma 1,5 cm, dan mengalahkan beberapa pesaing kuat seperti Lenovo Yoga 720 (dengan ketebalan perangkat 1,9 cm).

Tipis saja tentu tidak cukup, bagaimana dengan performanya? Berdasarkan sejumlah informasi, prosesor Intel Kaby Lake G dengan grafis terintegrasi dari AMD Radeon Vega menunjukkan performa yang lebih baik dibanding laptop dengan GPU terpisah seperti NVidia GTX 1050. Skor 3DMark Ice Storm Unlimited-nya mencapai 150,257 yang angkanya jauh lebih baik dibanding Yoga 720 dan XPS 15 (non 2-in-1). Akan tetapi Radeon Vega ternyata masih kalah performanya dengan laptop yang menggunakan GPU tambahan seperti GTX 1060.

LG Gaming Monitor Campaign

Sejauh ini, Dell XPS 15 2-in-1 adalah laptop yang secara global sudah dirilis sebagai perangkat dengan prosesor Intel Kaby Lake G. Lalu ada juga HP Spectre x360 15-inch yang nantinya juga bakal dirilis dengan prosesor yang sama. Mereka berdua menargetkan pasar pengguna yang tidak ragu mengeluarkan uang banyak untuk sebuah perangkat premium. Jangan lupa juga, keduanya juga ditujukan untuk penggemar yang haus akan tipisnya sebuah perangkat laptop premium.

Kami belum pernah mendengar laptop gaming dengan CPU Kaby Lake G, dan mungkin tidak akan mendengarnya dalam waktu dekat. Entahlah