NVidia GeForce seri 11 akan Dirilis bulan Juli

Kredit: Wffftech

GPU Nvidia generasi berikutnya akan melakukan debut sebagai seri GeForce 11 pada bulan Juli. Berdasarkan kabar yang dihimpun dari WccfTech, keluarga baru NVidia itu akan diproduksi dengan basis arsitektur Turing/Ampere. Satu arsitektur akan ditujukan untuk pasar PC gaming, sementara satu lagi akan ditujukan untuk pasar komputasi dan AI.

Meski model GPU seri GeForce 11 belum diketahui, namun sejumlah bocoran sudah dikabarkan di ajang GTC 2018. Karena itu kita masih bisa melihat banyak hal menarik dari rilisan GPU NVidia dalam beberapa bulan ke depan.

Sementara itu, ada sebuah proyeksi yang mengatakan bahwa GeForce GTX 1180 dan 1170 adalah dua model seri 11 yang akan dirilis pada bulan Juli. Keduanya akan hadir dengan memori 8GB dan 16GB konfigurasi DDR6 16Gbps.

Memori GDDR6 dilaporkan akan dibenamkan ke semua GPU produksi NVidia di masa depan, termasuk seri GeForce 11 maupun Quadro dan Tesla. Vendor memori yang bekerjasama dengan NVidia, SK Hynix, juga sudah mengonfirmasi keterlibatan mereka dalam produksi GDDR6 yang akan memasuki masa produksi kurang lebih sekitar akhir Juni atau awal Juli.

LG Gaming Monitor Campaign

Kabarnya memori GDDR6 itu akan mempercepat kinerja GPU sebanyak dua kali, namun bakal ikut meningkatkan harga produksi sekitar 20% lebih tinggi. Kalau ini benar, maka GPU baru NVidia itu akan dijual dalam banderol yang lebih tinggi dibanding ketika seri GeForce 10 dirilis.

Konon katanya GTX 1180 akan ditawarkan dalam konfirgurasi GDDR6 8GB, sementara GTX1170 akan ditawarkan dalam konfigurasi GDDR6 16GB. Kemungkinan NVidia juga akan membuat perbedaan jelas antara kedua GPU tersebut, yang dilihat berdasarkan kapasitas memori, termasuk perbedaan pada soal konfigurasi GPU.

Setelah rumor beredar kencang beberapa bulan sebelumnya, tampaknya penggemar NVidia kini punya ekspektasi mengenai kapan tim GPU hijau merilis chipset baru di pasaran untuk kartu grafis mereka. Walau kemungkinan besar harganya bakal lebih tinggi dibanding seri 10, namun kita bisa berharap performa grafis yang angkanya jauh lebih besar dibanding generasi sebelumnya.