Rumor: Lini GPU NVidia Terbaru akan Disebut GTX 11 Series

Ilustrasi GPU NVidia terbaru (Kredit: game-debate)

Di masa depan, lini GPU NVidia akan diisi dengan GTX 11 Series, dan menurut kabar yang diriis oleh WffTech, kemungkinan besar seri kartu grafis NVidia akan diumumkan perilisannya di sebuah ajang bernama GTC (GPU Technology Conference) yang berlangsung hari ini.

Sebulan belakangan ada speskulasi, alias kemungkinan, di mana NVidia dilaporkan akan merilis salah satu dari dua seri, yakni GTX 20 Series atau GTX 11 Series di ajang GTC. Munculnya dua kemungkinan itu mengindikasikan bahwa kita masih harus menunggu seri mana yang benar-benar akan dirilis beberapa jam ke depan.

Sebelumnya ada sebuah rumor yang menyebut bahwa GPU flagship NVidia, yang dibuat berdasarkan arsitektur Pascal, sudah mencapai akhir masa hidupnya. Artinya, GTX 10 Series sudah memiliki pengganti, entah itu yang dirilis di bawah code name Ampere (GTX 20 Series) atau Turing (GTX 11 Series).

  • Seri Ampere dilaporkan sudah diproduksi sejak akhir Januari silam, dan menurut rumor akan diumumkan di ajang GTC.
  • Di lain pihak, rumor yang sama juga melaporkan produksi seri Turing, yang konon katanya mulai diproduksi bulan Juni mendatang.
LG Gaming Monitor Campaign

Sampai di sini, mari kita memperlakukan kedua rumor kemungkinan yang sifatnya fifty-fifty. Artinya, NVidia masih menyembunyikan dengan baik tentang rumor mana yang benar-benar menjadi nyata. Menarik untuk menyimak pemilihan nama Turing untuk seri GPU Nvidia berikutnya.

Code name tersebut konon katanya merujuk pada Alan Turing, yang secara luas dianggap sebagai bapak komputasi modern. Dulunya, Turing adalah kepala arsitek yang bekerja di bawah pemerintahan Inggris. Dia ditugaskan untuk mematahkan enskripsi mesin bernama Enigma, yang digunakan oleh Jerman untuk melindungi komunikasi tentaranya di Perang Dunia ke-2.

Turing juga adalah orang di balik konsep mesin bernama Turing, sebuah perangkat yang bisa mensimulasikan algoritme, bahkan yang paling kompleks sekalipun. Bahasa pemograman yang bisa melakukan itu kerap disebut sebagai Turing complete Languages.

Walau ada dua spekulasi yang beredar, namun ada satu lagi kemungkinan yang mesti dicatat: GPU NVidia terbaru mungkin akan dirilis dalam dua seri. Kalau demikian, maka baik Ampere dan Turing, bakal ditujukan untuk konsumen berbeda. Bila Ampere katanya bakal lebih ditujukan untuk konsumen dengan kepentingan yang lebih umum, Turing merupakan kartu grafis yang dibuat untuk menyokong kebutuhan para penambang cryptocurrency.