Beli Laptop Baru, Upgrade CPU atau GPU?

Kamis ceria memilih laptop

Hampir semua orang yang ingin membeli laptop baru atau ingin melakukan upgrade CPU atau GPU bakal menanyakan spek perangkat macam apa yang mesti dimiliki dan dibawa pulang. Dalam situasi macam itu, segalanya terkait kombinasi perangkat keras bisa jadi sangat membingungkan.

Ada seseorang yang mencari sebuah laptop untuk keperluan gaming dan pengembangan aplikasi (baca: programming). Dan dia sebetulnya sudah menetapkan pilihan, yakni Dell Inspiron 15 7000 Gaming. Namun karena ada dua pilihan dalam satu seri yang sama, yakni satu pilihan Inspiron 15 7000 dengan prosesor Intel Core i7-7700HQ dan GPU NVidia GeForce GTX 1050 Ti (dengan RAM 4GB), serta satu lagi dengan prosesor Intel Core i5-7300HQ dan GTX 1060 (4GB), maka segalanya menjadi lebih rumit.

Di titik ini spek perangkat tidak terlalu jadi masalah, karena orang itu sudah bisa dengan mantap memilih dan menyebut model serta merk laptop. Namun karena dia mencari sebuah perangkat untuk memainkan gim, maka jelas dalam kasus ini dibutuhkan GPU yang lebih baik.

LG Gaming Monitor Campaign

Tentu saja CPU masih penting, namun kebanyakan gim kontemporer kinerjanya sangat tergantung pada GPU. Karena itulah Dell Inspiron 15 7000 dengan GPU Nvidia 1060 jadi pilihan yang lebih baik, sebab model tersebut menunjukkan peningkatan dibanding 1050 Ti. Bahkan, model 1060 disebut-sebut mampu menopang kebutuhan gaming VR – walau dalam kapasitas entry-level.

Urusannya agak berbeda bila membicarakan pemograman, karena ini berarti bahwa sang pembeli mesti fokus kepada seberapa banyak RAM yang ada di dalam perangkat. Tentu saja ada perbedaan performa yang jelas antara Core i5 dan Core i7, namun secara umum kita berbicara mengenai Core i7 yang lebih baik dibanding saudaranya itu. Namun bila kasusnya adalah bagaimana menjalankan sebuah mesin virtual ketika memprogram sesuatu, maka proses tersebut akan mengonsumsi lebih banyak memori.

Jadinya jelas, kalau kamu mencari sebuah perangkat gaming – terutama untuk memenuhi kebutuhan gaming tingkat menengah, maka pilihlah laptop dengan GPU GTX 1060. Sebaliknya, kalau urusannya adalah programming, carilah laptop dengan kapasitas RAM yang lebih besar.

Nah …. kebetulan kami menyediakan dua varian Dell Inspiron 7000 series yang bisa Anda pilih: