Anak Baru: Xiaomi Mi Gaming Laptop

Mi Gaming laptop (kredit; Android authority)

Selain mengumumkan kehadiran smartphone Mi Mix 2S, Xiaomi juga secara resmi mencoba peruntungan dengan memasuki pasar laptop gaming. Ya, perusahaan asal China itu merilis Xiaomi Mi Gaming Laptop dengan profil desain ramping, dengan ketebalan hanya sekitar 20.9mm.

Meski terlihat ramping, perangkat tersebut membenamkan sebuah kartu grafis Nvidia GeForce 1060 plus memori video sebesar 6GB. Perangkat tersebut akan mulai dijual di negara asalnya mulai 13 April mendatang.

Xiaomi Mi Gaming Laptop dihadirkan dengan bentang layar 15.6-inch resolusi Full HD. Karena memperoleh status sebagai laptop gaming, perangkat tersebut hadir dengan keyboard RGB-backlit. Setidaknya ada dua varian laptop Mi Gaming berbasis Windows 10 yang dilempar ke pasaran:

  • Yang pertama ditenagai oleh Intel Core i5 (generasi ketujuh), Nvidia GeForce GTX 1050ti, serta RAM sebesar 8GB serta SSD sebesar 128GB.
  • Yang kedua, atau varian yang paling top, ditenagai oleh Intel Core i7 (generasi ketujuh), yang disandingkan bersama dengan Nvidia GeForce GTX1060, RAM sebesar 16GB, dan SSD NVMe PCIe berkapasitas 256GB.
LG Gaming Monitor Campaign

Jangan lupa bahwa kedua varian laptop tersebut juga hadir dengan HDD 2.5-inch berkapasitas 1TB. Sekilas pandang, spek yang ditawarkan Mi Gaming Laptop serupa dengan Dell Inspiron 15 seri 7000 gaming. Sebagai informasi, seri Dell yang dirujuk di sini juga hadir dalam dua varian.

Baca juga: Beli Laptop Baru, Upgrade CPU atau GPU?

Bicara mengenai konektivitas, Mi Gaming Laptop memiliki empat port USB 3.0 Type-C, Ethernet, HDMI 2.0, serta port untuk mic dan headphone. Lalu, pengguna juga akan menemukan card reader 3-in-1 di laptop tersebut.

Meski belum ada detil lebih lanjut tentang kemungkinan masuk ke pasar Indonesia, Mi Gaming Laptop tampaknya hadir sebagai pesaing berat dari sejumlah merk laptop gaming di tanah air. Sebutlah misalnya: Asus, Acer, Razer, dan HP, serta Dell, yang masing-masing sudah memiliki lini laptop gaming tersendiri. Menarik untuk ditunggu, apakah Xiaomi Mi Gaming Laptop bakal dibanderol dengan harga terjangkau andaikata ia masuk ke pasar Indonesia? Di pasar China, kabarnya laptop tersebut akan dijual seharga Rp 13-jutaan atau sekitar 5,999 Yuan China.