Ini yang Seharusnya ada di Benak sebelum Beli Laptop Bisnis

Ilustrasi laptop bisnis (kredit: Pixabay)

Salah satu prinsip utama yang harus dipegang siapa saja yang berniat membeli laptop adalah: jangan sampai membeli sebuah perangkat laptop yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Tentu saja setiap orang tidak mau berakhir dengan perangkat yang tidak bisa memenuhi ekspektasi dan kebutuhan pribadi. Dan prinsip yang sama juga berlaku bila kamu ingin beli laptop bisnis baru.

Membeli sebuah lapto bisnis sebetulnya sudah mempersempit pilihan, artinya kamu tahu apa yang ingin dibeli. Namun tetap ada enam hal penting yang mesti dipertimbangkan ketika ingin membeli sebuah laptop bisnis yang tepat.

  • Pertimbangkan daya tahan baterai

Dari tahun ke tahun kita sudah melihat peningkatan dalam hal kekuatan dan daya hidup baterai laptop. Ia berjalan beriringan dengan peningkatan performa setiap model laptop yang kita lihat di pasaran. Akan tetapi sebaiknya kamu tidak memilih perangkat yang hanya mampu bertahan lima sampai enam jam sebelum diisi ulang baterainya.

LG Gaming Monitor Campaign

Beberapa laptop generasi terbaru seperti Lenovo Yoga 920 (mampu bertahan selama 10 jam pemakaian setelah baterai terisi penuh), Dell XPS 13 9370 (10 jam pemakaian), dan Acer Aspire E 15 (9 jam pemakaian), adalah perangkat laptop dengan kemampuan baterai mumpuni. Lagipula, ketiganya sudah dibekali prosesor Intel Core generasi ke-8.

Kalau menginginkan laptop yang agak berumur, kami punya tawaran dalam diri Lenovo Thinkpad T470 yang dibanderol Rp 27,5 juta. Kamu bisa mendapatkannya di sini.

  • Pertimbangkan laptop LTE

Laptop macam ini memberi kesempatan bagi pengguna untuk memperoleh perangkat dengan model LTE terintegrasi. Mengapa laptop LTE penting bagi para pebisnis?

Yah, bagi para pebisnis yang aktif menjalankan bisnis secara mobile dan sering dalam mode perjalanan bisnis, sebuah laptop dengan konektivitas LTE jadi penting, sebab koneksi WiFi tentu tidak tersedia setiap saat. Nah, kalau begini urusannya, maka beberapa model laptop Surface Pro terbaru (Surface Pro LTE) bisa dipilih karena menyediakan opsi konektivitas LTE.

  • Pertimbangkan keamanan

Keamanan adalah hal penting bagi para pebisnis. Kebanyakan laptop untuk para pebisnis menyediakan fitur keamanan ekstra, termasuk IR camera dan pemindai sidik jari yang membantu login secara aman dan cepat. Lalu ada juga fitur TPM (Trusted Platform Modules) untuk keperluan enkripsi, serta slot kunci untuk mengamankan laptopmu di kantor.

Singkat kata, pilihah laptop bisnis yang menyediakan fitur keamanan ekstra.

  • Haruskah mempertimbangkan kualitas layar?

Rasanya mubazir bila kamu membeli sebuah laptop bisnis dengan laayar 4K atau 1440p, karena keduanya tidak terlalu dibutuhkan – kecuali bila kamu adalah seorang yang mampu melakukan multitasking dengan perangkat laptop. Hanya saja sebaiknya kamu tidak memilih laptop dengan resolusi lebih rendah dari 1080p.

  • Yang seharusnya ada di dalam jeroan laptop bisnis

Membeli sebuah laptop dengan performa buruk adalah sebuah kesalahan. Bagi kebanyakan pebisnis, rasanya cukup bila sebuah laptop bisa digunakan untuk memproses berkas word dan mampu membantu menjelajahi internet dengan cepat. Dengan demikian, prosesor Intel Core i5 dengan RAM 8GB serta hardisk kapasitas 1TB rasanya sudah lebih dari cukup.

Kamu bisa memilih yang lebih keren speknya bila soalnya terkait dengan multitasking atau jenis pekerjaan lain yang lebih berat.

  • Pertimbangkan kenyamanan keyboard dan touchpad

Keyboard yang keras dan tidak nyaman digunakan, atau area touchpad yang sempat, tentu akan menurunkan produktivitasmu. Jadi sebelum membawa pulang laptop merk tertentu, sebaiknya lakukan sedikit tes dengan keyboard.

Lalu, touchpad dengan area yang lebih sempit bukanlah rekomendasi paling bagus. Sebaiknya pilih laptop dengan touchpad yang luas.

Itulah enam hal yang harus ada di benakmu ketika berniat beli laptop bisnis. Sudahkah kamu mempertimbangkan semuanya?