Debut Intel Coffee Lake Core i7 8850 H di Laptop MSI

Adalah MSI GT83VR Titan yang jadi lahan persemayaman bagi prosesor Intel Coffee Lake Core i7-8850H. Laptop ganas satu ini menyajikan spek gahar dengan RAM tidak kurang dari 64GB dan dua buah kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1080 dalam mode SLI.

Dilansir dari Notebook Check, MSI GT83VR Titan disebut-sebut sebagai sebuah laptop yang pantas untuk didefinisikan sebagai pengganti PC gaming. Dan yang jauh lebih penting lagi, seri GT83 kadung diperkenalkan sebagai seri yang membenamkan CPU Intel dengan spek paling wah untuk platform notebook, sekaligus juga dikenal sebagai tempat bersemayamnya kartu grafis dengan spek kelas wahid (yang dihadirkan dalam mode SLI).

Akan tetapi yang lebih penting adalah rincian setelahnya. Di dalam laptop tersebut, tersemat sebuah prosesor Intel generasi ke-8, yakni Intel Coffee Lake Core i7-8850H. Generasi sebelumnya, MSI GT83VR 7RF adalah pendahulunya, di mana kita sudah melihat sebuah perangkat super gahar dengan harga yang tidak masuk akal bagi orang kebanyakan.

LG Gaming Monitor Campaign

Baca juga: Spek CPU Intel Ice Lake-U, Cannon Lake-Y, dan Coffee Lake-U Bocor ke Publik

Sebelumnya beredar kabar bahwa CPU Intel Coffee Lake-H bakal melakukan debut pada kuartal kedua 2018. Ketika momen kuartal kedua mendekat, prosesor kelas wahid itu ditengarai bakal nangkring di laptop gaming kelas wahid juga. Lalu, bagaimana speknya? Kabarnya Core i7-8850H adalah sebuah prosesor dengan enam inti dan 12 thread, yang diset di angka kecepatan 2.60GHz yang akan naik sampai 4.0GHz dalam mode multi-core atau 4.3GHz  dalam mode single core. L3 Cache-nya dipatok sebesar 9MB. Ditambah grafis integral Intel UHD 630, CPU tersebut diproses secara 14nm++.

Lalu, hendaknya kita tidak berhenti sampai sana. Setelah berjumpa dengan kegaharan CPU, spek lain dari laptop tersebut bakal seperti tertulis di bawah ini:

  • Bentang layar: 18.4-inch FHD
  • Penyimpanan internal 2TB. Kombinasi HDD 1TB dan NVMe SSD 512GB.
  • RAM: 64GB
  • Kartu grafis: NVIDIA GeForce GTX 1080 SLI

 

Sistem pendingin a-la MSI dan teknologi suara yang ditingkatkan kualitasnya, jadi elemen lain yang membuat laptop itu tampil sangar sebagai sebuah perangkat gaming kelas wahid. Lalu ada keyboard mekanis Steelseries RGB yang hadir dengan fitur switch Cherry MX Brown dan sebuah touchpad yang sekaligus berfungsi sebagai numeric keypad.

Bagian belakang MSI GT83VR Titan (kredit: Notebook Check)

Orang mungkin akan dengan mudah melabelinya sebagai pengganti PC desktop gaming paling wahid, meski kemudian itu terserah kepada selera masing-masing dan bagaimana pengguna akan memanfaatkannya, dengan asumsi mereka mau mengeluarkan uang lebih banyak untuk sebuah perangkat monster itu.

Di pasar luar negeri, terutama Eropa dan Amerika Serikat, GT83 Titan konon dijual dengan harga yang sangat fantastis dan pantas membuat banyak orang terbengong-bengong. Sekitar US$7,691 mesti dihabiskan jika pengguna ingin membawa pulang perangkat tersebut, yang berarti bila dirupiahkan akan menguras isi kantong pengguna sebanyak Rp. 105-jutaan.

Meski info harga sudah keluar, pihak MSI sendiri belum merilis informasi apapun mengenai harga resmi MSI GT83VR Titan.