WMC 2018: Lenovo Yoga 730

laptop Lenovo Yoga 730

Lenovo Yoga di WMC (kredit: Technology News)

Di ajang WMC 2018, Lenovo memperlihatkan kepada kita tiga model laptop seri Yoga terbaru dari tipe 2-in-1. Ketiganya adalah: Lenovo Yoga 530 14-inch (disebut juga Flex 14), Lenovo Yoga 730 13-inch, dan Yoga 730 15-inch. Ketiganya merupakan penerus generasi sebelumnya, dan memperoleh perubahan minor, termasuk penambahan prosesor Intel generasi ke-8 dan perubahan kunci yang perlu digaris bawahi: dukungan Alexa terintegrasi.

Lebih jelas tentang spek ketiganya bisa dilihat di bawah ini:

  • Prosesor Intel Core i7 generasi ke-8
  • Kartu grafis opsional Nvidia GeForce GTX 1050 (hanya tersedia model Yoga 730 15-inch)
  • Keyboard full size
  • Layar sentuh IPS Ultra-HD (hanya tersedia di Yoga 730); layar sentuh IPS Full-HD (tersedia di Yoga 530). Dari segi layar, ketiganya punya kesamaan dalam hal bezel tipis.
  • Aksesoris tambahan: Lenovo Active Pen 2
LG Gaming Monitor Campaign

Keberadaan Pen dalam paket penjualan laptop 2-in-1 menjadi sebuah tawaran menarik, setidaknya bagi para kreator konten. Dengan sebuah pen digital, setidaknya seorang kreator tidak perlu membeli pen tambahan di luar paket penjualan. Lagipula, laptop dengan model 2-in-1 – plus layar sentuh – memang biasanya jadi opsi terbaik untuk orang-orang yang kerjanya melulu berhubungan dengan produksi konten.

Lapisan keamanan ditambahkan ke dalam ketiga laptop produksi Lenovo itu, salah satunya adalah pemindai sidik jari terintegrasi melalui Windows Hello. Meski begitu, perubahan paling mencolok, dan juga menarik, adalah dukungan Alexa yang terintegrasi langsung dengan mereka. Dengan demikian Alexa jadi teman yang baik untuk Cortana milik Microsoft yang dibenamkan langsung ke dalam Yoga 730. Jadi nantinya pengguna akan memperoleh dua asisten virtual langsung di dalam satu badan laptop. Tambahan tersebut memungkinkan untuk dilakukan karena Lenovo sendiri juga memperkenalkan mic terbaru yang dibenamkan ke dalam ketiga perangkat yang disebut di atas.

Bicara tentang portabilitas dan daya hidup laptop, mari kita simak spek lanjutan di bawah ini:

  • Bobot keseluruhan: Yoga 730 15-inch (1.89 kilogram), Yoga 730 13-inch (1.12 kilogram), Yoga 530 14-inch (1.6 kilogram).
  • Daya hidup baterai: Yoga 730 13-inch (11.5 jam), Yoga 730 15-inch (11 jam; opsi dengan fitur Rapid Charge tersedia untuk Yoga 730 13-inch dan Yoga 530.

Ah ya …. fitur Rapid Charge sepertinya sudah jadi fitur umum di setiap laptop dengan spek tinggi. Khusus untuk ketiga produk barunya itu, Lenovo mengklaim bahwa fitur tersebut akan membantu pengguna mengisi daya baterai yang bisa dipakai dalam waktu dua jam, hanya dengan melakukan pengisian baterai selama 15 menit.

Harganya? Yoga 730 dengan Lenovo Active Pen 2 dihargai mulai dari 999 Euro atau sekitar 16,7 jutaan Rupiah, dan akan tersedia di pasar luar negeri pada bulan April. Sementara itu model 15-inch dengan Lenovo Active Pen 2 akan dijual mulai dari 1,099 Euro atau sekitar 18,4 jutaan Rupiah dan akan tersedia di bulan yang sama pula. Dan Yoga 530 akan dijual mulai dari 549 Euro atau sekitar 9,2 jutaan Rupiah. Yang terakhir ini akan tersedia di bulan June.

Sementara info harga dan ketersediaan sudah dirilis keluar, namun belum diketahui kapan ketiga perangkat tersebut masuk ke pasar Indonesia.

Di ajang WMC 2018 di Barcelona, Lenovo tidak hanya merilis ketiga varian Yoga generasi baru, namun juga mengumumkan kehadiran trio Chromebooks yang dilempar ke pasaran untuk tujuan edukasi. Mereka adalah Lenovo 500e, 3003, dan 100e. Ketiganya sudah diumumkan perilisannya jauh sebelum ajang WMC, namun sekarang Lenovo membuatnya tersedia di pasaran. Konon katanya ketiga laptop edukasi tersebut hadir dengan fitur-fitur terbaru, termasuk desain baru plus Touch and Pen.