Samsung Merilis SSD 30TB untuk Pengguna level Korporasi

SSD Samsung PM1643

Samsung SSD PM1643 (kredit: propakistani)

Seberapa besar kapasitas SSD yang umum dijumpai saat ini? 256GB? Kapasitas sebesar itu sudah cukup besar untuk sebagian besar pengguna PC atau laptop. Namun tunggu sampai kamu mendengar berita Samsung merilis SSD 30TB dalam format tradisional 2.5-inch.

Samsung mengumumkan perilisan SSD dengan kapasitas masif, yang konon katanya cukup untuk menampung 5,700 film HD. Produk itu, dengan model PM1643, merupakan sebuah perangkat penyimpanan yang mengombinasikan 32 tangkai NAND flash yang masing-masing memiliki kapasitas 1TB. Setiap tangkai NAND flash dibuat dari 16 lapisan chip V-Nand sebesar 512GB.

LG Gaming Monitor Campaign

Dengan kapasitas masif, gigantik, apakah Samsung sudah menciptakan SSD dengan kapasitas simpan terbesar? Mungkin saja, meski klaim ini masih bisa diperdebatkan. Di tahun 2016, Seagate pernah memperlihatkan produk SSD 60TB yang dihadirkan lewat form factor 3.5-inch. Sayangnya perangkat mereka tidak pernah dilepas ke pasaran.

Bagaimana dengan Kecepatannya?

PM1643 milik Samsung juga terbukti cepat. Menurut mereka, produk penyimpanan SSD itu mampu membaca/menyalin data dengan angka yang lebih cepat dibanding SSD lain yang diciptakan untuk pengguna rumahan. Secara angka, SSD itu mampu membaca/menulis data dengan kecepatan masing-masing 2,100MBps dan 1,700MBps.

Sebagai perbandingan, Samsung 860 Pro SSD, yang berkapasitas 16TB, “hanya” mampu membaca/menulis data dengan kecepatan masing-masing 560MBps dan 530MBps.

Lalu, Samsung juga melabeli PM1643 sebagai produk SSD dengan garansi lima tahun. Dan meski tergolong luar biasa dari segi kapasitas, kecepatan, dan juga garansi panjang yang diberikannya, Samsung tidak akan menjualnya ke publik umum.

PM1643 bukanlah sebuah SSD yang ditujukan untuk pengguna PC biasa. Dengan demikian, ia lebih ditujukan untuk pengguna di tingkat korporasi. Ini kemudian menjadi pilihan wajar, mengingat PM1643 dibuat dengan Serial Attached SCSI (SAS) dan bukanlah sebuah perangkat SSD yang diciptakan dengan port SATA. Sampai di sini, menjadi jelas bahwa perangkat itu memang khusus diciptakan untuk konsumen tingkat bisnis yang berminat untuk beralih dari sistem penyimpanan mekanis.

Harganya? Samsung belum mengunmumkannya, namun tampaknya akan sangat mahal. Dari kabar yang beredar, Samsung sudah mulai merakit SSD dengan opsi penyimpanan yang lebih kecil, yang kabarnya bakal diperkenalkan tahun ini juga.

SSD Terbaik yang bisa kamu lirik

Di pasaran ada beberapa macam pilihan penyimpanan SSD yang bisa kamu pilih. Daftar di bawah ini akan membantumu memilih satu di antara SSD untuk penggunaan rumahan, yang kami anggap bisa memenuhi kebutuhanmu.

  • SSD untuk yang peduli budget
Crucial BX300
SSD Crucial BX300 (kredit: topnewreview)

Tidak mau membuang lebih banyak uang untuk sebuah SSD? Ada sebuah pilihan bagus, di bawah merk Crucial, yakni BX300. Merk ini dikenal sebagai salah satu SSD yang cepat namun ramah di kantung.

Kalau kebanyakan SSD murah menggunakan chipset TLC NAND, Crucial menggunakan MLC NAND yang mampu menjaga konsistensi kecepatan transfer data ketika kamu menggunakannya untuk memindahkan berkas dalam kapasitas besar. BX300 dengan kapasitas 120GB dijual sekitar $60 atau sekitar 800 ribuan dalam kurs rupiah. Sementara itu, kapasitas 240GB dijual seharga $80 atau sekitar satu jutaan rupiah.

  • SSD untuk semua orang
850 Evo
SSD Samusng 850 Evo (Kredit: Samsung)

Yang satu ini bukan merupakan SSD paling cepat yang tersedia di pasaran, namun kemampuannya bisa diadu dengan SSD berbasis SATA lain. Dan ya, karena berbasis SATA, SSD satu ini tidak akan bermasalah ketika akan ditambahkan ke dalam laptop atau desktop, tidak seperti SSD lain yang berbasis PCIe atau M.2.

Harga Samsung 850 Evo dibanderol $150, atau sekitar 1,8 jutaan rupiah. Bisa digunakan dalam platform yang fleksibel, garansi yang panjang (lima tahun!), dan tersedia dalam beragam kapasitas, mulai dari 250GB, 1TB, 2TB, dan 4TB, membuat 850 Evo tampil sebagai pilihan yang oke.