Kamis Ceria: Laptop Tenaga Berlebih atau Tampilan Premium?

Kamis ceria memilih laptop

Hari ini kamis ceria, dan rasanya semua orang sudah paham bahwa bagian tersulit dalam memilih laptop adalah ketika seseorang mesti memilih satu dari sekian lusin spesifikasi perangkat yang ditawarkan oleh pasar. Namun semuanya akan terlihat mudah begitu seseorang tahu apa yang dia mau berdasarkan budget, ukuran layar, dan lain sebagainya.

Tentu saja setiap orang punya kebutuhan tersendiri, yang bisa jadi beda dengan orang lain. Namun satu hal yang pasti: sebuah laptop tidak bisa memberikan segala-galanya. Terkadang kamu ingin sebuah laptop premium dengan tampilan paling yahud, lengkap dengan sejumlah port koneksi termutakhir. Kalau keinginan macam itu muncul, maka rasanya semua jadi sah-sah saja.

Namun yang perlu diketahui: laptop premium biasanya tidak didesain untuk kepentingan spesifik yang menuntut sumber daya tambahan yang tinggi, seperti bermain gim di angka fps tinggi, misalnya. Sebaliknya, laptop gaming biasanya tidak didesain ala premium dengan bodi tipis serta bobot yang ringan. Jadinya, laptop yang benar-benar didesain untuk gaming bisa dibilang tidak cukup praktis untuk dibawa kemana-mana, meski tenaganya seperti monster dan berkali-kali lipat dibandingkan laptop premium.

LG Gaming Monitor Campaign

Dan yang paling penting: rasanya sulit untuk memperoleh cita rasa premium dan tenaga berlebih dalam waktu bersamaan. Jadinya seseorang mesti menentukan prioritas ketika memilih laptop. Selain itu ada budget, teknologi layar, ukuran bezel, dan hal-hal lain yang bisa menentukan keputusan seseorang ketika membeli sebuah perangkat laptop baru.

Tetapi setidaknya di sini kami ingin membantumu menentukan pilihan laptop, berdasarkan kriteria spesifik seperti kebiasaan, mobilitas, dan penggunaan sehari-hari.

  • Orang yang peduli dengan merk, atau …. fanboy

Selalu ada orang yang mempertimbangkan merk ketika membeli sebuah laptop. Orang macam itu biasanya melihat apakah perangkat yang akan dibelinya punya reputasi tinggi di bidang komputasi atau tidak. Dan … ketika seseorang sudah menentukan merk mana yang paling pas untuknya (orang seperti ini biasanya tidak mempedulikan spesifikasi), biasanya dia akan jadi seorang fanboy di masa depan.

Dia akan jadi seorang pelanggan setia merk tersebut, dan beralih jadi individu yang selalu mencintai merk yang dipilihnya. Kalau kamu adalah seorang fanboy dan di saat bersamaan mungkin adalah seorang yang memberi perhatian pada merk dibanding faktor lainnya, maka sebaiknya pilih satu merk laptop dengan layanan purna jual yang bagus dan sigap ketika diminta mengurus klaim garansi atas kerusakan tertentu.

  •   Orang yang rasional
orang yang rasional dalam memilih laptop
                                       Kredit: Pexels

Orang macam ini biasanya selalu memperhatikan kebutuhan, bukan keinginan. Bahkan seringkali dia menghindari memasang program tertentu di laptopnya, bila program itu tidak sesuai dengan kebutuhannya, atau jarang dia gunakan.

Mereka ini bisa saja ngemil sambil mengerjakan sesuatu lewat laptopnya, dan tidak ragu untuk mengerjakan spreadsheet atau mengolah berkas word sambil nongkrong di cafe. Orang seperti ini biasanya membutuhkan laptop tipis dan ringan, namun dengan spek yang sesuai dengan kebutuhan hariannya itu.

Kadang ada juga orang rasional yang juga memperhitungkan kecantikan sebuah laptop, karena itu mereka cenderung memilih sebuah perangkat yang cantik dan tidak memalukan ketika dibawa. Yah … pokoknya yang bisa bikin orang lain melirik lah.

  • Orang yang sulit pisah dari dunia gim

Nah, tipikal orang yang satu ini biasanya cenderung memilih perangkat dengan tenaga lebih, baik dari segi prosesor, RAM, maupun pendingin. Mereka tidak ragu memilih laptop dengan spesifikasi kelas atas, yang mampu digeber sampai puncak penampilan. Jadi tidak akan jadi masalah walau laptop mereka gahar dan gemuk, sebab tipe orang seperti itu hanya peduli dengan performa.

Nah, berdasarkan ketiga tipe di atas, kamu yang mana? Kalau sudah tahu, mungkin sekarang waktunya memilih sebuah perangkat laptop yang sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan harianmu. Dengan begitu, kamu tidak membuang uang percuma nantinya.