Bermain-main dengan Start Menu Windows 10

Bagian Start Menu Windows 10 sebetulnya bisa dipercantik, terutama bila kamu tahu cara yang pas untuk melakukannya. Lalu untuk apa mempercantik start menu? Tentu saja untuk membuatnya terlihat lebih menarik dan tidak mengesankan. Bila kamu memiliki sebuah tablet berbasis Windows 10 atau sebuah laptop layar sentuh dengan sistem operasi yang sama, maka melakukan kustomasi menjadi sebuah hal yang wajib dilakukan.

Tetapi sebelum melakukan hal itu, mari kita lihat bagaimana bagian demi bagian dalam Start Menu bekerja. Pada dasarnya bagian ini terdiri dari tiga seksi:

  • Panel sempit di bagian kiri menyajikan fitur serta ikon software yang bervariasi, tergantung pada pengaturan yang kamu terapkan. Di sana tersedia menu untuk mengatur akun, setting, dan opsi on/off. Secara bawaan, ikon-ikon yang tersedia sebetulnya tidak diberi label, namun semuanya bisa diatur sedemikian rupa tergantung kebutuhan.
  • Bagian tengah kiri adalah susunan panil yang mendaftar semua jenis software yang kamu gunakan. Tergantung pada kebiasaanmu dalam menggunakan setiap software, daftarnya biasanya dimulai dari software tertentu yang baru saja ditambahkan, dan kemudian akan diurutkan sesuai alfabetis.
  • Bagian panil besar di sebelah kanan berisi panil-panil warna-warni yang dikategorikan dalam berbagai macam label, seperti Explore, Create, Play, dan lain sebagainya.

Lalu, mari kita mengatur Start Menu supaya jadi lebih menyenangkan. Caranya begini:

LG Gaming Monitor Campaign

#1 Mengatur panil bagian paling kiri

Start Menu Windows 10
Opsi pengaturan Start Menu bagian kiri

Bagian panil paling kiri di Start Menu bisa memasukkan minimum 12 ikon, dan maksimum sebanyak 12 icon. Kamu bisa melakukan kustomasi pada ikon yang hadir di sana dengan cara membuka Settings menu dan kemudian tap di bagian Personalization > Start > Choose which folders appear on Start. Setelahnya kamu bisa memilih folder mana saja yang akan ditampilkan di bagian tersebut.

 

#2 Mengubah Warna

Atur warna Start Menu
Mengatur warna Start Menu

Untuk mengubah warna Start Menu, Taskbar, dan Start Screen dan batas jendela, buka Seetings > Personalization > Colors > Show color on Start, Taskbar, and action center.

Kemudian hidupkan opsi ini, dan pilik aksen warna yang paling kamu inginkan dari sejumlah pilihan yang tersedia di sana. Ada juga opsi untuk membuat start menu terlihat transparan, dengan cara menghidupkan opsi Make start, taskbar, and action center transparent.

#3 Mengubah ukuran panil atau Menggerakannya

Mengubah ukuran panil/tile
Ubah ukuran panil/tile di Start Menu

Untuk mengubah ukuran panil atau menggerakannya, gunakan opsi Resize untuk mengatur ukuran panil. Opsi satu ini sangat tergantung pada ukuran aplikasi/tile, di mana kamu bisa memilih mulai dari small, medium, wide ataui large. Kebanyakan hanya bisa diubah ukurannya jadi small atau medium, namun aplikasi bawaan Windows seperti Maps atau Edge bisa diubah jadi ukuran large atau wide. Untuk memindahkan tile/panil, klik atau tap, tahan, kemudian pindah tile terpilih ke lokasi lain di Start Menu.

#4 Start Menu dalam Ukuran Penuh

Untuk mengubah Start Menu jadi ukuran penuh, kamu mesti masuk ke Settings > Personalization > Start dan hidupkan opsi Use Start full screen. Pilihan ini untuk pengguna Windows 10 berbasis PC atau laptop.

Untuk pengguna tablet, kamu bisa mengaturnya di Settings > System > Tablet mode dan pilih mode “desktop/tablet” setiap kali perangkatmu mulai digunakan.

Demikian cara kita bermain-main dengan Start Menu Windows 10. Menyenangkan dan mudah, bukan? Kalau ada lebih banyak tambahan tips, silakan bagikan di bagian komentar di bawah!