Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Perlu Kamu Tahu

Fitur WhatsApp

Whatsapp (Kredit: Pexels)

Mungkin kamu adalah seorang penggemar WhatsApp, dan sudah menggunakannya selama bertahun-tahun untuk mengirim dan menerima pesan. Di sisi lain, mungkin juga kamu adalah seorang yang baru saja memasang aplikasi tersebut di ponsel Androidmu. Yang mana pun tidak jadi masalah, sebab kami di sini ingin membeberkan sejumlah fitur tersembunyi WhatsApp yang mungkin tidak kamu ketahui.

#1. Menggunakan WhatsApp di Komputer

LG Gaming Monitor Campaign

Ini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Setiap pengguna WhatsApp hanya perlu mengunjungi Web.whatsapp.com dan kemudian melakukan pemindaian QR Code dengan ponselnya.

Atau, kamu juga bisa membuka situs WhatsApp dan mengunduh aplikasi veri desktopnya.

#2. Mengekspor Percakapan

 

Percakapan antara kamu dan temanmu bisa diekspor ke email. Ini biasanya dilakukan ketika kamu ingin menyimpannya sebagai kenang-kenangan. Caranya mudah. Bukalah sebuah percakapan dan kemudian tap pada ikon tiga titik vertikal di bagian kanan atas, kemudian pilih opsi More > Email chat. Yang kemudian muncul kira-kira akan seperti gambar di bawah ini.

Ekspor percakapan WA#3. Custom Notifikasi

Biasanya seorang pengguna WhatsApp cenderung memakai ringtone sama untuk setiap pemberitahuan pesan yang masuk. Tetapi sekarang kamu bisa melakukan kustomasi rintone untuk setiap orang yang ada di daftar nomor WhatsAppmu. Cara ini akan mempermudah pengguna yang ingin tahu siapa yang mengirim pesan begitu ringtone berbunyi.

Buka sebuah percakapan dengan temanmu, kemudian tap ikon Menu. Selanjutnya sorot pada bagian View Contact > Custom Notifications.

Custom Notifikasi WA#4. Sembunyikan status ‘Last Seen’

Tidak ingin teman atau siapapun melihat waktu “Last Seen”-mu? Bukalah Settings > Account > Privacy > Last Seen

Aplikasi seperti Whatsapp menyediakan tiga opsi: Nobody, My Contacts, dan Everyone.

Privasi WA#5. Mematikan opsi ‘Read Receipts’

Terkadang kamu tidak ingin temanmu tahu apakah kamu sudah membaca pesannya atau belum. Nah, WhatssApp menyediakan opsi untuk mematikan ‘read receipts’ langsung dari aplikasi.

Bukalah Settings > Account > Privacy dan kemudian hilangkan tanda centang pada Read Receipts. Setelahnya, setiap kontak yang kamu ajak bertukar pesan tidak akan bisa melihat apakah kamu sudah membaca pesannya atau belum.

#6. Mute percakapanmu dengan teman atau grup

Dalam situasi di mana kamu sedang berada di tengah-tengah rapat atau sedang kencan, fitur Mute di Whatsapp akan berguna, terutama supaya kamu tidak terganggu dengan pesan WhatssApp yang masuk ke ponselmu.

Untuk melakukannya, kamu hanya perlu menekan sebuah chat beberapa detik, kemudian tap pada bagian ikon speaker yang tercoret di bagian atas layar. Aplikasi seperti Whatssapp menyediakan opsi untuk mematikan percakapan mulai dari delapan jam atau satu tahun, tergantung selera dan kebutuhanmu sebagai pengguna.

#7. Menerapkan format teks tertentu

Sudah lama WhatsApp menerapkan pakem di mana pengguna bisa memiringkan huruf, memberi penebalan huruf, atau mencoret sebuah kata. Untuk melakukannya kamu bisa menambahkan karakter tertentu sebelum dan sesudah kata/kalimat yang kamu tulis lewat aplikasi itu.

Untuk melakukan penebalan kata, gunakan tanda bintang (*). Contoh penerapannya seperti ini: *belanja di Pemmz.com*

Kemudian untuk memiringkan kata/kalimat, gunakan tanda (_). Contoh: _belanja di Pemmz_

Lalu terakhir, untuk memberi nuansa coretan di sebuah kata atau kalimat, gunakan tanda (~). Contoh: ~beli Dell XPS 13 di Pemmz~

#8 Memperoleh detil pesan

Terkadang kamu ingin tahu apakah seseorang yang kamu ajak bertukar pesan sudah membaca pesanmu atau belum; dan kamu juga ingin tahu apakah pesan yang kamu tulis sudah terkirim dengan baik atau masih menggantung di udara.

Untuk melakukannya, kamu bisa menekan sebuah pesan cukup lama, kemudian tap bagian ikon “info” di sebelah atas layar pesan.

Info pesanItulah 8 fitur tersembunyi WhatsApp yang rasanya bisa membuat hari-hari pertukaran pesan jadi lebih menyenangkan. Ada lagi fitur yang perlu ditambahkan? Silakan bagikan di kolom komentar!