Software Manipulasi Foto Pilihan untuk Pengguna Android

4 Software manipulasi foto

Ketika teknologi kamera ponsel pintar berkembang sedemikian rupa, demikian pula perkembangan software pengolah foto yang secara konstan mampu melakukan banyak hal dengan beberapa kali klik.

Nah, kami ingin mengajakmu untuk menemukan daftar software atau aplikasi pengolah foto berbasis Android yang kami nilai sebagai yang terbaik. Lewat aplikasi pengolah foto yang tersedia, kami berharap kamu bisa melakukan transformasi pada foto, kemudian mengubahnya sebagai gambar dengan nilai seni tinggi.

Tentu saja Google Play Store punya banyak sekali pilihan, namun kami memutuskan untuk memperkecil daftar. Dan inilah 4 aplikasi pengolah foto berbasis Android yang bisa kamu pasang di ponsel pintarmu:

  1. Prisma
LG Gaming Monitor Campaign

Status: gratis

Prisma appPada dasarnya aplikasi ini adalah tentang bagaimana mengubah foto menjadi lukisan dan gambar tangan. Tentu ada banyak aplikasi serupa yang menawarkan filter yang sama, dan hasilnya juga gitu-gitu aja. Nah, di sini, Prisma adalah pengecualian.

Mungkin kamu akan tertarik, karena hasil filternya yang mampu memberi efek realistik. Artinya, Prisma membantumu mengubah foto menjadi lukisan dan gambar tangan yang menarik dan estetik.

2. Facetune

Status: berbayar

Facetune
Kredit: Glam Asia

Aplikasi ini cocok untuk orang-orang yang demen selfie dan kemudian suka untuk melakukan retouch untuk hasil selfienya.

Singkat cerita, Facetune membantumu mengatur warna, memutihkan gigi, menyamarkan sudut gambar yang buruk, dan bahkan mengubah wajahmu dengan hanya melakukan tap dan swipe. Selain itu, aplikasi ini mudah digunakan. Tutorial juga tersedia lengkap dan bisa dilihat ketika kamu sedang mengolah gambar.

Begitu selesai mengolah foto, kamu bisa menambahkan filter lain dan kemudian membagi hasil fotonya lewat media sosial favorit. Oh ya, aplikasi ini berbayar, jadi kamu harus mengeluarkan uang sekitar Rp 80,000 bila ingin menikmati seluruh fiturnya.

 

3. Adobe Photoshop Express

Status: gratis

Photoshop Express app
Kredit: Pin Img

Lebih nyaman dengan tampilan Photoshop, karena kamu sering menggunakannya di atas platform desktop PC? Adobe Photoshop Express mungkin bisa jadi pilihan menarik.

Aplikasi satu ini bisa dioperasikan dengan mudah dan tergolong intuitif. Bahkan cenderung mudah digunakan di atas bentang layar yang kecil. Sebelum menggunakannya, kamu mesti mendaftar lebih dulu di situs Adobe menggunakan Google Account, Facebook Account, atau alamat email. Setelahnya kamu akan memperoleh Adobe ID yang bisa digunakan untuk menggunakan layanan dan produk Adobe.

Setelah proses pendaftaran selesai, kamu bisa memilih foto yang tersimpan di perangkatmu atau yang tersimpan di Adobe Creative Cloud – jika kamu memilikinya. Sebagai aplikasi pengolah foto, Adobe Photoshop Express menawarkan segala macam alat sunting foto dasar, termasuk crop, rotate, red-eye correction, dan pengaturan kecerahan.

Kami cenderung suka dengan bagaimana Photoshop memberi alat untuk mengoreksi masalah pada foto, misalnya exposure yang terlalu rendah, temperatur warna yang terlalu tinggi, noise, dan sebagainya. Berbagai macam efek artistik tersedia, dan bisa diatur hanya dengan melakukan swipe layar.

 

4. Google Snapseed

Status: gratis

Google Snapseed
Kredit: The Next Web

Ini adalah sebuah aplikasi fantastis dengan banyak sekali fitur pengolah foto di dalamnya. Selain alat untuk merotasi dan melakukan crop foto, Snapseed juga hadir dengan berbagai macam fitur yang membantumu mengatur depth of field, perspektif, kurva warna, dan tingkat kecerahan gambar.

Salah satu fitur yang menarik adalah Expand, yang membantumu mengkalkulasi area di sekitar objek foto yang terlihat sama dan menggunakan data foto untuk memperlebar kanvas. Fitur ini mirip dengan Content Aware Fill yang tersedia di Photoshop.

 

Lalu ada lusinan filter yang siap dipakai. Dan karena aplikasi ini tidak egois, Snapseed menyediakan banyak video tutor untuk membantumu menguasai alat dan fitur tertentu. Pada dasarnya, Snapseed mungkin jadi aplikasi Android terbaik, terutama untuk soal pengolahan foto.