Rekam Layar Smartphone Menggunakan Tiga Aplikasi Gratis

aplikasi gratis perekam layar

Kecuali kamu adalah pengguna smartphone Xiaomi, yang menyediakan aplikasi Screen Recorder bawaan lewat MIUI-nya, maka agak sulit bagimu untuk merekam segala macam tindakan yang kamu lakukan di layar smartphonemu. Untungnya ada tiga aplikasi gratis berbasis Android yang bakal membantu merekam apa yang terjadi di atas layar smartphonemu dengan mudah.

Kenapa pula aku mesti merekam apa yang terjadi di layar?

Yah, beberapa orang melakukannya untuk alasan khusus. Mungkin kamu ingin berbagi cara bermain video gim dengan orang lain. Atau kamu adalah seorang pengulas apps yang ingin berbagi pengetahuan tentang fitur baru di aplikasi yang baru kamu pasang. Alasannya bisa  bermacam-macam.

LG Gaming Monitor Campaign

Cukup basa-basinya, inilah tiga aplikasi gratis Android yang bisa kamu gunakan untuk merekam layar smartphone.

  1. Screen Recorder

Selain gratis, kamu takkan diganggu oleh kehadiran iklan. Selain itu kamu juga tidak dituntut untuk membeli add-on tambahan dari dalam aplikasi. Jadi ini adalah opsi paling baik bila kamu sedang mencari perekam layar. Screen Recorder mudah digunakan, dan tanpa memintamu melakukan hal-hal rumit.

Tinggal unduh dari Play Store dan kemudian pasang di dalam smartphonemu. Ketika diaktfikan, aplikasi ini akan menampilkan sebuah toolbar kecil di bagian pojok layar. Setelahnya kamu bisa mengatur hitung mundur waktu, dan kamu juga bisa mengakhiri sesi rekaman dengan cara mematikan layar. Tidak ada tombol virtual yang menghalangi aplikasimu.

Begitu diaktifkan, dan kamu menekan tombol perekam, aplikasi Screen Recorder akan berjalan. Matikan layar begitu selesai dengannya. Sesederhana itu. Dan ketika kamu mengaktifkan layar lagi, kamu akan melihat sebuah notifikasi yang memberi tahu bahwa sesi rekaman tadi sudah disimpan dengan baik.

Untuk melihat hasil rekaman, buka aplikasi sekali lagi dan kamu akan melihat hasil rekaman untuk kemudian diolah atau dihapus. Ada juga fitur semacam Game Launcer, yang membantumu mengaktifkan gim langsung dari aplikasi Screen Recorder. Fitur ini sangat membantu bila kamu ingin merekam gim tertentu.

2. AZ Screen Recorder

Aplikasi ini disediakan dengan iklan, meski gratis ketika diunduh. Selain iklan, ada opsi in-app purchases yang memberi lebih banyak fitur premium. Sama seperti aplikasi Screen Recorder sebelumnya, kamu harus memberi izin supaya aplikasi ini bekerja dengan baik.

Begitu diaktifkan, pengguna bisa mengakses pengaturan, atau mulai merekam sesuatu atau membuat sebuah livestream. Semua itu bisa dilakukan langsung dari interface tunggal. Aplikasinya sendiri didesian dengan baik, di mana kamu akan menemukan banyak sekali opsi yang familiar. Resolusi video rekaman bisa diatur sesukanya, di mana kamu bisa menambahkan teks, logo, atau mengaktifkan kamera depan bila kamu ingin merekam wajahmu ketika sesi perekaman berjalan.

Tetapi sayangnya, fitur lengkap seperti disebut di atas hanya tersedia bila kamu membeli versi pro.

3. DU Recorder

Ini adalah perekam yang tampaknya paling populer saat ini. Penggunaannya mudah, dan hadir dengan banyak fitur berbeda yang bisa dimainkan dengan mudah. Ada dua cara mudah untuk mengontrol sesi perekaman, baik dari sebuah jendela pop-up, maupun dari bar notifikasi.

Di bagian pengaturan kamu bisa mengganti resolusi video (mulai dari 240p – 1080p), kualitas video (1Mbps sampai 12Mbps atau tinggalkan opsi ini dan beralih ke Auto), FPS (dari 15 ke 60, atau pilih opsi Auto), merekam suara, dan pilih lokasi penyimpanan berkas  video.

Fitur kontrol gestur juga tersedia untuk membantumu dengan fitur penghentian sesi rekaman dengan cara mengocok smartphone. Lalu pengguna juga bisa membatasi waktu perekaman dengan timer. Yang terakhir ini berguna bila kamu ingin membatasi besaran berkas video yang mesti disunting.