Preview Dell XPS 13 9370 (2018): Masih Tetap Cantik dan Menarik

XPS 13 9370

Bgai kebanyakan orang Dell XPS 13 tetap sebuah perangkat laptop premium yang sudah kadung jadi favorit selama beberapa tahun belakangan. Dan sekarang, Dell XPS 13 9370 (2018) masih tetap mempertahankan citranya sebagai laptop yang cantik dan menarik, dengan layar tanpa batas, bobot yang ringan, dan tampilan premium.

Setelah beberapa generasi, Dell akhirnya membuat keputusan di mana mereka harus memberi desain baru untuk XPS 13. Hasilnya tidak mengecewakan. Di tahun 2018 ini laptop kelas atas tersebut memperoleh desain baru dengan dimensi perangkat yang lebih ramping dan skema warna putih-emas yang sangat memanjakan mata.

Spesifikasi

  • Prosesor: 8th Generation Intel® Core™ i5-8250U Processor
  • Sistem Operasi: Windows 10 Home 64-bit English
  • RAM: 4GB LPDDR3 1866MHz
  • Penyimpanan: 128GB Solid State Drive
  • Grafis: Intel® UHD Graphics 620
  • Layar: 13.3-inch resolusi FHD (1920 x 1080)

*disclaimer: spesifikasi di atas bisa jadi berbeda di setiap distributor. Spek di atas mengacu pada model terendah yang ditawarkan Dell. 

Desain dan Layar

LG Gaming Monitor Campaign

Di situs resmi Dell Amerika, XPS 13 terbaru direnteng dalam dua pilihan prosesor, yakni Intel Core 8th i5-8250U dan i7-8550U. Kedua pilihan tersebut juga memberi spek layar berbeda. Core i5 dibangun dengan layar FHD, sedangkan pilihan laptop dengan Core i7 dibangun dengan layar 4K Ultra HD (3840 x 2160). 

Jadinya kita menemukan peningkatan dari segi layar, yang tentu saja menjadi sebuah tawaran menarik. Dari segi desain, Dell menanamkan sistem webcam yang lebih baik dan juga dukungan untuk eGPU. Sebuah sistem pendingin dibangun dan menjanjikan performa lebih yang tahan lama dan lebih kuat.

Pada dasarnya kamu akan sulit melihat perbedaan antara satu generasi Dell XPS 13 dan generasi lainnya, sebab semuanya tampak serupa. Namun Dell XPS 13 generasi terbaru memberikan perbedaan terutama profil desainnya yang sekarang lebih ramping dan lebih ringan.

Anak baru Dell itu sekarang memiliki bobot 1,2 kilogram dan ketebalan 1,1 cm. Bandinegkan dengan Dell XPS 13 tahun lalu yang memiliki ketebalan 1,2 cm dan bobot yang kurang lebih sama dengan generasi terbaru. Sayangnya dengan profil ramping macam itu, Dell harus mengurangi beberapa macam port, seperti port USB tipe A dan SD card reader (dua-duanya masih bisa ditemukan pada Dell XPS 13 yang dirilis tahun lalu).

Generasi terbaru XPS 13 menyodorkan dua port Thunderbolt di bagian kiri, serta sebuah slot microSD dan port USB Type-C. Jadi dari segi port yang dimiliki, Dell tampak mengantisipasi masa depan di mana port USB tipe A bakal tidak lagi dibutuhkan.

Dalam banyak hal, kecantikan luar Dell XPS 13 sebetulnya ada pada bentang layar InfinityEdge dengan bagian tepi yang lebih tipis sekitar 23 persen dibanding generasi sebelumnya. Secara virtual, ini berarti perangkat tersebut tidak memiliki rangka yang melingkupi bagian layarnya. Jadi ada lebih banyak detil objek yang bisa kamu nikmati langsung di atas layar.

Performa Keseluruhan

Sejauh yang kami catat, Dell menawarkan empat opsi untuk XPS 13 9370. Namun rasanya ada dua opsi yang bisa ditawarkan di sini.

  1. Versi high-end dengan Intel Core i7-8550U, RAM 16GB, SSD 1TB, dan layar sentuh 4K.
  2. Versi mainstream dengan Intel Core i5-8250U, RAM 8GB, SSD 256GB, dan layar FHD non-sentuh.

Kami merekomendasikan keduanya, karena mereka sama-sama bisa bekerja baik ketika digunakan untuk memainkan gim ringan maupun memproses file office. Di luar itu, Dell XPS 13 generasi terbaru itu juga mampu mempertahankan performa super, bahkan ketika penggunanya melakukan kompresi video 4K.

Dalam banyak hal, sistem pendingin laptop yang tertanam di dalamnya membantu prosesor untuk tetap dingin walau sedang digunakan secaa agresif. Semua kelebihan itu membantu laptop tersebut untuk tetap keren, cantik, premium, dan menarik, bahkan ketika kamu memeras semua sumber daya perangkat yang digunakan di dalamnya.

Harganya? Dell XPS 13 9370 dijual mulai dari tingkat harga 13-jutaan, tergantung tipe layar dan prosesor yang kamu pilih.