BenQ EX3200R LED Monitor: Kelas Tersendiri dalam Lengkungan

BenQ EX3200R

Sekitar 2017 silam, sebuah panel monitor 1080p berukuran 31.5-inch dianggap tidak atraktif, oleh karena kehadiran monitor 1440p dan monitor 4K yang menghajar pasar monitor hari-hari ini. Dalam kondisi seperti itu, monitor 31.5-inch 1080p dianggap mengalami kematian, namun tampaknya BenQ EX3200R merupakan sebuah pengecualian.

Tentu saja kami sendir sempat skeptis dengan kemampuan monitor tersebut. Apa kiranya yang bisa ditawarkan oleh layar 1080p di tengah merebaknya monitor 4K atau bahkan 1440p? BenQ hadir dengan lengkungan layar yang membuatnya tampak menarik. Lalu, form ultra-wide nya juga jadi tawaran menarik. Tetapi sekali lagi, apakah dia semenarik itu?

Pertama-tama, jangan coba-coba meremehkan monitor satu ini.

Spesifikasi

LG Gaming Monitor Campaign

– Ukuran Layar : 31.5
– Tipe Panel : VA
– Backlight Teknologi : LED backlight
– Resolusi (maks.) : 1920×1080
– Kecerahan : 300
– Kontras Asli (typ.) : 3000 : 1
– Sudut pandang (L / R; U / D) (CR> = 10) : 178/178
– Waktu Respon : 4ms (GtG)
– Refresh Rate : 144Hz
– Rasio Aspek : 16 : 9
– Warna Display : 16,7 juta warna

*Disclaimer: spesifikasi ini adalah yang tercantum di toko Pemmz. Mungkin berbeda di setiap distributor.

Pandangan Pertama

Bentang layar sebesar 31.5-inch dihadirkan dalam balutan kemewahan yang tampak lembut, menjadikannya sebagai sebuah monitor yang berkuasa di atas meja yang penuh dengan keyboard dan mouse.

EX3200R merupakan sebuah monitor dengan case yang menampilkan argumen tersendiri, lengkap dengan bezel plastik tipis yang melingkari sisi bentang layarnya. Ukuran 31.5-inch terkesan besar, namun ia berdiri kokoh berkat base logam yang bekerja baik dalam menopang stabilitas monitor ketika diletakkan di atas meja. Dan meski desainnya ramping, monitor satu ini masih memakan banyak ruang.

Base logam itu membantu monitor diposisikan sesuai keinginan pengguna, entah itu ke depan atau ke belakang; maupun dirotasi dari tepi ke tepi. Dari luar, monitor tersebut terlihat profesional. Desainernya terlihat sangat serius dalam menyodorkan sebuah monitor gaming yang justru tidak terlihat seperti monitor gaming.

Yaa … mungkin kita semua tahu bahwa kebanyakan monitor gaming terlihat sangar dan gahar, dengan segala aksen warna merah atau logo merk gahar tertempel di badannya. Namun sungguh, tampaknya EX3200R tidak menampakkan itu semua. Seakan-akan ia dibuat untuk kalangan profesional berdasi yang lebih mementingkan keanggunan sebuah produk.

Tetapi jelas monitor satu ini punya kelas tersendiri.

Performa

Sesaat setelah menyalakan EX3200R, ada sesuatu yang berbeda, yang terlihat dengan jelas. Dan ini bisa kita lihat dari tingkat refresh rate sebesar 144Hz, yang bekerja dua kali lebih cepat dibanding monitor kebanyakan dengan tingkat spek yang kurang lebih sama.

Karena itulah segala macam visual yang kamu lihat di atas EX3200R bakal tampak lentur dan lembut, karena angka refresh ratenya juga sangat besar. Dukungan AMD Freesync juga berarti kelebihan tersendiri ketika kamu memakai kartu grafis keluaran Radeon, di mana angka keluaran (output) yang ada bakal diselaraskan dengan refresh rate monitornya. Pada gilirannya, ini akan mencegah munculnya screen tearing sekaligus membantu memperhalus visual secara dramatis.

Dalam kondisi normal, rasio kontras yang sanggup diproduksi oleh monitor tersebut mencapai angka 2060:1, dan ini bukanlah angka biasa. Angka sebesar itu berkontribusi banyak terhadap kualitas gambar yang sangat jernih di atas monitor EX3200R. Singkat cerita: monitor ini bisa melakukan render warna sangat cerah, selain hitam yang sangat pekat, tanpa kehilangan ketepatan di antaranya. Jadi bisa dipastikan warna yang direproduksi monitor tersebut akan terlihat sangat fantastis.

Desainnya yang menarik, kualitas layar yang sangat oke, dan refresh rate yang sangat lembuh, membuat BenQ EX3200R tampil sebagai monitor gaming 1080p yang patut dimasukkan ke dalam daftar belanja kamu.