Saya butuh Laptop Gaming Senyap

Laptop gaming Senyap

Ilustrasi laptop gaming (kredit: Flickr)

Laptop gaming senyap? Yak, jenis laptop seperti itu kemungkinan besar bakal diperlukan oleh para gamers yang menuntut lingkungan gaming yang tidak berisik, supaya mereka bisa konsentrasi memainkan segala macam aksi gim yang terhidang di atas layar. Adakah laptop semacam itu?

Tentu saja ada, namun hal pertama yang perlu dicermati adalah mencari laptop dengan perangkat keras yang tidak berisik ketika dioperasikan. Akan tetapi ada beberapa hal yang juga perlu dicatat lebih dulu.

LG Gaming Monitor Campaign

Sangat mustahil bagi kita untuk mendapatkan sebuah laptop yang benar-benar senyap, alias tidak mengeluarkan suara sama sekali. Memang ada beberapa model laptop yang mengeluarkan suara berisik dalam jumlah yang masih bisa ditolerir, namun kalau benar-benar mencari yang senyap sepenuhnya, maka kamu akan kesulitan.

Akan tetapi tetap ada langkah yang bisa dilakukan untuk mereduksi jumlah suara berisik yang keluar dari laptop. Bahkan, pengguna laptop bisa mengindarinya (ingat, menghindari, bukan melenyapkan sepenuhnya).

  • Supaya laptopmu tetap keren dan tidak besuara berisik, pastikan bahwa perangkatnya memiliki lubang sirkulasi yang baik. Dengan kata lain, pastikan tidak ada yang menghalangi kipas laptop yang terpasang di dalam perangkat. Tempatkan laptop di atas meja, dan jangan biarkan apapun menghalangi kipas laptop ketika bekerja.
  • Kalau kebetulan laptopmu menggunakan kartu grafis NVidia, gunakanlah “WhisperMode”, sebuah pengaturan yang tersedia di laptop apapun yang berbasis Nvidia GeForce GTX 1060 atau lebih tinggi. NVidia mengklaim bahwa mode tersebut akan mereduksi suara berisik dari kipas laptop sebesar 50 persen.
  • Kalau kamu tidak keberatan memainkan gim lewat TV (dengan potensi lag yang mungkin muncul, kamu juga bisa menggunakan sesuatu seperti Steam Link untuk memainkan gim kesukaan di ruang lainnya. Tentu saja laptopnya masih akan mengeluarkan suara berisik, namun kamu takkan mendengarnya karena biasanya orang meletakkan TV di ruang lain.
  • Kalau segala cara di atas sudah dilakukan dan tidak berhasil, pasanglah sebuah headset gaming. Jadi kamu bisa lebih berkosentrasi pada gim yang sedang dimainkan.

Pasar laptop sebetulnya memberi beberapa opsi perangkat yang kurang lebih tidak bersuara berisik. Kami punya daftar yang bisa jadi acuan:

  1. Dell Inspiron 15 7566

Kami menawarkan perangkat satu ini di rentang harga Rp 14-jutaan. Dell Inspiron 15 7566 bisa jadi pilihan ketika kamu menginginkan perangkat gaming yang sekaligus bakal menemanimu bekerja.

Display : 15.6-inch FHD (1920 x 1080) Anti-Glare LED-Backlit Display | Processor : 6th Generation Intel® Core™ i7-6700HQ Quad Core (6M Cache, up to 3.5 GHz)| Memory : 8GB DDR4| Hard Drive : Dual drives with 128GB Solid State Drive + 500GB 5400 rpm Hard Drive | Graphics : nVidia GeForce GTX960M 4GB GDDR3

2. MSI GS63VR 7RF

Keyboardnya nyaman digunakan, kecepatan transfernya oke, kemampuan grafisnya bagus dan performa keseluruhan juga sangat ciamik. Chasisnya juga atraktif. Kami menjual MSI GS63VR 7RF dengan tebusan Rp 31,9-jutaan. Untuk versi elit 7RG, kami menjualnya sebesar Rp 43,9-jutaan.

Display : 15.6″ FHD, Anti-Glare (1920*1080) eDP IPS-Level | Processor : Intel® Core™ i7-7700HQ | Memory : 16GB*1 DDR4 | Hard Drive : 256GB NVMe SSD +1TB (SATA) 7200rpm | Graphics : nVidia Geforce GTX 1060, 6GB GDDR5

3. Acer Predator Triton 700

Di kleas laptop gaming, Acer Predator Triton 700 dikenal sebagai yang tertipis untuk kelasnya. Tampilan tipis, mechanical keyboard elegan, dan desain Nvidia Max Q membuatnya tampak garang sekaligus cantik. Kami menjualnya dalam status pre-order seharga Rp 55,9-jutaan.

Display : 15.6” FHD  1920 x 1080  IPS, G-SNYC | Processor :  Intel® Core™ i7-7700HQ Processor (6M Cache, up to 3.80 GHz) | Memory : 2×16 GB Dual-channel DDR4 2133 MHz | Hard Drive : 2x256GB GB PCIe NVMe SSD + 1 TB | Graphics :  NVIDIA® GeForce® GTX 1080 with 8 GB of GDDR5