Tips: Cara Merekam Layar Laptop atau PC Desktop

layar laptop direkam

Merekam layar laptop biasanya jadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh seseorang yang misalnya: demen membuat tutorial gaming dan membaginya ke Youtube. Selain itu, mereka yang demen bikin tutorial software pasti juga mengenal kegiatan itu dan mungkin sudah menekuninya selama bertahun-tahun.

Merekam kejadian di layar laptop atau PC Desktop sebetulnya mudah. Kamu bisa mulai dari mengunduh perekam layar gratis. Ada beberapa opsi yang tersedia, namun mungkin untuk awal kamu mesti sadar bahwa Windows sudah memiliki alat perekam layar bawaan. Alat ini memang tersembunyi di aplikasi Xbox pre-install.

Lalu kamu juga bisa merekam kegiatan di atas layar lewat jendela peramban tanpa mengunduh atau memasang program besar. Semuanya tergantung pada apa yang ingin direkam, perangkat keras yang digunakan dan seberapa banyak waktu yang dibutuhkan.

Sebelum tahu cara menggunakan alat perekam layar bawaan, sebaiknya kamu pelajari beberapa software gratis di bawah ini:

  1. Gunakan Flashback Express

Ini adalah sebuah software bagus yang akan membantumu merekam kegiatan di atas layar laptop dengan mudah. Flashback Express disukai karena lebih fleksibel.

Unduh dan pasang softwarenya, kemudian klik “Record your screen” guna menemukan berbagai macam pilihan pengaturan kustom. Di sana kamu bisa memilih apakah ingin merekam seluruh layar, jendela spesifik, atau area tertentu yang dipilih dengan mouse atau webcam yang kamu gunakan. Lalu kamu juga bisa membuatnya lebih detil lagi, seperti misal apakah hasil rekamannya akan memasukkan suara dari mic, speaker atau keduanya.

Menggali lebih dalam ke menu berarti kemungkinan untuk memperoleh lebih banyak pilihan, termasuk kemampuan untuk memisahkan audio yang direkam dari berkas video (yang bakal membantu penyuntingan nantinya), membatasi waktu rekaman maupun ukuran berkas, dan masih banyak lagi pilihannya. Pengguna bahkan bisa menjadwalkan sesi rekaman, atau menentukan kapan aplikasi spesifik harus dibuka.

Setelah mengatur segala hal yang dibutuhkan, kamu bisa mulai merekam. Selesai dengan sesi rekaman, kamu bisa melihat hasilnya di FlashBack Express 5 Player yang disertakan dalam paket unduhan. Di sanalah kamu bisa membuat penyesuaian seperti cropping, memotong video, dan lain sebagainya.

Kalau ingin merekam gim, kami merekomendasikan FBX yang memang didedikasikan untuk merekam kegiatan gaming. Aplikasi ini disediakan oleh Blueberry Software.

2. Apowersoft

Kalau tidak ingin direpotkan dengan urusan instalasi program, kamu bisa merekam layar PC dari peramban apapun, menggunakan Apowersoft Free Online Screen Recorder. Dalam banyak hal, ia lebih baik dibanding kebanyakan software desktop untuk keperluan yang sama.

Yang perlu kamu lakukan adalah mengunjungi situs Apowersoft dan kemudian mengklik opsi “Start Recording”. Sebuah launcher aplikasi akan terbuka, di mana kamu akan menemukan sebuah bar recording.

Karena sifatnya online, kamu bisa merekam selama kamu mau tanpa tambahan fitur apapun. Kamu bisa merekam langsung dari layar atau dari sebuah webcam. Bahkan pengguna bisa memasukkan catatan ketika proses perekaman berlangsung – dan ini menjadikannya ideal untuk membuat tutorial atau presentasi.

Begitu selesai, klik tombol pause. Hasil rekaman akan disimpan di folder Documents dalam format MP4.

3. Windows Game Bar

Meski tersembunyi, namun Windows 10 memiliki alat perekam layar bawaan, yang ditujukan untuk merekam gim. Kalau ingin menemukannya, bukalah aplikasi Xbox kemudian tekan tombol [Windows]+[G] di keyboard dan klik opsi “Yes, this is a game” atau semacamnya.

Klik ‘Start Recording’ atau tap bagian [Windows]+[Alt]+[R] untuk memulai sesi rekaman, kemudian gunakan shortcut yang sama ketika kamu selesai. Video yang terekam akan disimpan di dalam folder Videos/Caputre dalam format MP4.

Untuk melakukan kustomasi pengaturan perekam, masuk ke dalam aplikasi Xbox dan akses opsi Game DVR. Kamu tidak bisa memilih lokasi penyimpanan file rekaman, namun kamu bisa memilih pengaturan kualitas, atau memutuskan apakah rekaman akan menggunakan aduio atau tidak. Dan kamu juga bisa mengatur panjang video yang direkam.

Sayangnya tidak semua perangkat Windows 10 bisa memanfaatkan Game Bar. Sebab aplikasi ini hanya bisa digunakan bila pengguna memasang kartu grafis yang mendukung salah satu encoder seperti Intel Quick Sync H.260, NVidia NVENC, dan AMD VCE.

loading...

Tinggalkan Balasan