Fakta Seputar Touch Screen, Teknologi yang Akrab dengan Kita

Seputar Touch Screen

Siapa sih yang tidak mengenal teknologi seperti touch screen? Mulai dari mesin ATM sampai ponsel pintar yang kita gunakan, teknologi macam itu sudah menjangkau setiap relung kehidupan kita. Di dalam fakta seputar touch screen, yang perlu kamu tahu pertama-tama adalah: teknologi ini sudah ada sejak lama. 

Sekarang, menyentuh layar untuk kemudian menyapunya menjadi sebuah kegiatan alamiah, artinya kebanyakan orang menganggap semua jenis layar memiliki teknologi macam itu. Akan tetapi pertanyaannya: kapan teknologi touch screen pertama kali ditemukan?

  1. Muncul sejak 1948, dekat dengan komputer mulai 1960-an

Mungkin agak mengherankan ketika kita tahu bahwa teknologi touch screen digunakan pertama kalinya di ranah industri musik, persisnya ketika Hugh Le Caine muncul dengan perangkat yang disebut Electronic Sackbut. Perangkat ini merujuk pada sebua komponen musik, yakni touch sensitive synthesizers yang membutuhkan papan kontrol dan keyboard piano agak bisa beroperasi dengan baik.

Instrumen musik tersebut menggunakan sentuhan untuk mengontrol volume, dengan cara menekan permukaan keyboard. Begitu ditekan, tekstur musik akan berubah.

LG Gaming Monitor Campaign

Teknologi ini sempat mati suri untuk beberapa lama, namun pada tahun 1960-an, teknologi touch screen digunakan pertama kalinya dengan komputer. Adalah E.A. Johnson yang nongol sebagai orang pertama yang mengaplikasikan penggunaan touch screen berbasis jari manusia.

Teknologi tersebut kemudian dikembangkan menjadi resisitive touch screen, di mana Dr. G. Samuel Hurst mengembangkannya pada tahun 1970 (ada juga yang bilang tahun 1971). Perusahaan Elographics milik Hurst kemudian mengembangkan dan mematenkan hak cipta untuk teknologi resisitive pada tahun 1977.

2. Layar sentuh paling keren pernah dibuat Nokia

Pada 2010, sekelompok tim di Nokia Research Centre menciptakan sebuah layar sentuh yang rasanya paling nggak umum speknya. Dahsyatnya, mereka kemudian memberi makna baru pada konsep layar sentuh. Ketika itu mereka menciptakan dinding es sebesah 2×1.5 meter guna menunjukkan bagaimana layar sentuh bekerja di permukaan selain layar komputer.

3. Perangkat ponsel pertama yang menerima teknologi layar sentuh

Bellsouth dan IBM merupakan dua perusahaan pertama yang merilis ponsel layar sentuh pertama. Dan ini terjadi pada tahun 1993. Apple kemudian mengikuti langkah mereka berdua dengan dengan menciptakan versi ponsel layar sentuh yang diberi nama Newton. Meski begitu, Apple dulunya mengaplikasikan teknologi itu ke atas PDA – Personal Digital Assistant – yang sempat kondang sebagai perangkat komunikasi utama di tahun 1990-an.

Sederhananya, itulah era di mana ponsel pintar pertama muncul dan mulai menancapkan kukunya.

4. 1980-an adalah Era komersialisasi Touch Screen

Awal tahun 1980-an adalah era di mana teknologi layar sentuh mulai sering dipakai, dan diaplikasikan di berbagai ranah. Merk Hewlett-Packard membuat sebuah komputer layar sentuh pertama yang bernama HP-150.

Universitas Toronto kemudian membuat langkah besar dengan mengembangkan teknologi layar multi sentuh. Tahun 1982 mereka menemukan perangkat layar multi sentuh pertama yang dikontrol manusia. Layar multi sentuh mewakili sebuah kesederhanaan makna: ia bisa mendeteksi lebih banyak sentuhan tangan di atas layar.

Penemuan universitas Toronto itulah yang kemudian memberi lebih banyak manfaat di jaman sekarang, terutama ketika orang menemukan lebih banyak tablet dan ponsel pintar yang memanfaatkan fitur semacam itu.

5. Ponsel Nokia pertama dengan layar sentuh adalah?

Dia adalah Nokia 7710 yang dulu dirilis pertama kalinya pada 2004. Ketiadaan keypad berarti bahwa pengguna mesti menggunakan stylus untuk mengoperasikan layar ponsel. Ketika itu Nokia memoles sebuah fitur paling inovatif di zamannya, yang fitur tulisan tangan di atas layar ponsel dan mengirimkannya langsung melalui teknologi MMS.