Laptop di 2018: Daftar Harapan yang Bisa Disematkan

pilihan

Sebelumnya kami telah melakukan refleksi atas apa yang sudah terjadi di 2017 yang baru saja berlalu. Mulai dari kehadiran laptop dengan prosesor Intel Core generasi ke-8 sampai generasi terbaru laptop ‘Always Connected’, 2017 bolehlah kita nilai sebagai tahun yang lumayan semarak. Karena sudah lumayan semarak, jadinya kita bisa berharap lebih banyak kejutan yang mampir ke pasar laptop di 2018 ini.

Nah …. ini dia daftar harapan yang bisa disematkan ke atas pundak pasar laptop dan teknologi yang baru saja berjalan di tahun 2018 ini:

  • Intel dan AMD: Dulu Perang, mungkin Sekarang Mulai Akur

Laptopmag meriberita yang agak sedikit mengejutkan: Intel dan AMD bakal bekerjasama merakit sebuah prosesor. Kabar ini jelas menarik, sebab dua perusahaan itu sudah sejak lama bertempur di bidang produksi mikroprosesor.

LG Gaming Monitor Campaign

Akhirnya mereka mungkin mulai akur, sebab keduanya dikabarkan mengumumkan kerjasama untuk produksi prosesor dengan CPU Intel dan GPU buatan AMD. Kalau itu terjadi nantinya, chipset prosesor baru itu akan lebih baik dari segi performa grafis, dibandingkan prosesor Intel generasi sebelumnya.

  • Dua pembaharuan Besar untuk Windows 10

2018 agaknya bakal menjadi tahun besar untuk Windows 10, sebab Microsoft mengumumkan bahwa pengguna akan menikmati dua pembaharuan besar-besaran di musim gugur dan musim semi. Sebuah codename “Redstone 4” menjadi sinyal yang memberi tahu bahwa akan ada banyak fitur baru yang dihadirkan Microsoft ke dalam Windows 10.

Jadinya nanti akan ada banyak peningkatan, termasuk penambahan fitur Timeline yang merekam sejarah penggunaan Windows. Lalu ada fitur lain seperti Sets yang membantu pengguna membuat grup aplikasi untuk setiap jenis pekerjaan yang berbeda. Dari segi desain, Microsoft kabarnya akan membuat sistem operasinya itu jadi tampak lebih minimalis dan lancar, seperti yang sekarang bisa kita temukan di aplikasi seperti Edge.

  • Pengguna Mac bisa memasang aplikasi berbasis iOS

Beberapa minggu sebelum penghujung tahun baru, Apple dilaporkan bakal membuat segalanya tampak lebih mudah bagi pengembang yang ingin membangun sistem aplikasi universal. Artinya, aplikasi universal itu nantinya bisa bekerja baik di lingkungan desktop maupun di lingkungan sistem OS mobile.

Apa yang bakal dilakukan oleh Apple nantinya mirip dengan apa yang sudah dilakukan oleh Microsoft sejak lama, di mana nama terakhir ini mengupayakan supaya satu program bisa digunakan di semua platform Windows. Inisiatif Apple ini konon katanya akan menemukan wujudnya pada bulan Juni 2018, persisnya di ajangan Apple Worldwide Developer Conference.

  • Kartu Grafis NVidia Volta bakal Dirilis

Seri GPU ‘Pascal’ milik NVidia sudah terlihat jelas di beberapa produk seperti GTX 1050, 1060, 1070, dan 1080. Semuanya tentu pernah kita lihat terpasang di laptop kesayangan yang basisnya diproduksi untuk para gamers. Meski begitu, semua seri ‘Pascal’ tersebut sudah berumur lebih dari satu tahun dan rasanya sudah siap untuk dipensiunkan.

Nah, di tahun 2018 ini NVidia bersiap memperkenalkan GPU laptop yang dibangun berdasarkan arsitektur Volta. Dengan demikian gamers dan orang-orang yang tergila-gila dengan VR bisa berharap lebih banyak pada kekuatan tempur memadai untuk menjalankan aplikasi kekinian.

  • CPU Intel 6-core untuk Laptop Gaming dan Workstation

Ketika mengumumkan platform prosesor Intel Core generasi ke-8 bulan Agustus 2017 silam, perushaan ini juga mengumumkan kemungkinan munculnya chipset dengan watt yang lebih besar di masa depan. Performa yang lebih paten dan kinerja yang lebih oke merupakan dua hal yang dijanjikan Intel.

Dan pada 2018, agaknya kita akan melihat versi terbaru prosesor seri H besutan Intel, yang agaknya bakal dipakai di setiap laptop gaming dan workstation. Prosesor Intel seri H sudah lama dikenal memakai empat inti. Namun di 2018, seri itu akan menawarkan enam inti prosesor. Jadi nantinya semua CPU Intel di atas Core i3 akan memiliki enam inti. Lalu ada juga kemungkinan Core i9 untuk muncul di 2018 ini yang, bersama Core i7, akan memiliki 12 threads.