Samsung Bersiap Merilis Prosesor Exynos 9810 Terbaru

Prosesor Exynos 9810

Beberapa waktu lalu Samsung mengumumkan kehadiran prosesor Exynos 9810 yang diperkenalkan sebagai generasi teranyar prosesor mobile mereka. Dan baru-baru terpetik kabar kalau Samsung bakal merilis prosesor tersebut ke pasaran pada 4 Januari mendatang.

Kabarnya Samsung akan memperkenalkan prosesor Exynos 9810 di ajang Consumer Electronic Show (CES) di Las Vegas. Di ajang itulah kelebihan generasi Exynos terbaru, yang konon katanya bakal ditanamkan untuk Samsung Galaxy S9, bakal diperlihatkan kepada publik.

Exynos 9810 disebut-sebut sebagai prosesor mobile yang diproses menggunakan teknologi 10nm. Anak kandung Samsung itu sebetulnya lebih dulu mengumumkan ambisi mereka – di bulan Oktober 2017 – memproduksi prosesor 8nm. Secara terpisah, Samsung juga disebut-sebut sedang memproduksi prosesor 7nm dengan Extreme Ultra Violet. Akan tetapi tampaknya baik 7nm maupun 8nm belum akan dirilis pengumumannya ke publik dalam waktu dekat.

LG Gaming Monitor Campaign

Jadinya kita di sini hanya bisa berharap kehadiran prosesor 10nm produksi Samsung yang diberi nama Exynos 9810. Di saat yang hampir bersamaan, Qualcomm juga mengumumkan kehadiran Snapdragon 845 yang diproses menggunakan teknologi yang sama. Biasanya Samsung menawarkan dua opsi prosesor untuk setiap ponsel flagship mereka. Satu opsi menggunakan Exynos, sementara yang lain menggunakan Qualcomm. Mungkin nantinya Samsung masih akan menerapkan formula serupa untuk Galaxy S9 mereka.

Sayang sekali Samsung masih belum sepenuhnya merilis info spesifikasi prosesor terbaru mereka ke publik. Kecuali sedikit penegasan bahwa Exynos 9810 akan hadir dengan modem terbaru Category 18 LTE, Samsung tidak memberi keterangan lain. Modem tersebut diperkenalkan Samsung di awal tahun 2017, dan merupakan satu perangat yang sanggup mencapai puncah kecepatan unduh sebesar 1.2 Gbps.

Lalu satu hal lain yang juga sudah pasti: Exynos 9810 bakal dihadirkan dengan GPU yang sudah ditingkatkan kualitasnya, meski tidak ada info lebih lanjut tentang GPU macam apa yang digunakan untuk prosesor baru itu. Tetapi mungkin Samsung akan memperbarui GPU yang dipakai, dan nantinya yang dihadirkan adalah Mali-G72.

Diumumkannya Exynos 9810 sebetulnya hanya satu dari sekian banyak berita menarik yang dirilis Samsung. Bebeapa sumber menyebutkan kemungkinan implementasi teknologi AI (kecerdasan buatan) ke dalam prosesor terbaru mereka. Meski begitu belum diketahui apakah Exynos 9810 benar-benar akan mengimplementasikannya.

Dan kalau benar, smartphone tipe apapun yang memperoleh prosesor tersebut nantinya akan memiliki kecerdasan buatan sama seperti yang dipakai di prosesor Apple A 11 (produksi Apple yang digunakan di iPhone 8, 8 Plus, dan X) dan Kirin 970 (produksi Huawei). Rumor yang berkembang di luar menyebut kerjasama (konon kabarnya sudah sampai pada tahap investasi) yang dilakukan Samsung dengan perusahaan manufaktur DeePhi Tech. Perusahaan ini pada prinsipnya mewakili sebuah nama perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan kecerdasan buatan. Kebanyakan produk mereka sudah diterapkan di banyak perangkat keras, termasuk laptop, smartphone, dan prosesor.

Tetapi sekali lagi, karena baru sebatas rumor, sebaiknya kamu tidak berharap lebih banyak. Namun yang sedang kita lihat di sini adalah sebuah peta persaingan, di mana kecerdasan buatan tampak sebagai salah satu ujung tombak yang meningkatkan kualitas teknologi prosesor mobile. Kalau Apple dan Huawei sudah melakukannya, kecil kemungkinan hal serupa ditinggalkan oleh Samsung.

Sebagai catatan tambahan, Exynos 9810 merupakan prosesor yang ditengarai lebih baik sebesar 15% dari segi efisiensi konsumsi daya, yang berarti lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Performanya juga konon akan naik sekitar 10% dibandingkan model sebelumnya. Terakhir, prosesor yang diproduksi dengan teknologi 10nm itu tergolong jenis LPP (Low Power Plus), yang merupakan turunan dari generasi pertama prosesor mobile 10 nm, LPE (Low Power Early).