Membaca Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus oleh Pengirim

membaca pesan whatsapp

Sudah agak lama WhatsApp menambahkan fitur “Delete for Everyone” yang memungkinkan seorang pengirim pesan untuk menghapus pesan apapun yang sudah dikirim sebelumnya. Fitur ini akan sangat berguna, terutama untuk menghindari penerima membaca pesan WhatsApp yang salah kirim atau mengandung muatan tertentu yang membuat tidak nyaman.

Hanya saja apakah pesan yang sudah terhapus benar-benar hilang dari ponselmu? Beberapa laporan mengatakan bahwa pesan WhatsApp yang sudah dihapus (baik untuk penerima maupun pengirim pesan) sebetulnya tetap tinggal di ponsel – persisnya di bagian log notifikasi di dalam perangkat ponsel pintarmu. Dan untungnya pesan yang terhapus itu masih bisa diakses dengan mudah.

Jadi sebetulnya yang perlu dilakukan untuk membaca pesan yang dihapus untuk penerima dan pembaca hanyalah mengakses jejak pesan yang disimpan di dalam register notification di dalam sistem Android.  Kelihatannya tidak begitu sulit.

LG Gaming Monitor Campaign

Bagaimana Membaca konten WhatsApp yang sudah Dihapus

Mudah saja, yang perlu kamu lakukan hanyalah menghidupkan ponsel dan mulai mengakses Google Play Store dan mencari aplikasi yang sesuai untuk itu. Di titik ini ada beberapa langkah yang mesti dilakukan:

  1. Gunakan aplikasi pihak ketiga bernama Notification History, yang bisa diunduh melalui Google Play Store.
  2. Setelah mengunduh dan memasangnya dengan baik, pengguna bisa mencari pesan yang sudah terhapus melalui log notifikasi Android. Mereka yang menggunakan launchers pihak ketika seperti Nova Launcher bahkan bisa melakukannya dengan mudah.

Tetapi tanpa tambahan aplikasi sekalipun, pengguna tetap bisa mengakses log notifikasi Android dengan mudah. Cukup tekan layar home, kemudian tap di bagian Widgets . Activities > Settings > Notification Log. Setelahnya kamu bisa mengakses sistem log notifikasi.

Kalau kamu memiliki launcher murni dari Android, widget Settings bahkan bisa memberi akses ke log notifikasi di dalam sistem.

Kedua cara di atas mudah dilakukan dan bekerja dengan baik di sejumlah perangkat Android. Meski demikian tetap ada keterbatasan. Misalnya: hanya pesan yang sudah dibaca oleh kedua belah pihak yang bisa dikembalikan. Pesan yang belum dibaca oleh penerima tidak bisa dikembalikan atau dibaca ulang menggunakan cara-cara di atas. Sekali ponsel kamu dihidupkan ulang, maka log notifikasi akan dibersihkan dari catatan-catatan notifikasi.

Keterbatasan yang lain adalah metode ini hanya akan memperlihatkan 100 karakter pertama dari pesan yang sudah dihapus. Lagipula, cara ini hanya akan bekerja baik untuk pengguna yang memiliki perangkat Android 7.0 dan seterusnya. Catatan terakhir: pengguna hanya bisa mengembalikan pesan dalam bentuk teks, dan bukan dalam bentuk gambar atau video.

 

Jadi kamu mesti mempelajari betul keterbatasan yang muncul ketika berusaha mengembalikan teks pesan yang sudah dihapus oleh pengirim. Yang pertama dan perlu digarisbawahi adalah versi Andorid yang kamu pakai. Kalau Androidmu masih memakai versi kurang dari 7.0, maka dipastikan kamu takkan bisa melakukan trik di atas.

Di luar trik macam ini, fitur Delete for Everyone sebetulnya berguna untuk meminimalisir salah paham, terutama apabila kamu salah menulis pesan atau mengirim kalimat yang ditengarai bisa menimbulkan kesalahpahaman. Dalam bingkai yang lebih besar, fitur tersebut dianggap sebagai fitur tambahan yang mengubah lanskap WhatsApp menjadi aplikasi tukar pesan yang lebih menarik.

Pada akhirnya, membaca pesan Whatsapp yang sudah dihapus tidaklah sesulit yang mungkin kamu bayangkan. Mungkin kamu juga bisa menganggapnya sebagai penemuan WhatsApp paling menarik setelah fitur ‘Send Receipts’ yang memberi tanda dua strip berwarna biru, yang bilang bahwa pesanmu sudah dibaca oleh penerima.