Berhenti Mengunduh Video dan Gambar lewat Whatsapp Secara Otomatis

WhatsApp

Clingg … sebuah pesan Whatsapp masuk ke dalam ponsel pintarmu, isinya gambar dan satu buah video. Sementara ponselmu dilanda kegalauan karena kapasitas brankas virtualnya yang makin terkuras karena banyaknya video dan gambar yang otomatis masuk ke dalam penyimpanan internal ponsel. Adakah cara untuk berhenti mengunduh video dan gambar lewat Whatsapp secara otomatis?

Tentu saja ada, dan caranya tidak begitu sulit. Bagi beberapa orang sistem unduhan gambar dan video yang otomatis dilakukan oleh Whatsapp relatif mengganggu, terutama karena pada akhirnya pengguna akan menemukan banyak sekali berkas gambar dan video yang masuk ke dalam penyimpanan internal. Dan kalau kamu merasa terganggu juga dengan fitur tersebut, begini cara mematikannya.

  • Untuk Pengguna berbasis Android

Whatsapp untuk platform Android memiliki tombol yang membantumu menghentikan unduhan video dan gambar secara otomatis. Yang perlu kamu lakukan hanyalah memenuhi prosedur di bawah ini. Sedikit catatan, cara ini hanya berlaku untuk pengguna Whatsapp Android versi 2.17.427. Jadi pastikan WhatsApp-mu sudah memiliki versi terbaru.

  1. Buka aplikasi Whatsapp, dan pastikan kamu melihat jendela aplikasi utama di mana semua rekaman pesan ada di atas layar ponselmu. Kemudian tap di bagian tiga titik vertikal di pojok kanan atas. Kamu akan melihat opsi Settings di sana. Masuklah ke bagian itu.
  2. Setelahnya tap di bagian pengaturan Data and Storage Usage kamu akan melihat opsi bertuliskan Media auto-download. Di sana ada tiga opsi unduhan berkas gambar maupun video, yakni ‘when using mobile data’, ‘when connected on Wi-Fi’, dan ‘when roaming’. Tap salah satu opsi untuk memilih salah satu (atau lebih dari satu) jenis berkas yang boleh diunduh secara otomatis. Atau … kamu bisa menghilangkan semua centang untuk segala jenis berkas. Setelahnya WhatsApp tidak akan lagi mengunduh segala macam berkas secara otomatis.
LG Gaming Monitor Campaign

Untuk melihat berkas gambar yang dikirim seseorang melalui Whatsapp, kamu harus mengunduhnya secara manual. Ketika melakukannya, maka WhatsApp akan menyimpan berkas itu di folder khusus. Walhasil semua jenis gambar dan video akan bisa dilihat di aplikasi Gallery di ponselmu – termasuk meme konyol yang mungkin kamu unduh.

Meski begitu cara kerjanya, kamu tetap bisa mencegah unduhan berkas WhatsApp tampil di Gallery. Begini caranya:

  1. Unduh aplikasi Quickpic di Google Play Store dan bukalah aplikasi tersebut.
  2. Arahkan navigasi ke folder WhatsApp media. Lokasi folder bisa jadi berbeda di antara satu perangkat ke yang lain, namun seharusnya mereka tersedia di: Internal Storage > WhatsApp > Media. Dari jendela ‘media’, ada tiga sub-folder yang terlihat, yakni WhatsApp Videos, WhatsApp Images, dan WhatsApp Audio.
  3. Tekan dan tahan folder WhatsApp Images untuk memilih salah satu folder. Lakukan hal sama untuk dua folder lainnya.
  4. Setelah memilih semua folder yang ada, tap bagian ikon tiga titik di bagian kanan atas dan pilih opsi Hide. Cara ini akan memastikan bahwa semua jenis berkas video dan gambar tidak nongol di aplikasi Gallery pada ponsel kamu.
  • Untuk Pengguna Berbasis iPhone

Caranya hampir sama seperti ponsel berbasis Android, di mana kamu harus mengakses menu Settings dengan terlebih dulu membuka aplikasi WhatsApp.

  1. Buka aplikasi WhatsApp dan tap tombol Settings di bagian kanan, dan tap pada bagian Data and Storage Usage
  2. Di bagian menu ini kamu akan melihat opsi Media Auto-Download, persisi di bagian atas.
  3. Pilih opsi Never untuk semua jenis berkas Documents, Videos, dan Audio.

Mudah bukan? Setelah melakukannya, yang akan ada di dalam penyimpanan internalmu hanyalah gambar, dokumen, atau video dari WhatsApp yang memang benar-benar kamu inginkan.