Review HG OSMI 2.0 Mini-ITX PC Case – Casing PC Premium Koleksi Para Sultan

Bosan dengan Casing PC yang itu-itu aja bentuknya? Atau sedang berencana membangun mini-PC dengan spesifikasi midrange? Nah, kebetulan kita mendapat kiriman dari sebuah pabrikan PC Case custom asal daratan Eropah nih. Sebuah mini-ITX PC Case yang menawarkan tak hanya dimensi yang compact, tapi itu looks yang mewah. Ini dia, HG OSMI 2.0 Mini-ITX PC Case.

Overview HG Computer

HG OSMO 2.0 Mini-ITX PC Case

Sebagian besar kalian pasti asing dengan brand ini, wong kita juga asing dan baru pertama kali lihat langsung, xixixixixi. Sebagi info, HG Computer saat review ini ditayangkan, hanya fokus pada produk Casing PC. Tapi ia lebih segmented lagi karena produk Casing PC mereka terhitung anti-mainstream dan menyasar kalangan high-end user. Menawarkan desain mewah juga eksentrik, selain berfungsi sebagai casing PC, produk mereka juga cocok sebagai properti penghias ruangan.

HG Computer sendiri merupakan start-up asal kota Dundee, Skotlandia. Visi mereka secara garis besar adalah menghadirkan Home-Entertainment berbasis komputer multi fungsi, yang tampil mewah. Karenanya, produk casing PC mereka memiliki desain elegan.

HG OSMI 2.0 Mini-ITX PC Case

HG-OSMI-2-0-Mini-ITX-PC-Case-HighlightNah, sekarang kita masuk ke produk yang sepintas tak terlihat seperti casing PC ini. Dinamai HG OSMI 2.0 mini-ITX PC Case, dimensi keseluruhan casing berbahan aluminum ini hanya 180mm x 255mm x 180mm (WxHxD). Membuatnya menjadi salah satu Casing PC Mini-ITX terkecil dan teringan. Saat ini ia ditawarkan dengan 2 pilihan warna yakni Hitam dan Putih seperti yang Pemmzchannel review kali ini.

  • Design & Build Quality

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

HG OSMI 2.0 menggunakan konsep desain, outer-shield with clean surface area. Hmm.. jangan di google ya, karena istilah itu cuma istilah otodidak yang terlintas di benak saat pertama kali lihat, he..he..he..
Dengan begitu, sepintas ia terlihat hanya seperti sebuah lampu meja berbentuk kotak yang umumnya ada di meja ruang tamu. Bentuk persegi dan warna putihnya, membuat ia cocok untuk hampir semua jenis environment ruang. Kecuali ruang bergaya klasik mungkin. OSMI 2.0 belum menawarkan tool-less, jadi anda butuh minimal 2 jenis obeng untuk mulai merakit. Pertama, obeng (+) kedua obeng CR-V ukuran 2mm untuk membuka baju luar caing ini.

Bahan aluminumnya cukup tebal, dengan potongan yang menurut pemmzchannel, 90% nilai presisinya. Tak ada area yang tajam dan membahayakan tangan anda saat merakit. Namun, mungkin penempatan cable management-nya, tak cocok untuk semua motherboard. Ya, kalau ini wajar, dan itulah yang membuat seorang builder, tertantang. Betul?

  • Spesifikasi

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Selain dimensi dan material seperti yang sudah kita mention di atas, OSMI 2.0 menawarkan spesifikasi yang umumnya ada pada Casing PC standar. Walau, untuk urusan Expansion, ia memang ditakdirkan untuk terbatas. Sebelum membahas expansion, hal yang perlu anda perhatikan adalah saat memilih motherboard. Sesuai namanya, OSMI 2.0 Mini-ITX PC Case, ia hanya mendukung motherboard mini-ITX berukuran 17 x 17 cm. Lebih besar dari itu, tidak akan bisa masuk dan terpasang. Umumnya, Motherboard mini-ITX hanya menawarkan 1 slot PCIe x16 saja. Tanpa slot PCIe x4 atau x1 lain. So, anda akan membutuhkan banyak peripheral USB nantinya. Apalagi, jika anda berencana menggunakan dual VGA SLI atau Crossfire, kami sarankan tutup halaman ini sekarang. 😀

Untuk setup Video card, sebaiknya anda pilih yang panjangnya 18mm maksimal. Karena, lebih dari itu, akan menonjol ke permukaan luar dan kemungkinan terlihat serta merusak estetika. Geforce GTX 750Ti atau Geforce 1030 harusnya cukup untuk mentenagai sebuah HTPC. Itu, jikalau kalian tak berniat memabangun PC Gaming. Tapi jika kalian nekat, sebuah konten video di luar, ada yang sukses menancapkan GTX 1060 ke dalam OSMI 2.0 ini.

Sekarang, baru kita bahas untuk expansion lainnya khususnya opsi storage. HG OSMI 2.0 Mini-ITC PC Case ini menawarkan 2 slot HDD 2,5-inch dan sebuah slim slot-in ODD Bay. Tapi jika anda lebih memilih untuk menjadikannya HDD ke tiga, area ini bisa kita pasangkan HDD-Caddy juga kok. Hanya saja, untuk socketnya, kita harus usahakan sendiri karena pihak HG tak membekali dalam paket penjualan.

Ok, sekarang kita masuk ke opsi PSU yang bisa digunakan. Untuk PSU terbesar yang mampu ditampung OSMI 2.0 ini adalah jenis SFX. Nah, sebenarnya akan lebih baik jika anda bisa menemukan HDPlex PSU. Selain tanpa Fan, dengan posisi telanjang tanpa casing, PSU jenis ini memungkinkan kamu menginstal CPU cooler yang lebih tinggi.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Next, untuk cooling system. Secara default, HG OSMI 2.0 Mini-ITX PC Case sudah dibekali casing fan berukuran 140mm buatan Be Quite! Pure Wing 2, Yang diklaim amat minim noise karena hanya menghasilkan maksimal 18db. Untuk posisi FAN, ditempatkan di langit-langit bagian dalam dan mengarahkan hembusan udara ke bawah. Hal ini di dukung dengan desain ventilasi, yang mayoritas dilokasikan di area dasar casing. Ada juga ventilasi di atas I/O shield yang nampaknya di desain untuk membantu udara panas dari Cooling fan CPU, lebih cepat keluar. 1 hal yang kurang menurut pemmzchannel mungkin, inlet di bagian atas casing tidak dibekali removeable dust filter. Ini pastinya akan membuat debu yang tak ikut terhisap masuk, pada kongkow deh di permukaan atas casing.

Kesimpulan

Dengan harga di luar yang mencapai $199, jelas produk ini menTargetkan kalangan enthusiast. Secara konsep desain, pemmzchannel suka banget. Opsi expansion dan performa juga OK, tidak ada alasan untuk ngecengin produk satu ini. Tapi untuk kalian yang punya standar tinggi untuk material sebuah casing. Mungkin HG OSMI 2.0 Mini-ITX PC Case ini bukanlah yang terbaik. Juga untuk kualitas painting dan finishing bagian luarnya.

Tertarik? Kamu bisa pre-Order di PEMMZ via WA di 0812 1080 2845 atau, chat langusng di online store kita www.pemmz.com

loading...

Tinggalkan Balasan