Mungkin Touchpad Berhenti Bekerja, Ini Solusinya

Fungsi touchpad berhenti

Kredit foto: Softpedia

Bagi para pengguna laptop yang tidak terbiasa mengoperasikan mouse, touchpad berhenti bekerja berarti sedikit bencana. Ini biasanya ditandai dengan touchpad yang berhenti merespon gerakan jari pengguna. Biasanya solusinya mudah: tinggal pasang mouse sebagai penggantinya. Namun kami punya cara lain yang bisa membantumu

Touchpad yang berhenti bekerja bukan berarti bencana, sebab kamu selalu bisa memeriksa sumber masalahnya. Misalnya: kamu bisa merestart laptop untuk melihat apakah Ada perubahan setelahnya. Saran ini mungkin terdengar biasa bagi kamu, namun bukankah kita seringkali terlalu meremehkan hal yang biasa-biasa saja?

Bila saran di atas tidak bekerja, cobalah beberapa langkah berikut ini:

  1. Pastikan bahwa kamu tidak menonaktifkan touchpad secara sengaja.

Semua jenis laptop memiliki mekanisme kombinasi key yang justru bisa mematikan atau menghidupkan touchpad. Biasanya kamu secara tidak sengaja menahan tombol Fn (yang biasanya terlihat di bagian bawah kiri keyboard laptopmu) sembari menekan tombol lain.

Tombol lain yang bisa ditekan kemungkinan besar antara F1 sampai F12, meski bisa jadi tombol lain. Karena itu periksalah keyboard laptopmu dan perhatikan ikon kecil pada beberapa keys. Carilah ikon yang menyimbolkan touchpad.

Kalau kamu tidak tahu tombol key mana yang menyimbolkan touchpad, carilah informasi tentang itu di buku panduan perangkatmu. Dan kalau sudah ketemu, langkah selanjutnya adalah menekan ulang kombinasi tombol (Fn + F…) untuk menghidupkan fungsi touchpad kembali.

2. Periksa pengaturan touchpad

Bila cara nomer satu tidak menyelesaikan masalah, periksalah pengaturan touchpad. Di lingkungan Windows 8 atau 7, pengaturan macam itu bisa dicari melalui mouse settings. Kamu bisa membuka pengaturannya dengan memanfaatkan fitur search dan kemudian mengetikkan mouse settings. Setelah sebuah laman terbuka, pilih Change mouse settings.

Di lingkungan Windows 10, pengaturan touchpad bisa diakses dengan cara mengklik tombol Windows dan arahkan ke Settings >> Devices >> Touchpad. Cara ini akan membawamu ke laman pengaturan Touchpad, di mana kamu bisa menghidupkan fungsi touchpad, sekaligus memeriksa opsi lain yang tersedia. Periksalah bagian ini dengan seksama guna menemukan hal-hal yang membuat touchpadmu tidak bekerja dengan baik.

3. Laptopmu mungkin membutuhkan driver baru

Bila dua cara di atas tidak bekerja dengan baik, pergilah menjelajahi situs vendor laptopmu. Carilah nomor model perangkatmu di sana dan pastikan bahwa kamu mencari touchpad driver. Bila beruntung kamu akan menemukan driver yang bisa diunduh dan dipasang di laptopmu.

Terkadang masalah touchpad yang berhenti bekerja dikarena oleh konflik driver dengan software lain yang terpasang di laptopmu. Nah, driver toouchpad terbaru bisa membantumu mengatasi hal tersebut.

Bila tak berhasil, bagaimana?

Kamu sudah melakukan ketiga cara di atas, namun masalah touchpad yang berhenti bekerja tidak kunjung selesai. Adakah cara lain?

Yah, kelihatannya kamu memiliki masalah pada bagian hardwarenya. Jelas kamu butuh ahli untuk memperbaiki kerusakan hardware, sebab tidak semua orang bisa memperbaiki laptopnya sendiri. Misalkan kamu tidak siap untuk memperbaiki touchpad secara mandiri, kamu selalu punya dua opsi untuk dipilih.

Pertama, kamu bisa mengirim laptopmu untuk diperbaiki di tempat layanan resmi; atau kedua, kamu bisa membeli sebuah mouse wireless untuk mengganti fungsi touchpad.

Yang jelas, jangan anggap bahwa touchpad tidak luput dari kerusakan. Laptop adalah benda elektronik yang selalu punya kemungkinan untuk rusak – tidak terkecuali laptop premium. Karena itu kamu harus selalu siap dengan segala macam kemungkinan kerusakan laptop, yang salah satunya bisa menghampiri bagian touchpad.

loading...

Tinggalkan Balasan