Overview New Acer Swift 3: Menjadi Cerdas, Agak Ramping, Sekaligus Tahan Lama

Swift 3

Kredit foto: YangCanggih

Ketika kami menerawang nilai yang ditawarkan Acer Swift 3 SF314-51, terlintas di benak kami untuk menganggap perangkat laptop satu ini sebagai teman premium yang ramah dan santai. Ramah dalam arti dia tidak bakal merepotkan ketika dibawa kemana-mana’ santai dalam arti dia akan selalu siap ketika kita menggunakannya. Kami tidak salah. Hanya saja laptop satu ini ternyata juga hadir dengan daya tahan baterai yang mumpuni.

Swift 3 tentu berbeda dengan laptop flagship lain seperti Swift 7, di mana yang disebut terakhir ini ditempatkan oleh Asus di puncak harga. Bolehlah kita menyebut Swift 3 sebagai Swift 7 dalam versi yang lebih terjangkau harganya. Harus diakui mereka berdua benar-benar mirip, paling tidak bila kita melihatnya sekilas pandang.

Spesifikasi

LG Gaming Monitor Campaign

Bentang layar : 14-inch HD 1366 x 768 resolution
Prosessor : Intel® Core™ i7-7500U processor
RAM : 8 GB of onboard DDR4
Penyimpanan internal : 256GB SSD
Grafis bawaan : Intel® HD Graphics 520
Dimensi : 341 x 236.6×17.95 (mm)
Bobot: 1,5 kilogram

*spesifikasi di atas mungkin berbeda di setiap penjual. 

Desain dan Layar

Acer Swift 3 tampak ditujukan untuk pembeli yang cenderung menyukai kesederhanaan, namun di waktu yang sama mereka bisa berhemat dengan budget yang ada. Di rentang harga 11 jutaan, Acer memberikan sebuah perangkat laptop dengan ketebalan sekitar 1,8 centimeter dan bobot keseluruhan sekitar 1,5 kilogram. Konfigurasi macam ini jelas tidak bisa menyamai saudaranya Swift 7.

Akan tetapi kami juga tidak bisa meremehkan citarasa Acer yang memilih menggunakan chassis alumunium. Pada akhirnya, pilihan yang diambil membuat Swift 3 setara dengan Swift 7 – paling tidak dari segi material yang digunakan.

Dari segi tampilan, Swift 3 memang cenderung kurang cantik. Berita bagusnya: ia adalah tipikal mesin tempur yang praktis dan memberi kenyamanan. Begitu membuka dan menoperasikannya, Swift 3 memberikan ruang trackpad yang luas. Gabungkan kelebihan itu dengan layar HD, maka pengguna yang tidak cerewet bakal segera merasa nyaman ketika mengoperasikan Swift 3.

Kalau kamu terbiasa menggunakan perangkat Apple 12-inch yang diproduksi tahun lalu, dan membandingkannya dengan Acer Swift 3, yang bakal kamu dapat adalah rasa yang lebih baik ketika menggunakan keyboardnya. Meski masih ada kekurangan dari segi desain, orang yang berminat dengan Swift 3 mestinya bisa memilih perangkat tersebut dalam warna emas. Harus diakui, warna jenis ini membuat tampilan Swift 3 jauh lebih menarik.

Akan tetapi kenyamanan yang diperlihatkan Acer rasanya kurang sesuai, terutama bila kita melihat bidang layar yang masih resolusi HD. TAPI bila kamu adalah tipikal orang yang hanya menggunakan laptop untuk memproses file office, mengedit gambar ringan, atau menjelajahi situs favorit, maka bidang layar dengan konfigurasi semacam itu tak bakal menjadi masalah. Lain halnya bila yang kamu pentingkan adalah kejernihan layar dan resolusi visual besar, dan gambar yang tajam. Bila begitu, jelas Swift 3 bukan ditujukan untuk para pemburu nilai premium sebuah laptop.

Performa Keseluruhan

Praktis dan sederhana; kira-kira begitulah gambaran yang bisa ditangkap lewat Swift 3. Bila gambaran macam ini ditambah, perangkat laptop satu ini bisa bertahan sampai 4 jam dan 18 menit, yang berarti ada efisiensi performa yang menambah nilai kepraktisannya. Kamu tidak bisa protes dengan

Lalu kamu hendaknya jangan melupakan prosessor Intel Core i7 Kaby Lake, RAM 8GB, serta SSD 256GB yang ditanamkan ke dalam tubuh Swift 3. Kombinasi ketiganya membuat kami yakin akan satu hal: Acer Swift 3 adalah perangkat laptop yang cocok untuk orang yang hanya butuh memainkan game ringan dan mengerjakan task yang berhubungan dengan olah media (dalam hal ini: word processing dan editing gambar kelas menengah).