Lenovo Ideapad 310: Laptop Multimedia Favorit untuk Kelas Entry

Ideapad 310

Kredit foto: Lenovo

Rasanya setiap orang membutuhkan sebuah perangkat laptop yang bisa menemani mereka menonton film atau melakukan streaming musik di tengah jam kantor yang padat, meski selalu ada saja orang yang tidak ingin menghabiskan lebih banyak uang untuk fitur laptop yang tidak terlalu dibutuhkan. Kalau begitu kasusnya, maka Lenovo Ideapad 310 rasanya bisa menjadi teman yang tepat untuk menjawab kebutuhan semacam itu.

Lenovo sendiri menjanjikan sebuah perangkat laptop multimedia yang bisa segera menjadi favorit, terutama untuk orang-orang yang mendambakan perangkat laptop dengan harga yang tidak terlalu menguras kantong. Itulah kenapa perusahaan tersebut menempatkan Ideapad 310 ke dalam kelas entry-level.

LG Gaming Monitor Campaign

Kalau kamu tidak terlalu membutuhkan sebuah perangkat dengan mesin tempur berkualitas tinggi, perangkat ini mungkin bisa menjadi jawaban.

Spesifikasi

Prosessor: Hingga 7th Generation Intel® Core™ i7
Kartu Grafis: Intel® atau pilihan alternatif NVIDIA® GeForce® 920MX
RAM: Hingga 12GB DDR4
Penyimpanan internal: HDD sampai 1 TB, SSD sampai 128GB, atau SSHD sampai 500GB
Bentang layar: Hingga 14-inch resolusi FHD (1920 x 1080)
Dimensi perangkat: 341.8 x 249.9 x 22.7mm
Bobot keseluruhan: 2.2 kilogram

*Disclaimer: Spesifikasi yang tercantum di atas berasal dari situs resmi Lenovo Indonesia. Spek mungkin berubah tergantung tempat Anda membeli perangkat.

Desain dan Layar

Memperhatikan spesifikasi seperti tercantum di atas, Ideapad 310 jelas bukan tipikal laptop premium, namun di saat bersamaan ia juga bukan tipikal laptop umum yang ditujukan untuk pemula. Bobot seberat 2.2 kilogram jelas bukan tipe yang sangat ringan.

Namun form factor 14-inch agaknya masih menjadi tipe laptop terpopuler. Resepnya sederhana: terjangkau harganya, masuk akal spesifikasinya, dan bentang layarnya cukup besar. Bagi para penggemar film dan suka menikmati suguhan streaming musik, perangkat satu ini rasanya pas untuk dibawa pulang.

Ideapad 310 menawarkan desain yang terlihat sederhana, di mana material plastik menjadi pilihan utama yang membangun citra perangkat tersebut sebagai bagian dari kelas entry-level. Namun setidaknya Lenovo tidak mengorbankan soliditas perangkat, yang membuatnya masih terlihat kokoh.

Kalau kamu beruntung memperoleh warna perak untuk bagian lid-nya (penutup laptop), Ideapad 310 bakal terlihat lebih cantik dan seolah-olah membuatnya terlihat dari plat alumunium. Distribusi bobot yang relatif seimbang membuatnya mudah dibuka hanya dengan satu tangan. Dan meski tidak terbuat dari logam, namun keseluruhan konsep desain laptop terlihat tangguh di mata.

Bentang layar 14-inch FHD cenderung biasa saja, namun setidaknya spesifikasi macam ini tergolong cukup untuk orang-orang gemar menonton film 1080p. Artinya: kalau kamu adalah orang macam itu, maka Lenovo Ideapad 310 tak bakal membuat kamu mengeluh. Spek layar perangkat tersebut cenderung cukup untuk pekerjaan standar, misalnya processing yang menggunakan office apps atau browsing ke beberapa situs terkenal.

Performa Keseluruhan

Lain ceritanya bila kamu berniat membawa pulang Lenovo Ideapad 310 untuk mengerjakan task yang berhubungan dengan desain grafis. Beruntung Ideapad menyediakan opsi prosessor Kaby Lake untuk perangkatnya itu, serta opsi lain seperti penambahan kapasitas RAM maupun pilihan SSD untuk penyimpanan internal.

Dengan demikian, Lenovo Ideapad 310 bernilai lumayan tinggi di pasar yang paling populer. Kami cenderung merasa oke dengan banyak aspek yang ditawarkan oleh perangkat dengan harga sekitar 6-jutaan ini.

Dan yang lebih baik lagi … bila kamu mau menambah sedikit budget, Lenovo Ideapad 310 menyediakan opsi pilihan perangkat dengan prosessor Intel Kaby Lake Core i7 yang dikombinasikan dengan NVIDIA GeForce 920MX.