Menghadapi Bencana Alam? Siap-siap dengan Beberapa Aplikasi Android Saja

Kekacauan biasanya menjadi kata yang muncul dan melekat setelah bencana alam (gempa bumi, banjir, tanah longsor, dan lain sebagainya) berakhir. Kami jelas tidak berharap Anda sedang terkena bencana alam, namun fakta bahwa kita hidup di negeri yang rawan bencana alam jelas tidak bisa disepelekan. Beruntung sekarang ini zamannya Internet of Things dan agaknya sebagian besar orang sudah menggunakan smartphone Android. Jadinya kami bisa menjabarkan sedikit tips untuk menghadapi bencana alam, menggunakan ponsel pintar Android yang Anda miliki.

Akan sangat konyol bila Anda berpikir bahwa kami akan merenteng sejumlah tips tentang bagaimana sebuah ponsel pintar bisa menyelamatkan hidup Anda. Yang ingin kami katakan di sini adalah: sebaiknya Anda mengantisipasi bencana alam dengan memasang beberapa aplikasi khusus guna mengantisipasi keadaan darurat.

Lalu apa saja aplikasi keadaan darurat yang mesti ada di dalam ponsel pintar Anda?

  1.  Aplikasi radio dan siaran berita

Anda mungkin bukan generasi yang mendengarkan radio setiap pagi, dan mungkin ponsel pintar Anda tidak memiliki aplikasi radio bawaan. Akan tetapi jelas bahwa stasiun radio masih hidup dan ada banyak aplikasi radio untuk dipasang di semesta Android yang Anda pegang sekarang ini.

Radio Indonesia adalah salah satu contoh aplikasi yang bisa disebut di sini. Prinsipnya sederhana: Anda bisa mendengarkan berbagai siaran radio Indonesia hanya dengan mengetuk layar beberapa kali.

Aplikasi Radio Indonesia
Radio Indonesia (kredit foto: Google Play Store)

Sadar atau tidak, radio merupakan salah satu sumber informasi terkini yang bakal sangat berguna setelah bencana alam berakhir. Dengan memanfaatkan radio, Anda bisa mendengarkan berita maupun arahan tentang bencana alam yang sedang terjadi di suatu daerah, baik dari pemerintah maupun dari lembaga lain.

2. Aplikasi Messenger khusus keluarga

Sekarang ini mungkin waktu paling tepat untuk memasang aplikasi messenger yang bisa dipakai Anda sekeluarga. Dalam kondisi paska-bencana, komunikasi menjadi hal terpenting di saat-saat darurat semacam itu. Dalam keadaan seperti itu, kita semua ingin memastikan bahwa semua anggota keluarga dalam keadaan aman atau setidaknya berada di tempat yang aman. Nah, ada sebuah aplikasi tukar pesan via Android yang bisa memberikan manfaat semacam itu.

Life 360 apps
Pelacak Keluarga – Life360. (kredit foto: Google Play Store)

Adalah Pelacak Keluarga – Life360 yang bisa membantu seluruh anggota untuk tetap berkomunikasi, bahkan setelah bencana alam sudah lewat. Prinsip aplikasi ini sederhana: ia membantu Anda untuk berkomunikasi dengan seluruh anggota keluarga melalui Family Channel privat, di mana masing-masing anggota keluarga bisa saling mengirim pesan.

Fitur Circle di dalam aplikasi tersebut memungkinkan Anda untuk melihat lokasi anggota keluarga dalam circle yang sama. Lalu ada juga fitur notifikasi yang memberitahu Anda bila ada seorang anggota keluarga yang berada dalam circle yang sama sudah mencapai tempat tujuan.

Sebetulnya aplikasi Pelacak Keluarga – Life360 tidak khusus dibuat untuk tujuan asistensi ketika bencana tiba. Namun ketika komunikasi menjadi sangat berharga dalam kondisi darurat, aplikasi satu itu rasanya layak menjadi pilihan banyak orang. Apalagi kita tinggal di negeri di mana berbagai bencana alam mengintai setiap saat.

3. Info BMKG untuk tahu perubahan iklim

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika punya sebuah aplikasi lokal yang sangat bagus, yakni Info BMKG. Ada berbagai macam fitur yang disematkan ke dalamnya, seperti notifikasi untuk bencana alam gempa bumi, info aktual tentang bencana, peringatan dini cuaca, serta info resmi suatu bencana dari BMKG.

Aplikasi Info BMKG
Info BMKG (kredit foto: Google Play Store)

Aplikasi ini menurut kami berguna untuk Anda. Ambil satu contoh misalnya ada gempa bumi yang Anda rasakan sekarang, aplikasi ini akan membantu memberikan informasi terkait, lengkap dengan jarak antara titik gempa dengan lokasi Anda.

Sekali lagi kami tidak berusaha untuk menakut-nakuti Anda dengan bencana alam. Namun kita hidup di negeri di mana bencana alam selalu mengintai setiap saat. Daripada tidak ada persiapan sama sekali, mari bekali diri dengan tindakan preventif seperti memasang tiga aplikasi yang disebut di atas.

loading...

Tinggalkan Balasan