Proteksi Akun Yahoo, Bukan Menghapusnya

akun yahoo

Platform akun Yahoo jelas sudah bukan lagi platform akun email yang populer. Sebab hari-hari ini sebagian besar dari kita memakai platform akun dari penyedia lain yang lebih populer seperti Gmail, misalnya. Akan tetapi fakta ini bukan berarti kita bisa mengabaikan proteksi akun Yahoo. Beberapa dari Anda mungkin masih setia dengan platform tersebut dan memilih untuk tetap setia. Entah sampai kapan.

Hanya saja beberapa miliar pengguna Yahoo di seluruh negara punya pengalaman pahit. Seperti diberitakan oleh CNET selasa lalu, sebanyak 3 miliar pengguna Yahoo mengalami kebobolan akun. Jumlah ini naik dari sebanyak 1 miliar akun yang diberitakan mengalami kebobolan. Naiknya jumlah akun Yahoo yang kebobolan baru diketahui setelah Verizon mengakuisis Yahoo dan melakukan investigasi menyeluruh terhadap perusahaan mesin pencari tersebut.

Jadi bila kamu adalah pengguna setia akun Yahoo, tidak ada salahnya melakukan proteksi akun Yahoo melalui cara-cara berikut ini:

Jangan Menghapus Akun Yahoo-mu

Mungkin ini merupakan cara termudah yang bisa terpikirkan, namun jelas bukan cara paling bijak, sebab akan membuka pintu untuk penjebolan susulan. Sistem Yahoo umumnya bakal melakukan daur ulang aku email lama pengguna, yang berarti bahwa 30 hari setelah akun kamu dihapus, seseorang bisa membuka sebuah akun baru dengan alamat email lama dan siapa pun punya kesempatan untuk memperoleh akses ke akunmu yang lain.

Ceritanya begini: setelah membuka sebuah akun dengan alamat akun Yahoo-mu yang sudah dihapus itu, seseorang yang sangat jahat bisa mengerjai kamu dan meminta reset kata kunci ke Yahoo supaya bisa masuk ke akun online milikmu yang lain. di mana akun Yahoo-mu terhubung dengannya.

Ketimbang melakukan hal tersebut, akan lebih baik bila kamu melakukan hal di bawah ini.

Ubah Kata Kunci Milikmu

Kami menyarankan Anda untuk mengganti kata kunci Yahoo, menghidupkan langkah pengamanan berupa two-step verification, memutus hubungan segala layanan yang terkoneksi dengan Yahoo, dan bermigrasi ke layanan email lain sembari mendiamkan akun Yahoo-mu begitu saja.

Soal mengganti kata kunci ini menjadi krusial. Pembobol akun yang sudah membuka sebuah kata kunci akan tersenyum lebar. Kamu tidak bisa melakukan hal lain kecuali mengganti kata kunci lama dengan yang baru (bikinlah kata kunci baru menjadi serumit mungkin.) Dan bila kamu menggunakan kata kunci lama di akun lain, pergilah ke akun tersebut dan ganti kata kuncinya.

Untuk pengguna Yahoo, kata kunci akun bisa diganti dengan mengklik ikon gear di bagian kanan [paling atas dan klik bagian Account Info. Sebuah tab baru akan terbuka. Klik pada bagian Account security di bagian kiri dan kemudian klik Change password.

Hidupkan fitur Two-step Verification

Di bagaian Account Security yang sama dengan tempatmu mengubah kata kunci Yahoo, sorot tab sampai ke bawah dan pindah pemicu untuk mengaktifkan Two-step Verification. Masukkan nomor telponmu dan klik Send SMS dan kemudian masukkan kode verifikasi yang dikirim Yahoo ke kotak masuk ponselmu. Setelahnya, maling kata kunci tidak hanya perlu mencuri kata kunci yang kamu gunakan, melainkan juga perlu mencuri ponselmu untuk memperoleh akses ke akun Yahoo-mu.

Setelah melakukan semua hal di atas, kamu masih perlu melakukan satu hal lagi, yakni memutus hubungan Yahoo dengan akun lain yang juga kamu pegang. Klik ikon gear di bagian kanan paling atas, dan kemudian klik Settings. Di bagian panil Settings, klik Accounts di bagian kiri dan kamu akan melihat daftar alamat email, media sosial, dan layanan cloud yang terhubung dengan akun Yahoo-mu. Klik opsi Disconnect pada bagian apapun yang memperlihatkan bahwa akun Yahoo-mu terhubung dengan akun lain.

Dijamin, cara-cara di atas bakal mempersulit hidup hacker yang berusaha membobol akun Yahoo milikmu.

loading...

Tinggalkan Balasan