Overview ASUS Vivobook Pro N580VD: Mesin Tempur Multimedia kelas Menengah

Vivobook Pro N580VD

Gambar via: CNET.com

Para desainer dan videografer punya hasrat terpendam untuk memperoleh mesin tempur yang memadai guna menopang kerja mereka dalam menyunting gambar maupun video, sekaligus mendesain apapun yang berhubungan dengan visual. Nah, tentu saja ada banyak mesin tempur dalam wujud laptop multimedia yang bisa dipilih di pasaran. Apakah satu pilihan seperti ASUS Vivobook Pro N580VD adalah salah satu yang bisa dipertimbangkan?

Mesin tempur seperti ASUS ASUS Vivobook Pro N580VD sebetulnya bukan tipe perangkat yang sangat kompak dari segi desain; terlebih lagi, perangkat tersebut juga tidak begitu ringan. Singkat cerita, konsumen memperoleh pendekatan berbeda dari Vivobook Pro N580VD: dia tidak jauh, alias berada di antara lini model Zenbook Pro dan VivoBook Slim.

Meski begitu, Vivobook Pro N580VD menjadi sebuah opsi perangkat multimedia yang cukup bagus. Modelnya terlihat modern, lengkap dengan kartu grafis tambahan, kemampuan multItasking yang baik, dan di derajat tertentu rasanya sanggup menangani permintaan gaming dengan bijak.

Ambil satu paket penjualan perangkat tersebut, dan Anda akan menemukan lebih banyak kesenangan di dalamnya, antara lain sebuah keyboard backlit, layar matte, dan kekayaan port koneksi; semua hal tersebut menjadikannya sebagai perangkat dengan rentang harga yang tidak akan membuat dompet Anda menjadi kering.

Spesifikasi

Layar : 15.6-inch FHD
Prosessor :Intel® Core™ i7 7700HQ (3M Cache, up to 3.1GHz)
Memori : 8GB LPDDR3L 1866 MHz
Penyimpanan : hybrid 128GB SSD + 1 TB HDD
Kartu grafis : NVIDIA GT 1050 4GB

Dimensi keseluruhan : 380 x 256 x 19.2 mm (WxDxH) (w/ 3cell battery)
Bobot : 1.9kg
Garansi : Asus Warranty selama 2 tahun

Desain dan Layar

Di situs resmi mereka, ASUS mengiklankan Vivobook Pro N580VD sebagai perangkat laptop dengan desain alumunium. Akan tetapi bodi perangkat tersebut tidak sepenuhnya terbuat dari material yang dimaksud. Kaver penutup, bagian dalam, dan sudut-sudut laptop memang terlihat metallic dengan tekstur finishing brush yang menjadikannya cantik. Beberapa bagian pada badan laptop memang terbuat dari plastik halus dan karenanya perangkat ini bukanlah satu yang sepenuhnya terbuat dari logam. (Kami percaya hal tersebut seharusnya tidak menjadi masalah bagi Anda.)

Vivobook Pro N580VD
Laptop multimedia kelas menengah dari ASUS (sumber: asus.com)

Mungkin Anda perlu menyentuhnya sedikit, dan merasakan bagaimana tekstur metallic yang ditawarkan Vivobook Pro N580VD. Rasanya terasa kurang ketika disentuh, dan membuat Anda kesulitan untuk membenarkan kadar alumunium yang dipakai ASUS untuk Vivobook Pro N580VD. Anda mungkin tidak bisa membedakan apakah ASUS memakai plastik atau logam untuk produknya itu, tanpa melakukan tes sederhana seperti menggigit bagian laptop untuk tahu apakah perangkat tersebut terbuat dari logam atau plastik.

Diluar perkara material, Vivobook Pro N580VD harus diakui sebagai sebuah perangkat yang cukup baik dari segi perakitan, meski harus diakui juga bahwa perangkat tersebut tidak bisa dibandingkan dengan produk ASUS yang lebih premium. Di jajaran VivoBook Pro kami memperoleh informasi bahwa ASUS menyajikan tiga opsi layar berbeda.

  • Layar UHD 3840 x 2160 IPS
  • Layar FHD IPS
  • Layar FHD TN

Karena itulah kami menyarankan Anda untuk bertanya ke penjual sebelum membeli, dengan catatan bila Anda benar-benar mempedulikan kriteria layar yang Anda inginkan untuk sebuah laptop multimedia kelas menengah seperti Vivobook Pro N580VD.

Performa Keseluruhan

Menuju ke penilaian performa, Vivobook Pro N580VD tampaknya bisa menangani aktivitas komputasi yang sifatnya kasual. Artinya di sini: rasanya takkan ada masalah bila Anda menggunakannya untuk menyunting gambar dengan detil tinggi di software seperti Adobe Photoshop di mana Anda menggunakan banyak layer untuk mengolah gambar; atau bila Anda sedang terlibat pekerjaan menyunting dan melakukan render untuk video HD.

Lebih jauh lagi, perangkat tersebut tampak mumpuni untuk menangani multitasking dan game-game dengan setting menengah yang tidak membutuhkan terlalu banyak kekuatan tempur. Pendek kata, gabungan antara prosessor Intel Core i7, RAM 8GB, dan kartu grafis NVIDIA GT 1050 di dalam ASUS Vivobook Pro N580VD sudah lebih dari cukup untuk menangani pekerjaan yang sifatnya tidak menuntut terlalu banyak sumber daya perangkat.


loading...

1 KOMENTAR

  1. Betul bang, layar nya ada tiga tipe, yg agak rancu antara FHD IPS dan FHD TN, penjual kebanyakan ngk ngeri kalau ditanya ini, apakah ada kode tertentu agar kita tau kalau itu layar nya udh IPS atau ada cara buat ngetes nya?
    Karena di situs resmi nya asus indonesia tidak disebutkan.
    Bang, jgn lupa buat juga review nya di youtube.

Tinggalkan Balasan