Trik: Bermain dengan Notepad Bawaan Windows

Agaknya tidak banyak orang yang mengetahui betapa menyenangkannya bermain-main dengan aplikasi notepad bawaan Windows. Dan ya, aplikasi satu ini biasanya cenderung tidak dipedulikan oleh sebagian besar pengguna Windows. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Pada dasarnya aplikasi teks editor seperti Notepad adalah sebuah alat bagus untuk menyunting teks. Hanya saja ketenaran Notepad hendaknya tidak berhenti sampai situ. Notepad ternyata terkenal karena beberapa trik menyenangkan yang bisa diterapkan dengan mudah, dan artikel ini ingin mengajarkan beberapa trik paling bagus dan paling keren yang bisa dilakukan hanya dengan menggunakan Notepad.

  1. Trik pertama: efek kode berjatuhan ala Matrix

Pernah menonton trilogi The Matrix dimana kita bisa melihat kode digital berjatuhan satu demi satu di layar komputer? Bila pernah, notepad punya trik yang disebut CMD (.BAT), yang pada dasarnya sangat populer di sejumlah situs media sosial. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengkopi dan memindahkan kode di bawah ini melalui Notepad, kemudian simpan berkasnya dengan nama *.bat atau “Matrix.bat”.

@echo off
color 02
:tricks
echo %random%%random%%random%%random%%random%%random%%random%%random%
goto tricks

Hasilnya bisa Anda lihat di bawah ini. (Catatan: simpan dan buka berkas Matrix.bat dengan cara melakukan klik dua kali di berkas tersebut):bat Matrix2. Membuat buku harian pribadi (Log)

Trik ini dimaksudkan supaya Anda bisa membuat sebuah log pribadi menggunakan Notepad, yang akan secara otomatis memasukkan tanggal dan waktu sekarang di atas catatan Anda. Untuk melakukannya, buka Notepad dan ketik .LOG dengan huruf besar dan tekan Enter. Simpan berkas tersebut.

Sekarang, tanggal dan waktu sekarang akan tercatat di atas note setiap kali Anda membuka berkas tersebut. Tekan enter pada catatan Anda dan simpan berkasnya setiap kali Anda memasukkan entry baru ke dalamnya.

3. Membuat sebuah virus yang tak berbahaya, untuk melepaskan CD/DVD drive

Ini merupakan sebuah trik VBS yang akan membuat kode, yang nantinya bakal melepas seluruh materi di dalam optical drive yang terkoneksi dengan perangkat Anda. Bila Anda mencoba memasukkan CD/DVD ke dalam optical drive, maka apa yang Anda masukkan akan keluar terus menerus. Caranya? Kopi kode di bawah dan pindahkan ke Notepad Anda. Kemudian simpan berkas dengan nama *.vbs atau Virus.vbs.

Set oWMP = CreateObject(“WMPlayer.OCX.7”)
Set colCDROMs = oWMP.cdromCollection
do
if colCDROMs.Count >= 1 then
For i = 0 to colCDROMs.Count – 1
colCDROMs.Item(i).Eject
Next
For i = 0 to colCDROMs.Count – 1
colCDROMs.Item(i).Eject
Next
End If
wscript.sleep 5000
loop

4. Membuat keyboard menulis pesan terus menerus

Trik VBS satu ini akan membuat keyboard teman Anda untuk menulis sesuatu secara terus menerus. Bukanlah Notepad, dan kopi kode di bawah ini, kemudian simpan berkas dengan nama *.vbs atau Tricks.vbs.

Bila ingin berhenti, Anda perlu merestart ulang perangkat. Cobalah trik satu ini setelah menutup semua program paling penting.

Set wshShell = wscript.CreateObject(“WScript.Shell”)
do
wscript.sleep 100
wshshell.sendkeys “This is a Virus. You have been infected.”
loop

Sudah bersenang-senang?

Semua trik yang sudah disebut di atas pada dasarnya tidak akan membahayakan komputer Anda. Sebab sebagaimana halnya tujuan trik dibuat, mereka disediakan untuk menyenangkan Anda selama beberapa saat. Jadi Anda tidak perlu khawatir data hilang atau komputer Anda bakal terkena virus yang masuk kategori berbahaya.

Untuk menutup semua trik VBS di atas, bukalah task manager Windows dan tutup proses skrip wscript.exe. Trik yang disampaikan di sini berlaku untuk semua jenis Windows, mulai dari Windows XP sampai Windows 10.

loading...

Tinggalkan Balasan