Aplikasi Manajemen Kata Sandi: Memilih yang Terbaik

manajemen kata sandi

Zaman ini ditandai oleh baiknya jumlah informasi yang disimpan secara online. Jadilah penting bagi kita untuk memiliki kata sandi yang aman dan bisa diamankan dengan cara seefektif mungkin.

Orang zaman sekarang tampaknya tidak bisa melepaskan diri dari media sosial, email, banking online, dan lain sebagainya yang sejenis. Mereka semua tentu saja membutuhkan Anda untuk membuat nama pengguna dan kata sandi. Karena itu umum ditemukan sebuah situs yang meminta kata sandi yang sulit dipecahkan. Namun masalahnya tidak semua orang mau meluangkan waktunya untuk membuat kata sandi yang sangat sulit.

Beberapa orang mungkin memilih untuk menuliskan daftar kata sandi akunnya melalui aplikasi note atau yang sejenisnya. Namun daripada melakukan hal merepotkan semacam itu, akan jadi lebih baik bila orang menggunakan aplikasi khusus untuk manajemen kata sandi.

Apa itu Aplikasi Manajemen Kata Sandi?

LG Gaming Monitor Campaign

Aplikasi semacam itu sebetulnya memilki tiga fungsi utama. Yang pertama membantumu menghindari pemakaian kata sandi yang mudah ditebak, seperti penggunaan nama pasangan maupun ulang tahunnya. Sebaliknya, aplikasi manajemen kata sandi akan membantu pengguna membuat sebuah kata sandi yang panjang dan rumit, yang hampir-hampir tidak bisa diretas dengan mudah.

Aplikasi tersebut juga berfungsi sebagai pengatur, sekaligus bertugas mengamankan kata sandi. Jadi daripada mencoba mengingat semua kata kunci yang kamu punya dan dimana kamu menuliskannya, aplikasi tersebut memberikan ruang di mana pengguna akan dengan mudah menemukan kata sandi yang digunakan.

Dan fungsi terakhir: aplikasi ini tidak meminta pengguna untuk membuat kata sandi baru untuk setiap situs. Akan tetapi aplikasi ini akan secara otomatis membantu Anda login ke situs menggunakan akun yang telah diregistrasikan sebelumnya. Sebuah tombol add-on spesial juga ditambahkan guna mempermudah proses log in.

Memilih Aplikasi Manajemen Password Terbaik

Diluar sana ada beberapa pilihan aplikasi manajemen kata sandi, baik yang berbayar maupun yang gratis. Dan salah satu yang bisa dipilih adalah RoboForm Everywhere. Aplikasi satu ini bisa dijalankan di PC, Mac, ponsel, maupun perangkat berbasis USB. Yang menarik dari RoboForm Everywhere adalah kamu bisa membuat kata sandi sampai sepanjang 512 karakter guna memberikan keamanan paling lengkap. Sebagai tambahan, fitur auto-login hanya menggunakan tautan yang diberikan kepada mereka, yang pada dasarnya akan melewatkan percobaan phishing yang biasanya menggunakan tautan alamat situs palsu dari sebuah situs populer.

 

Aplikasi manajemen kata sandi lainnya yang juga populer adalah Sticky Password. Pilihan ini menjadi populer karena mampu bekerja dengan baik pada peramban paling hits seperti Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan Google Chrome. Lebih jauh lagi, aplikasi satu ini bisa berinteraksi dengan baik pada sejumlah aplikasi populer seperti Skype, Google Talk, Dropbox, dan iTunes.

Untuk orang yang memiliki lebih dari satu akun di sebuah situs seperti Twitter atau Facevook, Sticky Password hadir dengan kemampuan untuk mengatur lebih dari satu identitas per URL. Aplikasi tersebut juga hadir dengan beragam fitur keamanan seperti automatic lockouts, pengingat kata sandi yang kadaluarsa, peoteksi clipboard, virtual keyboard, dan generator kata sandi.

Pilihan terakhir jatuh kepada Kaspersky Password Management. Aplikasi ini hadir dengan metode enkripsi ampuh, sekaligus membantu pengguna menghindari phisers dan keyloggers. Ada banyak metode otentikasi, termasuk koneksi Bluetooth ke ponsel Anda, maupun versi portable yang bisa disimpan di USB drive. Fitur terakhir ini membantu kamu untuk menggunakan kata sandi di komputer lain.