Chrome 61 Sudah Tersedia untuk Versi Desktop dan Android

Chrome 61 baru

Sebagai salah satu peramban situs paling populer, Google Chrome terus menerus memperbarui dirinya. Bulan September ini, peramban tersebut membawa pembaharuan untuk pengguna dekstop dan Android. Pengguna bakal menemukan berbagai macam fitur baru dan perbaikan fitur keamanan. 

Untuk pengguna desktop, ada banyak pengenalan fitur yang ramah untuk pengembang, diantaranya adalah dukungan untuk WebUSB API. Sementara itu pengguna Android akan menikmati fitur Chrome baru berupa Web Share API dan fitur-fitur lain yang juga ramah pengguna. Toolbar Google Translate adalah salah satu fitur yang dibenamkan ke dalam Chrome 61.

Chrome 61 untuk Linux, Mac, dan Windows memang membawa dukungan WebUSB API, dan juga kemampuan PaymentRequest API, dan lebih banyak lagi fitur yang tersedia di pembaharuan tersebut. Satu contoh seperti dukungan WebUSB API, misalnya, memperbolehkan aplikasi Web untuk berkomunikasi dengan aksesoris perangkat keras tambahan, selain perangkat yang umum digunakan seperti printer, mouse, dan keyboard. Dukungan ini juga diberikan untuk aksesoris USB yang terkait dengan pendidikan, sains, dan industrial.

Dengan dukungan Payment RequestAPI, pengembang sekarang bisa menawarkan opsi checkout belanja di beberapa situs dengan cara yang lebih aman, dan hal ini bisa dilakukan melalui lintas platform. API RAM Perangkat juga tersedia di veri terbaru Chrome, yang membantu pengembang untuk memonitor penggunaan RAM di perangkat pengguna. Jadi pada dasarnya pengembang sekarang bisa membantu mengoptimalkan performa aplikasi web. Lebih jauh lagi, Network Information API juga tersedia di versi desktop dan Android. Fitur ini membantu situs untuk mengakses informasi koneksi dari sebuah perangkat.

Kapan Pembaharuan Chrome Tersedia?

LG Gaming Monitor Campaign

Pembaharuan Chrome sudah dimulai pada 7/9 silam, dan akan mencapai banyak pengguna pada beberapa minggu ke depan. Namun bila kamu belum menerima pembaharuan, silakan periksa secara manual dengan melakukan klik pada ikon Help > About Chrome. Ini dilakukan untuk memeriksa versi terbaru Chrome yang terpasang pada perangkat. Bila pembaharuan sudah tersedia di wilayah kamu, maka Chrome akan segera diperbarui ke versi 61.

Namun fitur menarik yang tersedia di versi pembaharuan barangkali adalah keberadaan toolbar Google Translate, yang membantumu beralih dari satu bahasa ke bahasa lain, dan mengubah pengaturan bawaan ke satu bahasa yang paling diininkan. Menu melayang yang muncul ketika kamu menekan dan menahan tautan atau gambar juga sudah dirubah menjadi lebih intuitif dan akan menunjukkan daftar aksi yang paling sering dilakukan pengguna.

Untuk kontrol pemutaran video, Chrome akan memperbesar video ke mode full-screen ketika pengguna merotasi perangkat mereka ke posisi horizontal. Fitur ini memudahkan pengguna ketika memainkan video kesukaan mereka lewat layar ponsel. Lebih jauh lagi, pengguna yang ingin mengakses situs aplikasi diluar lingkungan aplikasi yang terpasang di perangkat, maka tampilannya secara otomatis bakal bergulir di Custom Chrome Tab.

Lalu jangan lupakan juga WebShare API yang memicu dialog Android share, yang kemudian membantu pengguna untuk membagi teks atau tautan dengan aplikasi apapun yang terpasang di dalam perangkat mereka. Kabarnya Google akan menambahkan fitur lain dimana pengguna akan bisa membagi aplikasi web yang sudah terpasang, ke pengguna lain. Sebelumnya, pengembang masih harus memasang tombol bagi secara manual ke dalam situs masing-masing, untuk setiap layanan aplikasi yang mereka sediakan.

 

Menarik bukan? Bila pembaharuan Chrome sudah tersedia di perangkat Anda, sebaiknya Anda mulai memperbaruinya. Google juga bilang bahwa versi stabil Chrome OS akan segera dirilis.