Mengapa Mini PC Menjadi Solusi Alternatif Paling Masuk Akal?

komputer mini

Mini PC mungkin bukan menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang, namun jelas perangkat seperti itu bisa menjadi alternatif pilihan bagi sebagian orang yang memerlukan perangkat komputasi dalam bentuknya yang paling ringkas.

“Mini” yang digunakan di sini mengacu pada bentuk komputer seukuran telapak tangan orang dewasa. Dengan demikian, perangkat berbentuk demikian adalah sebuah pilihan paling menyenangkan, dan yang paling penting: menghemat banyak ruang. Untuk orang yang punya keinginan besar menghemat lebih banyak ruang untuk sebuah komputer, mini PC adalah jawabannya.

Memang belakangan kita bisa melihat revolusi di bidang komputer, dimana sudah bukan zamannya sebuah komputer memakan lebih banyak ruang di dalam kamar. Pendek kata, sebagian orang berharap untuk mengoperasikan PC desktop yang oke dengan ukuran sangat kecil. Pendek kata, komputer mini mewadahi konsep seperti itu. Dan karenanya perangkat tersebut menjadi cocok untuk orang yang ingin menghemat lebih banyak ruang di dalam rumah, menaruh lebih banyak komputer di ruang kerja, maupun menciptakan ruang hiburan untuk menikmati suguhan multimedia.

Awal Mula Kemunculan Mini PC

LG Gaming Monitor Campaign

Begitulah sebuah Mini PC mewadahi hasrat sebagian besar orang akan produk komputasi minimalis yang tidak memakan banyak ruang di dalam rumah. Dan jelas perangkat seperti itu punya sejarahnya sendiri.

Komputer mini pertama kali diperkenalkan di awal 1960, dan kebanyakan sepakat bahwa kemunculannya menandai era baru di bidang komputasi. Keunggulannya jelas: perangkat semacam itu biasanya bisa ditebus dengan harga murah, dan hadir dalam dimensi yang lebih kecil dibandingkan perangkat desktop dengan form factor ATX.

Ketika muncul untuk pertama kalinya, komputer mini digunakan untuk berbagai macam aplikasi di industri, universitas, dan komersil. PDP-1 minicomputer, misalnya, menjadi sebuah komputer mini pertama yang dikembangkan oleh Digital Equipment Corporation. Perusahaan yang sama mengembangkan PDP-8 di kemudian hari, dan terjual sebanyak lebih dari 40,000 unit.

PDP 11 oleh DEC

Setelah beberapa waktu ada sekitar 200 perusahaan yang menjual komputer mini, meski Digital Equipment Corporation kemudian menjadi yang terdepan dalam bidang produksi dan penjualan komputer mini. Ini terutama terlihat ketika mereka memasarkan PDP-11 dan sistem VAX 11/780. Yang disebut terakhir ini belakangan dikenal sebagai sistem komputasi yang mencetak catatan tersendiri di bidang sejarah komputasi.

Mini PC Zaman Sekarang

Zaman terus bergulir dan orang sekarang bisa melihat kemunculan perangkat Mini PC yang menerapkan teknologi kekinian. Sependek cerita yang beredar di pasar, perangkat tersebut pada dasarnya adalah sebuah PC. Di dalamnya kamu akan menemukan prosessor, RAM, penyimpanan internal, serta sistem operasi. Bedanya hanya dari segi ukuran yang sangat mini.

Di pasaran, Mac Mini merupakan satu produk komputer mini yang boleh dibilang menawarkan sesuatu yang menggiurkan. Dengan berat sekitar 12 kilogram dan dimensi sekitar 19 cm persegi, Mac menawarkan sesuatu yang menarik untuk orang-orang yang demen minimalisme dan berharap perangkat tersebut bisa mampir di meja kerja mereka. Meski berukuran mini, namun Mac dibekali dengan perangkat keras yang cukup mumpuni. Prosessor Intel Core i5 (beberapa tipe dijual dengan Core i7), RAM 8GB, Intel Iris Graphic, dan 1TB Fusion Disk sebagai penyimpanan internal rasanya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan komputasi harian. Dan jangan lupa, harga perangkat seperti Mac Mini hanya separuh dari uang yang harus dikeluarkan untuk menebus satu Macbook Pro dengan retina display.

Adakah alternatif lain yang bisa dipikirkan selain Mac Mini? Tentu saja ada. Asus, Dell, HP, dan Acer merupakan beberapa nama vendor yang menyediakan perangkat komputer mini. Jadi pada dasarnya kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan satu perangkat yang benar-benar masuk ke dalam kualifikasi pencarian akan sebuah komputer mini.

Terakhir. Rasanya baik bagi kita untuk memiliki sebuah komputer mini. Bentuknya yang ringkas, hemat ruang, dan relatif memiliki kemampuan sama seperti halnya desktop PC dalam ukuran yang lebih besar; membuat komputer mini patut menjadi pilihan alternatif untuk zaman sekarang, terutama ketika misalnya kamu tidak memiliki ruang yang luas untuk memuat lebih banyak perangkat komputasi.