OS High Sierra Dirilis Akhir Bulan September

High Sierra

Di ajang Apple Event 2017 di California, Apple mengumumkan peresmian OS High Sierra yang menurut mereka akan dirilis pada 25 September mendatang. Sebelumnya Apple telah mengumumkan kehadiran OS tersebut di ajang WWDC 2017 yang dikhususkan untuk pengembang perangkat.

Jadi apa lagi hal-hal yang ditawarkan oleh Apple lewat OS baru mereka itu?

Apple sendiri menjanjikan beberapa fitur baru yang menarik, dengan keberadaan macOS 10.13 High Sierra. Berbagai jenis peningkatan diberikan, salah satunya untuk peramban Safari – yang akan hadir dengan fitur blok ad-tracking dan auto-playing video. Di aplikasi Mail App, pengguna komputer maupun laptop berbasis Apple juga akan menikmati fitur Splotlight Search yang lebih komprehensif.

LG Gaming Monitor Campaign

Bila direnteng, Mac OS High Sierra terbaru menyodorkan beberapa fitur unggulan:

  • Pembaharuan aplikasi Photos, dengan alat sortir yang lebih baik, layout baru, serta fitur pengenalan wajah yang lebih baik berkat neural networks. Fitur sinkronisasi foto juga diperbaiki, guna meningkatkan performa ketika aplikasi tersebut dijalankan di berbagai perangkat berbasis Apple. Tool untuk editing foto juga ditingkatkan kinerjanya, dan bakal membuat kerja Anda dalam meningkatkan kualitas foto menjadi lebih mudah.
  • Salah satu perubahan terbesar dari macOS High Sierra adalah file systemnya. File system yang digunakan di OS tersebut nantinya menggunakan Apple File System (APFS) yang menggantikan HFS. Sistem file ini hadir dengan format 64-bit yang mendukung penggunakan enkripsi dan operasi metadata yang lebih cepat. Pada gilirannya sistem file tersebut akan membuat Mac bekerja lebih cepat dibandingkan sebelumnya, dengan keamanan yang lebih ketat.
  • Pembaharuan OS juga berarti keberadaan HEVC, atau H.265, format kompresi video khusus Mac. Standar baru ini bisa mengkompres file video sampai 40%, lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya. Hasilnya adalah streaming video yang lebih cepat, dengan resolusi yang lebih besar (4K). HVEC juga menghadirkan file video yang lebih kecil ukurannya ketika disimpan secara lokal.

Dukungan untuk VR

Berita terbesarnya adalah dukungan untuk VR yang diaplikasikan ke dalam macOS High Sierra. Secara resmi ini berarti akhirnya Apple memberikan dukungan untuk perangkat VR. Beberapa perangkat VR seperti Steam VR maupun HTC Vive akan bekerja dengan baik ketika dioperasikan dengan macOS High Sierra.

Meski begitu, pengguna Mac perlu menggunakan MacBook Pro atau setidaknya 5K iMac, atau Mac tipe apapun yang bisa menjalankan OS terbaru dengan kartu grafis eksternal yang dipasang lewat port Thunderbolt 3. Fungsi penuhnya sendiri baru akan berjalan dengan baik mulai musim semi 2018.

Beberapa Model Mac yang Akan memperoleh High Sierra

Hanya beberapa model Mac yang bakal memperoleh pembaharuan OS High Sierra. Daftarnya bisa dilihat di bawah ini:

  • iMac Pro 2017
  • Mac Pro (rilis pertengahan 2010) atau lebih baru
  • Mac Mini (rilis pertengahan 2010) atau lebih baru
  • Macbook Air (rilis akhir 2010) atau lebih baru
  • MacBook Pro (rilis pertengahan 2010) atau lebih baru
  • MacBook Retina (rilis akhir 2009) atau lebih baru
  • iMac (rilis akhir 2009) atau lebih baru

Namun perlu diingat bahwa meski perangkat Mac yang disebut di atas bakal memperoleh MacOS High Sierra, namun yang bisa memperoleh keuntungan High Efficiency Video Coding (HEVC) hanya Mac yang setidaknya hadir dengan prosessor Intel generasi keenam Skylake. Artinya, Mac dengan prosessor Kaby Lake juga bakal memberikan keuntungan yang sama.

Apakah kamu ingin memperbaharui MacOS? Kami merekomendasikanmu untuk melakukannya. OS High Sierra tampak menjanjikan dari segi kemampuan multimedianya.