5 Tips Mencegah Notebook Kepanasan

Tips bikin laptop adem PCN

Seperti yang diketahui, musuh utama dari elektronik adalah panas. Hal ini berlaku juga untuk laptop/notebook. Dan di artikel kali ini, kita akan berbagi 5 tips mencegah notebook kepanasan. Dengan meminimalisir panas di dalamnya, tujuannya tentu memperpanjang usia pakai PC terutama jenis notebook atau laptop.


MSI GL62m 7rdx cooling system pemmzchannelSistem pendingin CPU dan GPU pada notebook bergantung pada kinerja heatsink dan fan. Dan cara kerjanya sangat berpengaruh dari seberapa sering kita menjaga kebersihan alat perangkat keras kita! Jika Fan tertutup dengan debu seiring dengan pemakaian, maka airflow di dalam casing notebook menjadi tidak baik. Begitu juga dengan jika Thermal Paste yang menghubungkan antara core CPU/GPU dengan heatsink menjadi kering karena pemakaian, suhu yang meninggi dalam waktu berkepanjanagan akan mengakibatkan kerusakan pada komponen.

Berikut beberapa kendala yang akan dihadapi jika notebook tidak dijaga kebersihannya.
1. OS terasa lambat.
2. Umur notebook yang pendek.
3. kerusakan pada komponen.
4. Mati Total

Pastinya anda tidak mau kan mendapati kendala-kendala di atas? Nah, berikut tips dan trik yang bisa anda lakukan untuk memastikan anda aman dari kendala tersebut!

1. Jaga Kebesihan

– Rajin-rajinlah membersihkan eksterior dari gadget dan perangkat komputer anda! Karena ibarat rumah, eksterior adalah pintu dan pagar yang melindungi asset kita.

2. Jaga Sirkulasi Udara

Design Exhaust yang membuat Asus ROG series maskulin

– Usahakan agar sirkulasi udara dalam ruangan maupun laptop bisa mengalir dengan baik. Hindari menempatkan laptop pada tempat yang dapat menghambat sirkulasi udaranya.

– Carilah tempat yang datar. Jangan meletakkan laptop di atas permukaan yang lunak; seperti Kasur. Hal ini dapat mengakibatkan komponen yang bekerja di dalam laptop tidak stabil.

– Dan yang tidak kalah penting, jangan meletakkan laptop dalam kondisi panas. Hal ini akan memaksa kipas pendingin prosesor terus bekerja tanpa henti karena hawa panas yang ada di dalam tidak bisa keluar secara sempurna, sehingga membuat komponen di dalam laptop menjadi mudah panas dan cepat rusak.

3. Pastikan Listrik dalam kondisi baik

Pastikan input yang masuk sesuai kebutuhan power adaptor

– Seperti yang kita ketahui, kondisi listrik di Indonesia bukan yang terbaik untuk perangkat elektronik. Kadang daya voltasenya hanya 190volt dan 200volt, bahkan ada juga yang hanya 170 volt.

– Apa yang akan terjadi bila notebook anda dihubungkan dengan voltase rendah? Dikarenakan arus listrik yang masuk ke laptop kurang optimal dan tidak stabil. Lama-lama, adaptor bisa rusak atau bahkan, notebook mengalami mati total!

– Gunakan stabilizer sebagai solusi untuk mencukupi daya voltase yang dibutuhkan supaya notebook anda menjadi lebih awet.

4. Jangan lupa lakukan pemeriksaan berkala

– Umumnya, hal ini menjadi kebiasaan yang paling sering dilupakan. Ingatlah bahwa pemeriksaan secara berkala diperlukan untuk menghindari lemot, driver crash, serangan virus/malware, dan sebagai perawatan hardware/perangkat keras.

– Terutama jika pemakaian dalam satu hari lebih dari 6 jam, maka disarankan untuk memeriksakan notebook anda minimal 4 bulan sekali.

5. Lakukan backup data rutin.

– Data dalam komputer itu merupakan hal yang sangat sensitif dan krusial. Oleh karena itu jangan lupa untuk menjadwalkan backup data secara rutin agar data-data PEMMZHOLICS aman dari serangan virus ataupun storage crash.

6. Memperkenalkan, PEMMZTECHIE – Solusi Terintegrasi Perawatan Laptop Kamu

Memang, pemeliharaan dan perawatan barang elektronik itu susah-susah gampang dan butuh kedisiplinan tinggi. Namun, apabila anda tidak sempat untuk memanjakan gadget anda, anda bisa memesan layanan pembersih komputer profesional dari PEMMZTECHIE, Zet Zet, untuk memberikan perawatan yang optimal ke perangkat kesayangan anda!

Ada beberapa paket yang bisa kamu pilih untuk laptop dan gadget kamu:
– Zet Kosmetik
– Zet Preventif
– Zet Intensif
– Zet Total

Konsultasikanlah produk Zet yang paling cocok dengan kebutuhan anda, dengan menelpon 08999999279. Anda tinggal menunggu tim PEMMZTECHIE menjemput gadget kesayangan anda. Dan bila anda memesan layanan Zet Zet di bulan ini, anda akan mendapatkan layanan gratis untuk laptop kedua dan berlaku secara kelipatannya.

Jangan biarkan notebook anda rewel atau malah meninggalkan anda karena kurang perhatian! Mari mulai bersihkan notebook anda secara berkala!

Tinggalkan Balasan