Mudik Lancar Asyik dengan Beberapa Aplikasi Android Pilihan Selama Mudik

Mudik selalu menjadi ritus yang dilakukan kebanyakan orang Indonesia menjelang lebaran tiba. Berada di jalanan selama beberapa jam tentu saja menuntut energi ekstra, belum lagi persoalan kemacetan yang pastinya bakal membuat pikiran terasa jenuh selama berada di perjalanan. Nah, statistik kekinian memaparkan data menarik, di mana lebih dari 100 juta orang Indonesia adalah pengguna smartphone yang aktif. Nah, mengapa tidak memanfaatkan smartphone Anda untuk mudik?

Lantas ada hubungan apa antara smartphone dan mudik? Kaitannya ada pada benang merah antara aplikasi smartphone dan kebutuhan orang akan informasi seputar mudik. Singkat cerita, Anda bisa memanfaatkan beberapa macam aplikasi mudik guna membantu memperoleh informasi yang dibutuhkan selama berada dalam perjalanan ke kampung halaman.

Apa saja jenis aplikasi yang bakal membantu Anda melakukan mudik dengan lancar dan mengasyikkan? Berikut daftarnya:

  • Ayo Mudik

Melalui Kementrian Perhubungan, Kesehatan, ESDM, BMKG, Pertamina, Kepolisian RI, Jasa Marga serta Komunikasi dan Informatika, pemerintah merilis aplikasi yang namanya cukup unik, yakni Ayo Mudik. Sekilas pandang, aplikasi yang tersedia bagi pengguna smartphone dengan platform Android ini sangat berguna bagi pemudik yang ingin memperoleh informasi mutakhir di sepanjang perjalanan kembali ke kampung halaman.

Ayo Mudik AppsBanyak informasi terkait mudik yang bisa diperoleh melalui aplikasi Ayo Mudik, termasuk info lalu lintas terkini, info bencana, lokasi mesin ATM, bengkel, masjid, SPBU, lokasi posko kesehatan, pos polisi, serta lokasi posko mudik. Dengan kata lain, para pemudik memperoleh akses informasi lengkap dan termutakhir di tahun 2017, sekaligus terintegrasi dalam satu platform.

Aplikasi Ayo Mudik bisa diunduh gratis melalui Google Play Store dan bisa dipasang di sistem operasi Android versi 4.0.3 keatas.

  • JMCare

Pengguna jalan tol patut berbahagia dengan dikeluarkannya aplikasi bernama JMCare, yang akan sangat membantu mereka yang mudik membawa mobil pribadi.

Aplikasi JMCarePada dasarnya aplikasi ini bisa digunakan untuk merancang rencana perjalanan, sekaligus mencari informasi tentang besaran tarif tol yang dituju sepanjang perjalanan. Sepertinya aplikasi ini merupakan gabungan antara Google Maps dan Ayo Mudik, di mana penggunakanya bisa memperoleh notifikasi tentang kondisi jalanan yang akan dilalui, termasuk panduan yang akan membimbing penggunanya untuk menemukan rest area, tempat istirahat, SPBU terdekat, restoran, dan masjid.

Pengguna JMCare juga berkesempatan untuk mengambil partisipasi aktif dengan melaporkan berbagai macam hal seperti kondisi jalan tol yang dilalui, melaporkan informasi kecelakaan, dan lain sebagainya. Aplikasi ini tersedia di laman Google Play Store dan bisa dipasang di sistem operasi Android 4.1 keatas.

  • Google Maps

Rasanya aplikasi satu ini hukumnya sudah menjadi wajib bagi setiap pemilik smartphone berbasis Android. Google Maps merupakan platform peta digital yang menyediakan informasi jalur perjalanan dari dan ke tempat tujuan, di mana melaluinya Anda bisa memantai jalur mudik yang mengalami kemacetan parah, untuk kemudian mencari jalur alternatif yang sesuai dengan kebutuhan. Google Maps AppsYang menarik tentu saja keberadaan Google Assistant yang memandu pengguna melalui speaker smartphone. Dengan begitu Anda tidak perlu melihat layar smartphone terus menerus. Kegunaan lain yang juga penting adalah kemampuan Google Maps dalam memberikan informasi tentang apa saja yang terdapat di sekitar pengendara. Anda bisa menggunakannya untuk mencari ATM atau pom bensin terdekat.

  • Prayer Times

Prayer Times AppsBagi seorang muslim, shalat lima waktu menjadi sebuah kewajiban yang tidak bisa ditinggalkan. Nah, aplikasi seperti Prayer Times membantu pemudik untuk mengenali arah kiblat yang benar selama perjalanan mudik – sesuatu yang biasanya sulit dilakukan.

Prayer Times juga menyediakan informasi tentang jadwal shalat dan imsak, agar pemudik tidak terlewat waktu keduanya. Terdapat settingan notifikasi yang akan membantu pemudik mengetahui jadwal shalat dan imsak.

Tinggalkan Balasan