Tips: Menggunakan Virtual Desktop di Windows 10

Mungkin Anada adalah seorang pengguna komputer yang rajin melakukan switch di antara aplikasi, dan bila benar, maka virtual desktop akan membantu hidup Anda menjadi lebih mudah. Kami akan membantu Anda memanfaatkan Virtual Desktop di Windows 10.

Apa itu Virtual Desktop?

Umumnya pengguna hanya memiliki satu layar di setiap perangkat PC atau laptop, dan ia digunakan untuk menjalankan berbagai macam aplikasi. Segalanya akan berjalan lancar bila Anda hanya menggunakan dua aplikasi, misalnya: Microsoft Office dan peramban seperti Firefox. Namun perkaranya beda bila Anda menjalankan lebih banyak aplikasi dalam waktu bersamaan.

Di titik itulah virtual desktop berguna: ia akan bertindak seperti monitor kedua, di mana pengguna bisa menciptakan layar workspace berbeda. Dan masing-masing layar virtual itu menjadi wadah tempat pengguna merenteng beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan. Jadi misalnya di satu waktu Anda menjalan beberapa aplikasi untuk bekerja, sedangkan di sisi lain Anda juga menjalankan aplikasi game, misalnya, maka virtual desktop akan banyak membantu Anda.

Masing-masing virtual desktop pada dasarnya berbagai data dan file yang sama, dan Anda bisa beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dengan mudah. Virtual desktop pada dasarnya adalah cara ternyaman untuk membuat grup aplikasi dan mengelompokkan task. Karena itulah ia menjadi sangat berguna.

Membuat Virtual Desktop di Windows 10, dan Beralih dari satu Aplikasi ke Aplikasi lain

Di bagian taskbar Windows 10 Anda bisa melihat sebuah ikon di kanan bar search, yang terlihat seperti kotak persegi dengan dua kotak persegi kecil di bagian sisi kanan-kirinya. Ikon ini disebut Task View. Klik ikon ini untuk masuk ke dalam mode Task View, di mana Anda akan melihat opsi di bagian pojok kanan bawah, yang memiliki sebuah tanda Plus besar dengan tulisan New Desktop di bagian bawahnya. Nah, klik tulisan ‘New Desktop’ dan kemudian sebuah desktop baru akan tercipta. Desktop baru ini akan terlihat seperti desktop normal, namun tanpa aplikasi di dalamnya.Klik ikon Task View sekali lagi, dan kamu akan melihat dua desktop ditunjukkan di bagian bawah layar komputer/laptop Anda. Selanjutnya bila kamu sedang menjalankan beberapa macam aplikasi di desktop original, kamu bisa menarik aplikasi aplikasi yang diinginkan ke desktop kedua atau yang terbaru.

Sekarang kkita asumsikan bahwa desktop kedua sudah tercipta, dan bagian kedua itu disebut dengan virtual desktop. Anda bisa dengan mudah berpindah di antara kedua desktop dengan cara memanfaatkan Task View atau menggunakan kombinasi Ctrl+Win+panah Kiri (atau Kanan). Sementara itu berpindah aplikasi di virtual desktop cukup mudah dilakukan, yakni dengan menekan kombinasi tombol Alt+Tab.

Akan tetapi sementara ini tampaknya kombinasi multi desktop bisa dibuat, meski dengan fungsionalitas terbatas. Sebagai contoh: kamu tidak bisa mengubah wallpaper di sebuah desktop tanpa mengubah satunya.

Keuntungan Menggunakan Virtual Desktop di Windows 10

Orang biasanya menggunakan virtual desktop untuk berbagai macam kepentingan, dan fitur tersebut bisa dimaksimalkan untuk mengakomodasi apapun sesuai dengan kepentingan pengguna. Misalnya: Anda bisa memiliki beberapa tipe peramban, seperti Chrome, Firefox, maupun Opera, dan menjalankan salah satunya di area virtual desktop.

Lalu Anda juga bisa bereksperimen, misalnya, menempatkan aplikasi penunjang produktivitas seperti OneNote, Word, Photoshop, dan sejenisnya di satu desktop, sementara desktop satunya diisi dengan berbagai macam aplikasi untuk kesenangan pribadi, misalnya gaming, aplkasi musik, dan sejenisnya. Dengan cara seperti ini, Anda bisa melakukan manajemen file dan pekerjaan dengan cara yang lebih tertata.

 

 

Tinggalkan Balasan