Tips: Bermain-main dengan Setup Multi-Monitor di Windows 10

Multi-monitor

Windows 10 memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk bermain-main dengan banyak hal, termasuk monitor. Kali ini kami akan membeberkan cara untuk melakukan tweak pada setup dengan banyak monitor (baca: multi-monitor). Ini akan sangat berguna bagi pengguna yang menjalankan lebih dari satu monitor 4K dalam sekali kesempatan.

Kuncinya ada pada pengaturan DPI. Sama seperti Windows 8.1, Windows 10 juga hadir dengan opsi pengaturan DPI (dots per inch). Dengan sistem ini, pengguna bisa menerapkan skala DPI pada setiap monitor dengan basis presentase.

Sistem tersebut hadir dalam wujud alat (tool) yang bakal memberikan kontrol granular ketiak pengguna menggunakan banyak monitor dengan berbagai variasi resolusi. Dibandingkan menerapkan aplikasi DPI tunggal untuk seluruh monitor yang Anda miliki (artinya semua monitor memiliki angka DPI sama), cara yang ditawarkan sistem tersebut tentu lebih menarik. Dengan begitu, Anda bisa menghindari hasil yang malah membuat tampilan objek visual di atas monitor terlihat buruk.

  • Mulai bermain dengan setting per monitor

Untuk memulainya, klik kanan pada sebuah ruang kosong di desktop Anda dan pilih Display Setting pada konteks menu yang muncul setelahnya. Pilihan lainnya, Anda bisa melakukan hal tersebut dengan mengarahkan menu pada Start >> Settings >> System >> Display.

Di titik tersebut, Anda sudah sampai separuh jalan. Di sana seharusnya akan terlihat layout yang memperlihatkan setup monitor yang Anda pakai. Untuk kasus ini kami memakai sebuah laptop dan sebuah monitor eksternal, masing-masing diberi label 1 dan 2.

Di bawah layout tersebut Anda akan melihat sebuah slider bertuliskan Change the size of text, apps, and other items 100%. Kami merekomendasikan Anda menggunakan settingan tersebut. Inilah titik di mana Anda bisa memulai menerapkan skala DPI, namun sebelumnya Anda harus memeriksa monitor mana yang sedang disorot.

Di kasus kami, monitor laptop dihighlight dengan warna merah. Kami tidak mengubah skala apapun untuk monitor laptop kami, sebab resolusi sebesar 1366 x 768 sudah sangat bagus dan baik. Monitor yang lebih besar, dengan resolusi 1080p, tentunya akan terlihat lebih baik bila skala DPI nya diperkecil.

Apa yang kami lakukan hanyalah mengklik monitor kedua (dengan resolusi 1080p) sebagaimana terlihat di bagian Settings, dan kemudian mulai menggeser slider Change … Di tempat kami, monitor 1080p yang digunakan bisa diubah settingan skalanya, mulai dari 125, 150, dan 175 persen. Sementara laptop dengan resolusi 1366 x 768 bisa diubah settingannya pada 125 persen. Angka berbeda mungkin didapatkan bila Anda menerapkan cara yang sama dengan kami.

Begitu Anda merasa pas dengan presentasi skala DPI yang terlihat di atas layar, tekan opsi Apply dan monitor yang dipilih akan berubah skalanya, sementara monitor yang lain tetap. Kemudian Anda akan menerima peringatan yang memberi tahu bahwa Anda harus melakukan sign-in dan kemudian sign-out lagi dari Windows guna memastikan bahwa aplikasi di atas monitor terlihat bagus. Patuhi perintah tersebut, supaya segalanya berjalan lancar.

Setelah Sign-In kembali, Anda akan melihat beberapa apps menyesuaikan diri dengan resolusi baru, sementara yang lain terlihat sama seperti sebelumnya. Bila Anda mendapati apps terlihat sama seperti sebelumnya, maka kami menduga ini lebih dikarenakan pengembang apps yang memang membenamkan aset visual dengan DPI rendah.

Barangkali menggunakan penerapan skala per-monitor bukanlah solusi sempurna bagi Anda yang terbiasa menggunakan multi-monitor, namun setidaknya taskbar Windows akan menjadi lebih mudah dilihat dan sistem operasi Windows bakal terlihat bagus secara visual.

loading...

Tinggalkan Balasan