Asus ROG Strix GL702ZC pemmzchannel

Akhirnya, yang ditunggu hadir. Sebuah laptop ber-otak Chip Ryzen besutan AMD yang belakangan ini menghebohkan pasar semi konduktor dunia, khususnya pasar Desktop PC. Adalah Asus ROG GL702ZC yang merupakan produk notebook gaming pertama yang mempercayakan AMD Ryzen sebagai CPU pada chassis 17.3-inch berzirah ROG Strix.

CPU Notebook Pertama Dengan 8 Core

Tak hanya itu, AMD Ryzen pada Asus ROG Strix GL702ZC adalah procesor berinti 8 pertama yang hadir untuk pasar notebook. Bagaimana kesan pemmzchannel pada produk ini, berikut penelusurannya dari event Computex 2017, Taipei.

Yap, yang ditanam dalam Asus ROG Strix GL702ZC ini adalah AMD Ryzen 7 1700 65 Watt, yang nyaris sama dengan versi Desktop. TDP yang dibuat lebih rendah tentu saja untuk menyesuaikan chassis yang ekstra ketat (baca tipis). Meski TDP diturunkan, AMD tak mengurangi jumlah core yang aktif pada AMD Ryzen 7 1700 pada Asus ROG Strix GL702ZC ini. Terlepas dari ambisi AMD untuk menjadi yang pertama dalam persaingan laptop CPU berinti 8, kemampuan menciptakan cooling system yang mumpuni ada di tangan Asus.

Why GL Series?

Secara logika, dengan menjadi yang pertama menggunakan AMD Ryzen 8 core versi 65 watt, Asus amat sangat di izinkan untuk menerapkannya ada G series yang notabene flagship class mereka. Namun, nampaknya Asus belum cukup PD untuk itu. Sementara, Asus memilih untuk berjudi mempertaruhkan image ROG Strix yang dua tahun ini sudah mereka bangun mati-matian. Teorinya, langkah ini memang yang paling aman.

Kita bukan ingin berfikir negatif akan ketahanan CPU 8 core ini selama di geber bermain game atau aktifitas komputasi tingkat dewa lainnya. Tapi yang namanya pelopor, pasti membutuhkan trial yang panjang. Dan selama masa trial itu, bisa saja hujatan jauh lebih banyak dari pujian.

Spesifikasi Asus ROG Strix GL702ZC

Mengandalkan Ryzen 7 1700 versi mobile 65 Watt, dengan jumlah 8 core plus konfigurasi RAM dual channel hingga 2 x 16GB dan chip grafis AMD Radeon RX580 8GB GDDR5 sebagai otak pemprosesan, membuat harga laptop 17.3-inch ini bisa setara dengan laptop berprocessor i7 7700HQ plus GTX 1070 yang bermain di angka 30 sd 33 Juta. Untuk storage sendiri, ia menawarkan kombinasi HDD SATA 2.5-inch dan sebuah M.2 slot yang mendukung jenis SSD SATA juga PCIe x4. Spesifikasi lain seperti WiFi adapter, webcam, jenis LCD, akan kita gali lebih lanjut setelah mendapat info yang lebih terang untuk produk ini.

Prediksi Performa

Mari berhitung dari sedikit pengetahuan kita tentang Ryzen 1700 versi desktop. Untuk versi Desktop, ia membutuhkan daya sekitar 200 Watt saat full load, dan rata-rata 45 Watt saat idle. Dengan TDP 65 Watt pada notebook, bisa di perkirakan performa Ryzen 7 versi Low Power ini tak akan sampai separuh dari versi Desktop-nya. Di tambah lagi, AMD dengan cukup tegas memberi larangan untuk melakukan overclocking pada Ryzen versi mobile.

Performa sebenarnya memang sangat bikin penasaran, juga kemampuan cooling system yang di terapkan Asus pada ROG pertama meraka yang bermesin AMD. Doakan, kita cepet kebagian unitnya ya.

 

Pemmz JajanRamdhan promo

3 COMMENTS

  1. lah ryzen 7 1700 versi desktop kan TDP-nya 65 watt juga. lagian rx 580 kan saingannya gtx 1060, bahkan harganya lebih murah. ga mungkin secara harga beradu langsung sama laptop dengan gtx 1070, secara ya ga bakalan laku, udh jelas gtx 1070 lebih bagus daripada rx 580

Leave a Reply