Apakah Mac tahan Virus?

virus mac

Salah satu pernyataan yang sering terlontar dari para pengguna laptop maupun PC adalah ketahanan Mac yang jauh lebih baik dibandingkan perangkat lain berbasis Windows. Ketahanan yang kami maksud di sini adalah ketahanan perangkat berbasis Mac dari virus.

Konon katanya perangkat Mac lebih baik dalam hal ketahanannya terhadap serangan virus. Karena itulah kebanyakan perangkat Mac tidak membutuhkan anti-virus. Akan tetapi orang tidak bisa mencegah munculnya pertanyaan mengenai apakah Mac membutuhkan anti-virus. Kendati perangkat Mac dikenal bandel, karena lebih tangguh dibandingkan perangkat berbasis Windows, namun bukan berarti Mac kebal terhadap virus.

Segalanya berubah ketika 2017 tiba. Beberapa laporan, seperti dari Business Insider, misalnya, mengkalim bahwa perangkat Mac sekarang jauh lebih rentang terhadap serangan virus dibandingkan perangkat berbasis Windows. Majalah Fortune bahkan memperingatkan pengguna Mac akan bahaya Mac Malware yang menyebabkan freeze pada komputer Apple.

Kami akan menjelaskan mengapa Mac membutuhkan, sekaligus tidak membutuhkan antivirus.

Mengapa Mac butuh antivirus?

Tidak ada alasan kuat yang sanggup menjelaskan mengapa Mac tidak butuh antivirus. Dengan demikian, komputer Apple sebetulnya rentang juga terhadap serangan kejahatan internet. Hanya saja ini tergantung pada banyak hal.

Pengguna komputer Apple jauh lebih sedikit dibandingkan pengguna Windows. Inilah alasan mengapa para hacker hitam cenderung lebih suka menyerang target dengan komputer berbasis Windows. Alasannya sederhana: karena jumlah mereka lebih banyak.

Namun itu dulu. Dinamika terus berubah, terutama bila kita menghubungkan diri dengan fakta bahwa perangkat Apple biasanya berharga sangat mahal. Di Amerika Serikat, jumlah pengguna Mac tercatat sekitar 20-30 persen. Harga perangkat yang mahal membuat Mac terlihat eksklusif, dan pastinya hanya segelintir orang yang benar-benar kaya yang mampu membeli perangkat Mac. Fakta ini yang kemudian memancing banyak penjahat internet yang mengincar para pengguna Mac, sebab mereka kaya dan bisa menjadi target empuk.

Kami tidak bermaksud menakut-nakuti pengguna Mac, namun suatu hari mungkin akan terjadi fenomena di mana pencurian data-data kartu kredit di dalam laptop berbasis Mac menjadi sesuatu yang jamak. Dengan demikian, komputer atau laptop berbasis Mac membutuhkan anti-virus untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Sejumlah anti-virus seperti BitDefender dan Norton agaknya cocok bagi kebanyakan pengguna Mac.

Mengapa Mac tidak butuh Antivirus?

Sebagai sebuah sistem operasi yang kokoh, MacOS seperti memiliki lapis pintu yang menghalangi malware untuk masuk lebih dalam ke sistem operasinya. Singkat kata, komputer atau laptop Mac biasanya sangat sulit untuk dijebol, tidak seperti sistem komputer berbasis Windows. Dengan begitu, para penjahat internet tampaknya lebih tertarik untuk menjebol sistem yang lebih rentan.

OS Mac terbaru, OS X 10.8 Mountain Lion, bahkan menyertakan fungsi GateKeeper yang menghalangi pengguna untuk menginstall software apapun selain yang telah disetujui penggunaannya oleh Apple. Eksistensi Mac app store juga berarti bahwa para pengguna komputer atau laptop Apple bisa menginstall software dari sana tanpa takut dengan apapun.

Sekali lagi, apakah Mac butuh Anti-Virus?

Tergantung pada bagaimana pengguna memanfaatkan komputer Mac-nya. Bila kamu memang menggunakan Mac di rumah, atau tanpa tujuan terkait bisnis, maka sepertinya kamu tidak perlu menginstall anti-virus. Namun ini masih mengandung resiko, terutama bila kamu menggunakan internet di rumah. Seperti kamu tahu, bahaya mengintai di mana-mana bila kita berbicara mengenai dunia internet. Karena itulah kamu mungkin tidak memerlukan antivirus untuk Mac, namun keputusan ini masih mengandung banyak resiko.

Pengecualian bisa diambil bila, misalnya kamu menggunakan Mac untuk tujuan bisnis. Atau kamu menggunakan Mac yang terkoneksi dengan komputer berbasis Windows. Bila ini kasusnya, maka sebuah antivirus sangat diperlukan. Program antivirus juga sangat diperlukan bila Mac yang kamu memiliki banyak data sensitif di dalam komputer/laptop berbasis Mac.   

loading...

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan