Menjalankan Flash di Chrome untuk Situs Tertentu

Chrome block flash

Pengguna Chrome seringkali menemukan halangan ketika mengakses situs tertentu yang menyediakan konten berbasis Flash. Google biasanya melakukan block untuk situs semacam itu, sebab mereka tidak menyukainya. Alasannnya sederhana: karena konten berbasis flash biasanya sangat rentang keamanannya, dan karenanya Google memaksa penggunanya untuk tidak menggunakan Flash.

Solusinya memang sudah dihadirkan lewat HTML 5, di mana konten berbasis flash sudah tidak diperlukan lagi. Namun di luar sana masih banyak situs yang masih menggunakan flash dan tidak mau merepotkan diri mereka untuk bermigrasi ke HTML 5. Akan sungguh merepotkan bila kamu sedang mengakses situs berbasis Flash, namun tidak bisa melakukan apa-apa. Lalu bagaimana solusinya?

Menariknya, bila kamu melakukan pencarian di Google mengenai bagaimana mengaktifkan flash di Chrome, kamu akan menjumpai banyak artikel yang akan memandumu untuk mengunduh Flash dari situs Adobe. Solusi lain yang biasanya ditawarkan adalah mengetikkan ‘chrome://plugins’ di kolom pencarian di Chrome. Sayangnya kedua solusi tersebut tidak berguna lagi.

Nah, di sini kami ingin menjabarkan langkah-langkah untuk menjalankan flash di Chrome. Sedikit rumit, namun bisa dipastikan bahwa ini adalah solusi yang paling mudah.

  1. Memeriksa settingan Flash di Chrome

Ketikkan ‘Chrome://flags’ di dalam kolom pencarian pada browser Chrome. Begitu sebuah jendela terbuka, pastikan settingan pada Run All Flash content when Flash setting is set to “allow” dan Prefer HTML over Flash berada pada ‘default’.

Chrome Flags command
Langkah 1

Kemudian bukalah tab lain pada chrome dan ketikkan ‘chrome://components’. Di bawah pilihan Adobe Flash Player, klik tombol ‘check for update’.

flash update
Langkah 2

Langkah selanjutnya adalah melakukan klik pada menu Chrome dan masuk ke menu Settings.

Di menu Settings, sortir ke bagian bawah laman dan klik pada bagian Show Advanced Settings. Setelahnya sortir lagi ke bagian bawah laman, kemudian klik pada menu Content Settings yang berada di bawah menu Privacy.

Sebuah kotak popup akan terbuka, dan lakukan sortir ke bagian bawah sekali lagi sampai kamu menemukan heading bertuliskan Flash. Kemudian beri tanda centang pada pilihan Ask first before allowing sites to run Flash (recommended). Catatan tambahan: berikan tanda centang pada Block sites from running Flash bila kamu memang ingin memblok konten flash di Chrome. Akan tetapi jangan beri tanda centang pada Allow sites to run Flash kecuali kamu memang punya alasan kuat untuk melakukannya.

flash chrome
Langkah 3
  1. Mengizinkan Chrome untuk menjalankan Flash di situs tertentu

Untuk menjalankan flash, kamu harus memberikan daftar situs tertentu kepada Chrome, yang bakal memberitahukan peramban tersebut bahwa situs yang terpilih adalah situs berbasis flash atau memiliki konten flash. Ini perlu dilakukan sebab Chrome tidak menyediakan opsi untuk melakukannya pada setiap situs.

Kamu bisa mendaftarkan situs berbasis flash dengan cara mengakses tombol Manage exceptions yang berada di menu Content Settings – Flash. Setelahnya coba buka situs berbasis flash, dan cara paling mudah untuk mengizinkan flash berjalan di situs tersebut adalah dengan melakukan klik pada ikon kecil di bagian kiri URL di bar alamat situs, kemudian pilih opsi Always allow on this site yang tersedia ketika kamu menyortir menu Flash di dalam ikon tersebut.

Sepanjang pengalaman kami, browser seperti Chrome tidak pernah bertanya apakah penggunanya ingin mengaktifkan flash di situs tertentu, walau situs yang kami kunjungi jelas-jelas memiliki konten flash. Karenanya kami memilih untuk mengaktifkan opsi ‘Always allow on this site’ seperti yang sudah dijelaskan di atas.

loading...

Tinggalkan Balasan