Laptop untuk Editing Foto? Jangan Khawatir, kami Punya Rekomendasi Terbaik

editing foto

Pada dasarnya editing foto merupakan aktivitas yang membutuhkan kemampuan tinggi. Selain kemampuan tinggi, yang juga dibutuhkan adalah keberadaan perangkat yang mampu mendukung pekerjaan penyuntingan foto, dalam hal ini laptop untuk editing foto.

Bila kamu adalah seorang penyunting foto, maka mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli sebuah laptop. Dibandingkan sebuah PC untuk menyunting foto, laptop jelas lebih portable sifatnya. Selain itu laptop tidak membutuhkan daya listrik yang besar.

Meski begitu, tidak semua laptop mendukung spesifikasi tinggi untuk penyuntingan foto. Karena itulah kamu memerlukan strategi untuk menentukan laptop terbaik untuk penyuntingan foto. Ada banyak opsi laptop semacam itu yang tersedia di pasaran, dan kamu harus memilihnya pelan-pelan dan seksama.

Kelebihan Laptop untuk Penyuntingan Foto

Sebuah laptop untuk mengelola serta menyunting foto tidak hanya berguna dalam kondisi spesifik, namun juga untuk keperluan lain seperti programming maupun gaming. Kebanyakan laptop yang didedikasikan untuk keperluan penyuntingan foto memang hadir dengan spek dan resolusi layar tinggi.

Namun akan lebih baik bila kamu menggunakan laptop tersebut untuk penyuntingan foto saja. Editing foto bisa menjadi hobi atau profesi, tergantung bagaimana kamu memperlakukannya. Omong-omong, laptop khusus untuk penyuntingan foto biasanya hadir dengan layar yang lebih tajam, dan resolusi yang lebih baik.

Memilih Perangkat dengan cara Seksama

Kebetulan kamu sedang berada di toko komputer, dan kamu sedang mencari laptop paling baik untuk pekerjaan penyuntingan foto. Di sana ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

  1. Ukuran layar

Ukuran layar menjadi bahan pertimbangan utama. Dan yang perlu diperhatikan di sini adalah kenyamanan ketika mengoperasikannya. Di titik ini kamu bisa memilih laptop dengan bentang layar minimal 14-inch. Lebih besar lebih baik, namun tergantung pada kebutuhan serta keinginan.

Selain itu, resolusi layar juga menjadi bahan pertimbangan lain. Kamu seharusnya memastikan bahwa laptop yang akan dibeli memiliki resolusi tinggi, jadi hasil penyuntingannya menjadi maksimal. Resolusi lebih tinggi juga bagus untuk kesehatan matamu. Bila memungkinkan, pilihlah laptop dengan resolusi layar FullHD sebagai patokan minimum.

  1. Selanjutnya adalah memilih GPU

GPU menjadi penting sebab akan berpengaruh kepada kecepatan pemrosesan gambar. Apapun jenis software penyunting yang digunakan, prosesnya akan menjadi lebih cepat bila kamu memilih GPU yang lebih baik. Itulah  mengapa GPU menjadi satu hal lain yang harus diperhatikan seksama.

  1. Penyimpanan internal yang lebih besar

Kamu juga memerlukan penyimpanan internal dengan kapasitas yang lebih besar, sebab penyuntingan foto membutuhkan hardisk berkapasitas besar. Tidak perlu cepat (karenanya kamu tidak perlu membeli laptop dengan SSD). Makin besar kapasitasnya, semakin baik.

  1. Peran Prosessor

Peran prosessor dalam sebuah laptop untuk editing foto sangat krusial, jadi penting bagi kamu untuk memilih laptop dengan prosessor kelas high-end. Videografer dan fotografer bakal memerlukannya. Prosessor yang tangguh mempengaruhi kecepatan pemrosesan foto, terutama ketika kamu memainkan aplikasi di dalam laptop. Semakin tinggi kecepatan prosessor, maka semakin cepat sebuah program akan terbuka.

Pertimbangan berikutnya adalah kapasitas RAM. Semakin besar kapasitas RAM, semakin mudah kamu membuka banyak aplikasi dalam satu waktu.

Produk mana Saja yang Direkomendasikan

Setidaknya ada dua laptop yang bisa kami rekomendasikan di sini:

  1. Acer V Nitro 15 Black Edition
Laptop untuk Editing Foto
Acer Aspire V Nitro

Bila gaya menjadi urusannya, maka tipe yang satu ini menjanjikan banyak hal untuk penyuntingan foto. Acer V nitro 15 BE adalah model dengan desain yang cukup ringan dan elegan, serta hadir dengan bentang layar IPS berkualitas tinggi. Layar FHD dengan color accuracy yang sangat baik, prosessor Intel Core i7-6700HQ, NVidia GeForce GTX 960MTi 4GB DDR5, serta RAM 8GB yang bisa di upgrade hingga 32GB menjadi pilihan terbaik.

  1. Apple Macbook Pro Retina MJLT2 – 2015

Apple masih menjadi pilihan utama dalam kelas laptop untuk editing foto. RAM 16GB, prosessor Intel Core i7, bentang layar 15.4-inch, serta dukungan GPU AMD Radeon R9 M370X-2GB menjadi senjata utama yang memanjakan kebutuhan kamu.

3. Gigabyte P57W V7

Jika kamu butuh laptop untuk editing foto dengan bentang layar lebar, kami punya opsi Gigabyte P57W V7 yang menawarkan layar IPS Wide Viewing Angle dengan kualitas di atas rata-rata. Sebagai otak utama, ia membawa Intel Core i7-7700HQ dan GPU chip GTX 1060 GDDR5 6GB. Memory utama DDR4 8GB dan penyimpanan berbasis HDD 1TB 7200rpm serta DVD Writer akan sangat anda butuhkan saat membuat image project. Jika anda butuh koneksi ke monitor eksternal, Gigabyte P57W V7 menawarkan minDP dan HDMI.

pemmz-gr8est

Tinggalkan Balasan