5 Ekstensi Chrome yang Perlu Dipasang di Peramban Kamu

Harus diakui bahwa kami adalah salah satu penggemar fanatik Google Chrome. Selain tampilannya yang sederhana, Chrome juga adalah peramban yang ringan dan cepat – baik pada versi mobile maupun desktop. Yang lebih membuat kami jatuh cinta kepada Chrome adalah dukungan yang diberikan Google untuk perambannya itu, yang mencakup Gmail, Google Drive, Google Photos, dan lain sebagainya. Semua dukungan tersebut bisa diakses langsung menggunakan satu akun Google.

Kami menebak bahwa ada orang lain yang juga sama seperti kami, dan mereka ini terbiasa menggunakan Chrome sebagai peramban alternatif baik bagi Edge (bawaan Windows 10) maupun Safari (bawaan Mac OS). Siapapun tahu bahwa ada ratusan ekstensi yang bisa dipasang pada peramban Chrome, menjadikannya lebih kuat dan memiliki lebih banyak fungsionalitas peramban dalam satu tubuh. Masing-masing ekstensi ditujukan untuk blogger, gamers, pencinta musik, maupun pengembang. Dan jangan lupa: ada lebih banyak ekstensi lain yang ditawarkan oleh Chrome.

Di bawah ini kami ingin menyajikan 5 ekstensi Chrome yang sifatnya lebih universal dan bisa digunakan siapa saja.

  1. HTTPS Everywhere

Keamanan sambungan merupakan satu isu yang penting bagi kebanyakan pengguna internet. Bila dipasang di Chrome, ekstensi yang satu ini akan mencoba untuk menggunakan fitur keamanan HTTPS pada situs tertentu yang belum memiliki koneksi aman.

HTTPSTetapi ada satu kekurangan dari ekstensi satu ini, di mana ia bakal menyedot lebih banyak memori dibandingkan ekstensi lainnya. Jadi sebelum menggunakannya, pastikan bahwa kamu memiliki kapasitas RAM yang lumayan banyak, agar ekstensi satu ini bisa lancar bekerja.

2.  Speed Dial 2

Salah satu hal pertama pada Google Chrome yang mudah dikreasikan adalah new tab page. Secara default, Chrome memberikan daftar situs yang baru saja dikunjungi atau ditutup pengguna. Terkesan datar-datar saja. Sekarang semua berubah, sebab ada banyak ekstensi menarik yang mengganti fitur “new tab” dengan wallpapers, dashboards, task lists, dan lain sebagainya. Nah, Speed Dial 2 adalah pilihan menarik.

Speed DialSpeed Dial 2 membantu kamu mengorganisasikan laman situs dan aplikasi favorit ke dalam grup tertentu. Kamu juga bisa mengkustomasikan tema dan melakukan perubahan pada layout. Bahkan kamu juga bisa membuat akun dan mensinkronkan semuanya di perangkat berbeda.

3. Grammarly

Di negara yang tidak berbahasa Inggris seperti di sini, Grammarly membantumu untuk memeriksa ejaan dan tata bahasa Inggris ketika mengetik email, mengisi formulir online, atau mengetik pesan di media sosial menggunakan bahasa Inggris. Grammarly membantumu untuk memperbaiki struktur kalimat, menggunakan pilihan kata yang pas, dan lain sebagainya.

Grammarly software

4. uBlock Origin

Ini adalah ekstensi yang akan membantumu mendeteksi situs yang berisi malware atau phising. uBlock Origin memiliki database yang berisi daftar besar tentang domain yang merusak. Lebih jauh lagi, ekstensi yang satu ini sangat efisien dan tidak membutuhkan memori dalam jumlah besar.

uBlock Origin eksHanya saja terkadang ekstensi yang satu ini akan memblok sesuatu yang tidak seharusnya diblok. Namun jangan khawatir. Ekstensi yang satu ini sangat mudah dioperasikan, dan sangat direkomendasikan dari segi keamanan.

5. FireShot

Ekstensi yang satu ini membantumu mengambil laman situs secara penuh dan kemudian menyimpannya sebagai gambar atau PDF. Pengguna juga bisa mengedit screeshot dan melakukan hal lainnya. Dengan FireShot, kamu tidak perlu lagi mengaktifkan Windows Snipping Tool ketika ingin mengambil screenshoot pada sebuah laman situs.

FireShot eksFireShot menjadi pilihan menarik, terutama bila kamu adalah orang yang sering melakukan capture pada screen.

 

 

pemmz-gr8est

Tinggalkan Balasan