4 Cara Mengambil Screenshot pada Windows

Mengambil screenshot pada dasarnya merupakan pekerjaan yang mudah untuk dilakukan, dan tindakan tersebut bisa diterapkan pada setiap platform OS. Pada sistem operasi berbasis Windows, misalnya, semura orang tampaknya sudah tahu bahwa screenshot bisa diambil dengan cara menekan tombok Prt Sc (print screen) yang ada di atas keyboard.

Dan bila kamu adalah pengguna MacBook Air, kombinasi tombol cmd + shift + 3 akan membantumu mengambil screenshot di seluruh bagian layar; sementara itu kombinasi cmd + shift + 4 akan membantu memilih porsi kecil dari bagian layar yang ingin diambil.

Kebanyakan pengguna komputer sudah menggunakan OS Windows, mungkin seumur hidup mereka. Satu hal yang membuat kami bertanya-tanya: mengapa platform OS Windows tidak memiliki fitur shortcut sama seperti yang dimiliki oleh MacBook Air. mengambil gambar layar secara penuh dan memindahkannya di MS Paint terlihat merepotkan bagi sebagian besar pengguna Windows.

Ini dikarenakan terlalu banyak hal yang harus dilakukan hanya untuk mengambil satu screenshot. Untungnya ada banyak cara yang lebih baik untuk mengambil screenshot pada Windows.

Kami akan menunjukkan 4 cara mudah untuk mengambil screenshot pada OS berbasis Windows. Namun perlu diingat bahwa cara-cara tersebut hanya akan bekerja pada sistem operasi berbasis Windows XP atau versi Windows yang lebih baru. Perlu diingat juga bahwa 4 trik yang ada tidak akan bekerja lewat tool seperti Snipping Tool, yang hanya tersedia di sistem operasi Windows Vista dan Windows 8, 10.

  1. Menyimpan screenshot ke dalam clipboard

Seperti inilah cara mudah untuk menyimpan hasil screenshot ke clipboard:

  • Tekan tombol Print Screen (atau kombinasi tombol FN + Print Screen) yang bakal mengkopi hasil jepretan ke dalam clipboard.
  • Buka aplikasi MS Paint, Word, atau aplikasi lain yang sifatnya membantu mengolah gambar.
  • Tekan Ctrl + V untuk memindahkan screenshot tersebut ke dalam aplikasi terpilih.
  • Setelahnya kamu bisa menyimpan file hasil di mana saja.

2.  Menyimpan screenshot seluruh bagian layar ke dalam file tertentu

Begini caranya:

  • Tekan tombol Windows + Print Screen. Cara ini akan menyimpan gambar yang telah di ambil ke dalam folder Pictures di dalam drive komputer kamu.
  • Untuk menemukan hasil screenshot, pengguna hanya perlu membuka Explorer dan klik pada menu bertuliskan “Pictures” di bagian kiri jendela Windows. Di sanalah kamu akan menemukan screenshot yang baru saja disimpan.

3. Mengambil screenshot pada sebagian layar

Gunakan tool seperti Windows Snipping Tool, dan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Bukalah Snipping Tool, yang bisa ditemukan di dalam Start Menu >> All programs >> Accesories. Kamu juga bisa menggunakan fitur Search untuk menjadi tool tersebut.
  • Begitu Snipping Tool dibuka, kamu akan menemukan tanda panah ke bawah yang terletak persis di sebelah Next.
  • Pilih Free-form Snip atau Rectangular Snip. Free-form Snip membantumu menggambar bentuk apapun pada layar dan mengambil screenshot hanya di bidang gambar yang dibuat. Sementara itu Rectangular Snip akan membantumu mengambil screenshot berbentuk rectangular.
Windows Snipping Tool
Layout Snipping Tool

Metode ini akan membantu pengguna menghemat waktu, sebab hanya bagian tertentu pada layar yang ingin diambil gambarnya.

4. Mengambil screenshot pada open windows

Bila kamu hanya ingin mengambil sebuah screenshot pada sebuah aplikasi atau window yang telah dibuka, maka beginilah caranya:

  • Klik aplikasi yang ingin diambil screenshotnya. Pastikan bahwa aplikasi terbuka di depan (foreground) dan tidak bekerja di background.
  • Tekan alt + Print Screen.
  • Bukalah MS Paint atau aplikasi apapun yang menjadi pilihan.
  • Tekan Ctrl + V.
  • Kemudian kamu bisa menyimpan hasilnya di manapun.
loading...

Tinggalkan Balasan